Apa Itu Ekonomi Kreatif? Dampaknya ke Karir di Seni

Ketika orang bertanya apa yang Anda inginkan ketika Anda dewasa, jawaban masa muda Anda selalu sesuatu di kapiler inovatif: pengembang, penulis atau bahkan seniman. Mengejar impian baru adalah hal yang menyenangkan bagi seorang anak, tetapi karena Anda ingin menghasilkan uang, semua orang tampaknya mengharapkan Anda untuk memasuki apa yang mereka anggap lebih sebagai profesi praktis.

Cobalah sebaik mungkin, Anda tidak dapat merasa senang dengan profesi di bidang pembukuan, perawatan kesehatan, atau industri kancing lainnya. Anda telah mendengarkan untuk membahas iklim ekonomi yang inovatif, sebuah ekspresi yang membuat telinga Anda merinding. Apakah mungkin Anda bisa mengejar profesi yang inovatif tanpa memuaskan stereotip “musisi yang merampas”?

Terlepas dari apa yang mungkin dikatakan beberapa orang, profesi inovatif dapat memberikan penghasilan yang stabil dan aman yang tidak akan membuat Anda bertanya-tanya dari mana asal hidangan Ramen Anda berikutnya. Sebenarnya, profesi ini milik kekuatan keuangan yang memiliki gelombang produksi di seluruh pasar kerja baik di AS maupun di seluruh dunia.

Jangan mendapatkan pemikiran yang ditangkap kesalahpahaman yang tidak menguntungkan tentang pekerjaan inovatif. Sebaliknya, teruslah membaca untuk mempelajari beberapa kenyataan tak terduga tentang iklim ekonomi yang inovatif.

Bagaimana iklim ekonomi yang inovatif?

Iklim ekonomi yang inovatif bisa sulit untuk dijabarkan karena tidak memiliki standar, makna yang disetujui. Industri keuangan ini mengaburkan garis di antara pasar karena terletak “di persimpangan seni, masyarakat, bisnis, dan teknologi”, menurut Stanford Social Development Review. Jadi apa arti sederhananya? Ide iklim ekonomi inovatif dapat diringkas sebagai potensi pendapatan-pendapatan dari tugas-tugas dan ide-ide inovatif.

Iklim ekonomi yang inovatif mencakup profesi dalam fotografi digital, desain visual, desain gaya, pembuatan film, arsitektur, penerbitan, permainan komputer, dan banyak lagi. Jika Anda mengira profesi tersebut hanya untuk pasangan yang beruntung, maka Anda salah. Pekerjaan seni dan industri sosial di Amerika menyumbang 3 persen dari semua pekerjaan A.S. pada tahun 2015, dengan total 4,9 juta pekerjaan, sesuai dengan National Setting Up of Specify Arts Companies (NASAA).

Namun, ada beberapa masalah besar yang akan datang untuk iklim ekonomi yang inovatif. Perubahan wajah media elektronik dan penanganan masalah seperti pembayaran bangsawan dan pelanggaran hak cipta tetap menjadi opini di pasar di seluruh industri. Selain itu, media elektronik secara signifikan telah mengurangi hambatan masuknya karya inovatif—siapa pun dapat memulai situs web dan berbagi klip video atau berbagai media lainnya dengan mudah bagi anggota keluarga.

Dengan berkurangnya hambatan untuk masuk, lebih banyak individu dibandingkan sebelumnya yang memulai profesi inovatif, baik melalui pekerjaan konvensional maupun usaha mandiri wirausaha. Ini bukan hal yang buruk—tetapi ini menyiratkan bahwa beberapa pengembang menghadapi pesaing yang meningkat untuk pekerjaan mereka. Hal ini tidak selalu mewakili dilema tugas dalam industri inovatif, tetapi sebaliknya menentukan potensi ketidaknyamanan yang meluas saat industri beradaptasi dengan era elektronik.

Mengapa iklim ekonomi inovatif berkembang?

Tidak peduli bagaimana Anda menentukan iklim ekonomi yang inovatif, para ahli tampaknya menetapkan satu hal: Ini berkembang dengan kecepatan yang memecahkan rekor. Sebenarnya, pembayaran sektor seni dan masyarakat terhadap PDB negara (PDB) meningkat sebesar 40 persen antara tahun 1998 dan 2015.

Mengapa peningkatan ekstrim dalam pekerjaan inovatif? Iklim ekonomi yang inovatif diposisikan secara unik untuk melanjutkan pembangunan yang stabil, juga jika berbagai pasar keuangan lainnya tertinggal. Forum diskusi Globe Financial Online mengingat bahwa industri inovatif tampaknya berjalan secara independen dari berbagai pasar lain, terus berkembang dengan laju 14 persen di seluruh dunia selama penurunan keuangan global 2008.

Beberapa dari perkembangan ini dapat dikaitkan dengan pertumbuhan penggunaan internet, manfaat dari lebih banyak uang saku individu secara online dan kemudahan anggota keluarga menyediakan barang-barang inovatif di seluruh dunia berkat kemajuan teknologi. Yang lain menunjukkan program seni yang ditingkatkan sebagai faktor di balik pengembangan, yang akhirnya menjadi lebih umum karena pemerintah federal di seluruh dunia mulai mengakui nilai industri inovatif.

Terlepas dari mengapa iklim ekonomi inovatif menjadi solid, tidak dapat disangkal bahwa kreativitas itu populer. NASAA mencatat bahwa hampir semua perusahaan A.S. (97 persen) mengatakan kreativitas semakin penting bagi mereka, dan 85 persen perusahaan yang ingin merekrut individu inovatif mengatakan bahwa mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan itu.

Dampak dari iklim ekonomi yang inovatif

Iklim ekonomi yang inovatif menawarkan tujuan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan membawakan kita film-film sukses besar atau lagu hit terbaru di radio. Dari sudut pandang moneter saja, solusi inovatif adalah pendorong besar pasar kerja A.S. “Seni menambah lebih banyak iklim ekonomi nasional dibandingkan dengan pasar bangunan, pertambangan, energi, asuransi, akomodasi, dan solusi makanan,” menurut NASAA.

Dampak industri inovatif melampaui pasar seni. Untuk setiap karya seni yang diproduksi di Amerika pada tahun 2015, tambahan 1,61 pengaturan di berbagai pasar lain diproduksi sebagai akibatnya. Secara keseluruhan, nilai industri inovatif di Amerika adalah $763,6 miliar pada tahun 2015, produksi naik 4,2 persen dari PDB negara itu tahun itu.

Ini bukan hanya tentang uang tunai, namun. Iklim ekonomi yang inovatif juga merupakan bagian penting dari menjaga kepentingan sosial untuk kehidupan dan kesejahteraan, baik di AS maupun di luar negeri. Pasar sosial seperti galeri, lokasi warisan dan acara-acara dan pertunjukan seni semuanya berkontribusi dalam melestarikan identifikasi sosial dan berbagi identifikasi itu dengan orang lain melalui program wisata.

Fokus pada kepentingan sosial ini memiliki potensi untuk membawa umat manusia satu sama lain dengan cara yang sangat dibutuhkan oleh dunia kita yang semakin terpecah belah. Karya-karya inovatif memiliki daya tarik global, dan forum diskusi Globe Financial Online menegaskan bahwa solusi inovatif dapat menjadi mesin untuk membangun kepercayaan, pemahaman, dan persetujuan di seluruh masyarakat.

Dengan kemampuan untuk menghubungkan ruang di antara berbagai sudut pandang sosial dan menghasilkan pembangunan moneter, tidak mengherankan bahwa iklim ekonomi yang inovatif mendapat perhatian.

Apakah profesi inovatif tepat untuk Anda?

Menginginkan profesi tetap tidak berarti Anda harus melakukan tugas yang tidak membuat Anda gila. Jangan biarkan pemahaman populer tentang prospek profesi inovatif membayangi penilaian Anda—iklim ekonomi inovatif sangat solid, dan ada banyak profesi yang diminati yang memanfaatkan sisi inovatif Anda.

Jika Anda tertarik untuk mendaftar di jajaran iklim ekonomi inovatif tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, maka dapatkan beberapa ide profesi dengan 9 Jenis Pekerjaan Desain untuk Individu Inovatif ini.