Mengenal MS Excel 2010

Posted: 5th December 2013 by Ayuhaeni Achsani in Technology
Comments Off on Mengenal MS Excel 2010

Definisi dan Kegunaan

Microsoft Excel adalah aplikasi spreadsheet komersial yang ditulis dan didistribusikan oleh Microsoft untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. fitur perhitungan, grafik alat, tabel pivot dan bahasa pemrograman makro yang disebut Visual Basic for Applications. Telah spreadsheet yang sangat banyak digunakan untuk platform ini, terutama sejak versi 5 pada tahun 1993. Excel merupakan bagian dari Microsoft Office. Versi saat ini 2010 untuk Windows dan 2011 untuk Mac.
Microsoft Excel memiliki fitur dasar dari semua spreadsheet, dengan menggunakan kotak sel diatur dalam baris nomor dan surat-nama kolom untuk mengatur manipulasi data seperti operasi aritmatika. Ini memiliki baterai fungsi yang disediakan untuk menjawab statistik, rekayasa dan kebutuhan keuangan.Selain itu, dapat menampilkan data sebagai grafik garis, histogram dan grafik, dan dengan tampilan yang sangat terbatas grafis tiga dimensi. Hal ini memungkinkan sectioning data untuk melihat dependensi pada berbagai faktor dari perspektif yang berbeda (menggunakan tabel pivot dan manajer skenario). Dan itu memiliki aspek pemrograman, Visual Basic for Applications, yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan berbagai metode numerik, misalnya, untuk memecahkan persamaan diferensial fisika matematis, dan kemudian melaporkan hasilnya kembali ke spreadsheet . Akhirnya, ia memiliki berbagai fitur interaktif yang memungkinkan antarmuka pengguna yang benar-benar dapat menyembunyikan spreadsheet dari pengguna, sehingga spreadsheet hadir sebagai aplikasi yang disebut, atau decision support system (DSS), melalui antarmuka pengguna yang dirancang khusus, misalnya, penganalisis saham, atau secara umum, sebagai alat desain yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan pengguna dan menyediakan jawaban dan laporan. Dalam realisasi lebih rumit, aplikasi Excel dapat secara otomatis jajak pendapat database eksternal dan alat pengukur menggunakan jadwal update,  menganalisis hasil, membuat laporan Word atau Power Point slide show, dan e-mail presentasi ini secara teratur ke daftar peserta.
Microsoft memungkinkan untuk sejumlah saklar baris perintah opsional untuk mengontrol cara yang Excel dimulai.

Mengenal Workspace Excel 2010

[youtube]https://www.youtube.com/watch?v=uUIA_jZrL1I&hl=id&gl=ID[/youtube]

 

Formula Excel

Formula atau biasa juga di sebut rumus merupakan fitur yang di gunakan untuk melakukan perhitungan dalam suatu sel . Suatu formula harus di awali dengan tanda sama dengan ( = ) yang disertai kombinasi Elemen :

  • Nilai yang di masukan langsung ke dalam formula.
  • Referensi alamat sel atau nama sel / range.
  • Operator perhitungan.
  • Fungsi.
Susunan sebuah formula dapat terdiri maksimal 1024 karakter ( Excel 2003 ) atau 8000 karakter ( Excel 2007 ) termasuk tanda sama dengan ( = ), nama fungsi, tanda kurung, argumen ataupun pemisah argumen dan operator – operatornya. Apabila Excel tidak menerima formula yang anda ketikkan, maka excel akan menampilkan nilai error. Berikut nilai error yang di tampilkan Excel apabila terjadi kesalahan penulisan formula :

Contoh-contoh serta penjelasan rumus ( formula ) dan fungsi ( function ) secara lengkap dan singkat yang biasanya digunakan pada microsoft excel ddari versi 2007 sampai 2010. Fungsi ini  secara acak ada fungsi text , fungsi logika , fungsi tabel , dan lain lain.

Inilah :
1.        Fungsi VALUE
       digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya :
       =VALUE(text)
2.        Fungsi FIND
digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya :
       =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
3.        Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :
       =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
4.        Fungsi REPLACE
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :
       = REPLACE (…)
5.        Fungsi CONCATENATE
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya  =CONCATENATE(text1,text2,…)
6.        Fungsi MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
       =MAX(number1,number2,…)
7.        Fungsi STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)
8.        Fungsi VAR
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)
9.        Fungsi LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (“) di awal dan di akhir text.
Rumusnya sangat simpel.
=LEFT(text)
10.    Fungsi RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan. Rumusnya mirip sekali dengan fungsi LEFT yaitu:
=RIGHT(text)
11.    Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text. Rumusnya adalah:
=LEN(text)
12.    Fungsi UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua. penulisannya:
= UPPER(text)
13.    Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua. penulisannya:
=LOWER(text)
14.    Fungsi PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata. Penulisannya:
=PROPER(text)
15.    Fungsi BAHTTEXT
       Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya beberapa saja yang dapat di rubah.
       Penulisan :
       =TTEXT(…)
16.    Fungsi FACT
       Menyatakan faktorial dari suatu bilangan. Penulisan :
       =FACT(…)
17.    Fungsi GCD
       Menyatakan pembagi umum terbesar. Penulisan :
       =GCD(number1, number2,…)
18.    Fungsi LN
       Menyatakan logaritma natural dari suatu bilangan. Penulisan :
       =LN(number)
19.    Fungsi RAND
       Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan realbaru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerjadihitung. Penulisan :
       =RAND(…)
20.    Fungsi CEILING
       Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari nol, ke kelipatan terdekatnya. Penulisan :
       =CEILING(…)
21.    Fungsi SQRT
       Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif tidak boleh negatif. Penulisan :
       =SQRT(…)
22.    Fungsi INT (number)
       Untuk pembulatan angka ke bawah dari suatu nilai integer / bulat. Penulisan :
       =INT(number)
23.    Fungsi CHAR
       Untuk menyatakan karakter yang telah ditentukan menggunakan suatu kode angka. Penulisan :
       Syntax
       =CHAR(number)
24.    Fungsi SUM :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
25.    Fungsi AVERAGE :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya :
=AVERAGE(number1,number2,…)

26.    Fungsi MIN:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)
27.    Fungsi HLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
28.    Fungsi VLOOKUP :
digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP),penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
29.    Fungsi / Function COUNTIF :
digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan ciri-ciri / kriteria tertentu. Penulisannya : =COUNTIF(range;kriteria).
Misal :  menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. Jadi, hasilnya adalah total siswa yang remidi.
30.    Fungsi AND :
Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR
dan akan bernilai FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH. Penulisan pada gambar ini.
Misal : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.
31.    Fungsi NOT :
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
Penulisan : =NOT(argument)