Mengenal Jaringan Komputer

Posted: 5th December 2013 by Ayuhaeni Achsani in Technology
Comments Off on Mengenal Jaringan Komputer

Definisi Jaringan dan Kegunaannya

A. Pengertian Jaringan

Jaringan adalah sebuah himpunan komputer yang dihubungkan dengan kabel sehingga komputer satu dengan komputer lainnya dapat saling komunikasi, bertukar informasi sharing file, printer, dll.

Jaringan dibagi menjadi 2 yaitu
1. Standalone

2. Network

B. Jenis – Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan

1. Local Area Networking (LAN)

Yaitu Jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.

2. Metropolitan Area Networking (MAN)

Yaitu Jaringan yang lebih luas dari LAN, MAN biasanya meliputi area yang lebih besar seperti area propinsi, antar gedung. Mengapa MAN itu dikatakan lebih luas dari LAN?, Yah, karena jaringan MAN itu terhubung dari beberapa jaringan LAN yang dihubungkan melalui switch lagi.

3. Wide Area Networking (WAN)

Yaitu Jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet.

C. Kegunaan atau Manfaat Jaringan Komputer

1. Berbagai perangkat keras
Perangkat semacam hardisk, printer, CD-ROM, Drive,dan modem dapat digunakan oleh sejumlah komputer tanpa perlu melepas dan memasang kembali. Peranti cukup dipasang pada sebuah komputer atau dihubungkan pada suatu peralatan khusus dan semua komputer dapat mengaksesnya. 

2.  Berbagai program atau data
Program atau data dimungkinkan untuk disimpan pada sbuah komputer yang bertindak sebagai server ( yang melayani omputer-komputer yang akan membutuhkan data atau program). Penempatan data pada server juga memberikan keuntungan antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan.C. Mendukung kecepatan berkomunikasi
Dengan adanya dukungan jaringak komputer, komunikasi dapat dilakukanlebih cepat. Pra pemakai komputer dapat mengairim surat elektronik dengan mudah bahkan dapat berckap-cakap secara lansung melalui tulisan ( Chating ) ataupun telekonferasi.

3. Memudahkan pengaksesan imformasi

Jaringan komputer memuadahakan pengaksesan informasi. Seseorang dapat bepergian ke mana saja dan tetap bisa mengakses data yang terdapat pada server ketika ia membutuhkannya.Pertumbuhan internet salah satu implementasi jaringa yang terbesar didunia, memungkinkan segala imformasi yang ada di dunia dapat dengan mudah didapatkan.

Keuntungan Jaringan Komputer Secara Umum

Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada pengguna di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Berikut adalah beberapa Keuntungan Jaringan Komputer secara Umum.

1. Berbagi Sumber Daya (Sharing Resouces)
Penggunaan bersama sumber daya Jaringan Komputer. Contoh : Hardisk, CD-Room, Printer, Fax, Koneksi Internet, Server, Lagu, Film, Game. Jadi dapat di kelompokan kedalam (Hardware dan Software)

2. Access Informasi Yang Bisa Dilakukan Di Manapun (Seperti akses Berita Terkini, Info E-goverment, E-commerce atau E-business) Yang bisa diakses dimanapun kita berada asalkan kita terhubung dengan Internet

3. Komunikasi

Pertukaran data dan informasi Baik Komunikasi person to person Ataupun ke Komunitas-komunitas/ Forum. Contoh : E-mail, Chatting, Instant Messaging.

4. Centralized Security

Pemasangan perangkat keamanan pada satu tempat untuk mengamankan seluruh jaringan komputer. Contoh : Firewall ( Berfungsi Untuk Mengfilter/Menyeleksi Informasi yang Masuk).

5. Integrasi Data

Pembagian beban Pemrosesan data ke banyak komputer Lebih Mudah. Contoh : Sistem Terdistribusi.

6. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data dan informasi yang bisa di lakukan tanpa kita bekerja dengan tenaga artinya kita tinggal buka aja Laptop/Komputer kita. Contoh :File sharing via jaringan.

7. Kerjasama

Memungkinkan kolaborasi dari banyak orang bahkan sampai dalam cakupan global (Seluruh Dunia). Contoh : Workgroup, Komunitas Open Source software (Free / Gratissss) .

8. Efisiensi Biaya

Mengurangi Kebutuhan Hardware dan Software (1 Komponen bisa di pake Bersama-sama). Contoh : Diskless workstation.

9. Peningkatan Produktivitas

Dengan efisiensi waktu dan tenaga serta Terjalinnya Kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi maka produktivitas akan meningkat.

10. Centralized Administration

Pengelolaan keseluruhan sistem dari satu tempat. Contoh : Active directory pada Windows 2000/2003 Server.

11. Hiburan interaktif (Nonton Acara Tv Online, Radio Streaming, Download Film atau Lagu, dll).

Menjadi sebuah kesenangan tersendiri  kalau kita  mempunyai jaringan komputer didalam rumah sendiri. Apalagi dengan sudah Dikembangkannya Smartphone yang makin banyak bermunculan sepeti i-Phone dan Android yang dimana Handphone tersebut dibutuhkan koneksi atau jaringan komputer yang memadai Untuk mengakses informasi yang kita ingginkan.

Sumber : https://mimapalupi93.wordpress.com/2013/05/07/manfaat-kegunaan-jaringan-komputer/

 

Jenis-Jenis (Topologi) Jaringan

1. JENIS-JENIS JARINGAN

A ) Local Area Network ( LAN )

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus,gedungkantor, dalam rumahsekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

lan

B ) Metropolitan Area Network ( MAN )

Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan adalah jaringan komputer yang  meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan departemen dimana beberapa kantor departemen tingkat kabupaten/kota  dihubungkan antara satu dengan lainnya.

metro_network

C ) Wide Area Network ( WAN )

WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa InggrisWide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

2. TOPOLOGI JARINGAN

Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu nodelink, dan station.

A ) Topologi Bus

Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel.

Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya. Topologi ini seringkali dijumpai pada sistem client/server, dimana salah satu mesin pada jaringan tersebut difungsikan sebagai File Server, yang berarti bahwa mesin tersebut dikhususkan hanya untuk pendistribusian data dan biasanya tidak digunakan untuk pemrosesan informasi.

Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.

* Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.

*Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.).

bus topologi

B ) Topologi Star ( Bintang )

Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Kelebihan

  • Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
  • Tingkat keamanan termasuk tinggi.
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.

Kekurangan

  • Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.

Penanganan

  • Perlunya disiapkan node tengah cadangan.

star topologi

C ) Topologi Ring

Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDImengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

ring topologi

3. PROTOKOL JARINGAN

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat kerasperangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

Protokol perlu diutamakan pada penggunaan standar teknis, untuk menspesifikasi bagaimana membangun komputer atau menghubungkan peralatan perangkat keras. Protokol secara umum digunakan pada komunikasi real-time dimana standar digunakan untuk mengatur struktur dari informasi untuk penyimpanan jangka panjang.

Sangat susah untuk menggeneralisir protokol dikarenakan protokol memiliki banyak variasi didalam tujuan penggunaanya. Kebanyakan protokol memiliki salah satu atau beberapa dari hal berikut:

  • Melakukan deteksi adanya koneksi fisik atau ada tidaknya komputer atau mesin lainnya.
  • Melakukan metode “jabat-tangan” (handshaking).
  • Negosiasi berbagai macam karakteristik hubungan.
  • Bagaimana mengawali dan mengakhiri suatu pesan.
  • Bagaimana format pesan yang digunakan.
  • Yang harus dilakukan saat terjadi kerusakan pesan atau pesan yang tidak sempurna.
  • Mendeteksi rugi-rugi pada hubungan jaringan dan langkah-langkah yang dilakukan selanjutnya
  • Mengakhiri suatu koneksi.

Untuk memudahkan memahami Protokol, kita mesti mengerti Model OSI. Dalam Model OSI terdapat 7 layer dimana masing-masing layer mempunyai jenis protokol sesuai dengan peruntukannya.

A ) Protokol Komunikasi Antarperalatan Jaringan

protokol ini mampu mengatur bentuk dan jenis data yang dikirim, menentukan besaran listrik yang digunakan, jenis, dan banyaknya kabel yang digunakan untuk proses transmisi.

B ) Protokol dari SIstem OPerasi yang DIgunakan

Sistem operasi NetWare menggunakan protokol utama IPX/SPX, MIcrosoft menggunakan protokol NetBeui, sedangkan protokol standar pada internet menggunakan protokol TCP/IP.

4. CARA KERJA JARINGAN

a.     jaringan berbasis Server

Disebut juga client-server terdiri atas server yang biasanya menggunakan sistem windows 2000  server.

b.     jaringan peer to peer

Setiap komputer dapat membuat account user dan berbagai sumber.contohnya windows 98,windows NT workstation dan windows 2000 profesional.

Sumber : http://tesiajie.wordpress.com/menu/8-jenis-jenis-jaringan/

 

Konfigurasi Jaringan dengan Kabel dalam OS Windows 7

Cara Setting Jaringan Lan di Windows 7. ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

  • Anda siapkan minimal 2 pc.  Ini jumlahkomputer minimal ya?
  • Perhatikan gambar di bawah ini

LAN Cara Setting Jaringan Lan di Windows 7

  • Pertama, anda klik dulu bagian nomer 1, itu letaknya ada dibagian kanan komputer anda
  • Selanjutnya, anda klik juga bagian nomer 2.
  • Selanjutnya, anda juga click open network and sharing center itu letaknya ada di bagian nomer 3.
  • setelah anda mengklik ketiganya, anda akan ada sebuah tampilan seperti gambar dibawah ini :

change%2520adapter%2520settings Cara Setting Jaringan Lan di Windows 7

Cara Setting Jaringan Lan di Windows 7

  • kalau gambar seperti diatas sudah muncul, langkah selanjutnya adalah anda click change adafter settings seperti gambar yang sudah saya lingkari diatas.
  • Setelahdi click. perhatikan gambar dibawah ini:

lan%2520lagi%25202 Cara Setting Jaringan Lan di Windows 7

  • Setelah gambar diatas muncul, klik kanan pada Local area connection lalu pilihproperties.
  • Setelah itu, akan muncul sebuah gambar seperti gambar dibawah ini
  • Local%2520Area%2520Propertise Cara Setting Jaringan Lan di Windows 7
  • Setelah gambar sepereti diatas muncul, anda pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). lalu klik properties.
  • Setelah itu, setting IP nya untuk komputer 1 seperti gambar dibawah ini
  • Setting%2520IP%25201 Cara Setting Jaringan Lan di Windows 7
  • Lalu, untuk komputer ke 2 nya, anda settingkan seperti gambar dibawah ini
  • Setting%2520IP%25202 Cara Setting Jaringan Lan di Windows 7

Nah, setelah anda mensetting kan IP nya, coba anda ping kan ke salah 1 komputer yang tadi.

Untuk komputernya lebih dari 2, maka tinggal diteruskan saja IP nya. dan jangan lupa, sebelum mensetting jaringan ini, anda pasangkan dulu kabel jaringannya.

sumber : http://ipanripai.com/jaringan/cara-setting-jaringan-lan-di-windows-7

 

Konfigurasi Jaringan Tanpa Kabel dalam OS Windows 7

Sebelumnya pastikan Wi-Fi sudah terinstal dravernya, lihat saja di propertis dan my computer lalu menu Device Manager, lihat apakah Wi-Fi suda terdetect da statusnya working properly, tidak ada tanda seru atau warning di iconnya. Trus nyalakan Wi-Finya, berbeda Laptop/Notebook beda pula caranya, ada yang memakai geser, tombol, atau shortcut keyboard.

 Device Manager - Wireless Network

Kalau sudah, di taskbar kanan ada logo koneksi, klik aja trus masuk ke menu Network and Sharing Centre..

Connection Icon at Taskbar

Buat Koneksi baru dengan menu Set up new a connection or network..


Scroll sampai ketemu pilihan koneksi Set up wireless adhoc bla bla bla. Koneksi adhoc adalah koneksi antar komputer sehingga memungkinkan pembuatan jaringan berbasiskan Wi-Fi..

Setup ConnectionSetup Adhoc Network

Setelah itu silahkan isi nama network yang ingin dibuat beserta securitynya, pengen pake password ato gak, kalo pengen aman mending pake password aja, ato kalo males setting gituan pilih modeNo Authentication (Open), klik Next dan selesailah sudah.. :D

Setup Adhoc Network 2Setup Adhoc Network 3

Untuk nyambung ke network yang udah dibuat pilih aja network tersebut di taskbar dan tekan Connect.. Komputer lain juga bisa nyambung ke jaringan ini dengan cara yang sama..

Waiting fo Users

Habis itu tinggal setting IP address aja, pilih properties dari koneksi tersebut, rubah alamat IP staticnya.. biasanya sih isi IP yang gampang-gampang aja yang penting bisa connect, misal 1.1.1.2, 1.1.1.3, 1.1.1.4, pokoknya gak jauh-jauh amat lah nilainya, cukup ganti angka paling belakangnya, sedang yang depan biarin aja sama. Oh ya jangan sampai sama ya IPnya, soalnya gak bisa nanti, bentrok sama yang lain…

Kalo udah, coba ping antar komputer ya, caranya buka Command prompt, si layar hitam sakti, trus ketik ping [alamat IP komputer tujuan], jika ada reply berarti udah konek tuh, kalo gak ada reply bisa aja settingan IPnya salah ato kena blok Firewall komputer tujuan, kalo kena firewall gampangnya matikan aja (Firewall Windows ato Software lain yang punya Firewall, contohnya antivirus)

ping

Nah, dasar koneksi sudah ada, jaringan udah terbentuk, komputer udah terhubung semua.

Sumber :  http://4kitsuki.wordpress.com/2011/02/17/cara-setting-koneksi-antar-komputer-via-wi-fi-for-windows-7/