Jenis – Jenis E-Commerce

March 14th, 2021
  1. Online Direct Marketing
  • Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

  • Shopee

Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura di bawah naungan SEA Group, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

  1. Electronic Tendering Systems
  • E-Pengadaan (LPSE)

Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) adalah sistem pengadaan barang/jasa pemerintah yang dilaksanakan secara elektronik dengan memanfaatkan dukungan teknologi informasi. Sistem LPSE ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, mutu, dan transparansi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

  • LPSE Surabaya

LPSE atau Layanan Pengadaan Secara Elektronik adalah penyelenggara sistem elektronik pengadaan barang/jasa pemerintah. LPSE sendiri mengoperasikan sistem e-procurement bernama SPSE yang dikembangkan oleh LKPP pada Direktorat Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektonik.

 

  1. Electronic Marketplaces and Exchanges
  • Adidas

Adidas AG, juga dikenal sebagai adidas, adalah sebuah perusahaan sepatu Jerman. Perusahaan ini dinamakan atas pendirinya, Adolf (Adi) Dassler, yang mulai memproduksi sepatu pada 1920-an di Herzogenaurach dekat Nuremberg. Rancangan baju dan sepatu perusahaan ini biasanya termasuk tiga strip paralel dengan warna yang sama, dan motif yang sama digunakan sebagai logo resmi adidas. Adidas adalah perusahaan pakaian olahraga terbesar di Eropa dan kedua terbesar di dunia setelah Nike.

Huawei

Huawei Technologies adalah perusahaan swasta berteknologi tinggi yang didirikan pada tahun 1988 oleh Ren Zhengfei,[1] yang mengkhususkan pada penelitian dan pengembangan (litbang), produksi dan pemasaran perangkat-perangkat telekomunikasi dan menyediakan solusi bagi operator penyelenggara telekomunikasi. Huawei melayani 35 dari 50 operator telekomunikasi teratas dan menginvestasikan 10 persen dari pendapatan tahunannya pada litbang.

 

  1. Viral Advertising and Marketing
  • Nike X Michael Jordan

Nike yang merupakan produsen sepatu olahraga yang ternama di dunia, berkolaborasi dengan pebasket yang sekarang sudah menjadi legenda basket internasional yaitu Michael Jordan untuk menaikkan pemasaran

  • Under Armour X Steven Curry

Steven Curry yang saat itu sedang naik daun setelah bermain apik di NBA di kontrak dengan brand olahraga ternama di eropa yaitu Under Armour. Dari kolaborasi ini Curry sudah memiliki beberapa sepatu signaturenya dengan Under Armour.

 

  1. Group Purchasing
  • Bhinneka.com

Bhinneka telah melayani Indonesia sejak tahun 1993. Sebagai pionir di industri e-commerce Indonesia, Bhinneka banyak melakukan inovasi dalam menyediakan produk dan layanan, khususnya di kategori 3C: Computer/IT, Communication Technology, and Consumer Electronics.

  • Ogahrugi.com

Dari situs resmi mereka, dijelaskan bahwa OgahRugi merupakan portal pertama di Indonesia yang menyediakan informasi diskon dan toko online secara bersamaan. Layanan yang ditawarkan oleh mereka adalah portal diskon, yang menyediakan informasi diskon yang akurat dan terpercaya bagi para pengunjung portal OgahRugi.com.

 

  1. Business-to-business (B2B)
  • Unilever

Unilever adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda dan London, Inggris. Unilever memproduksi makanan, minuman, pembersih, dan juga perawatan tubuh.

  • PT. Krakatau Steel

PT Krakatau Steel merupakan BUMN yang bergerak di bidang produksi baja. Perusahaan yang beroperasi di Cilegon, Banten ini mulanya dibentuk sebagai wujud pelaksanaan Proyek Baja Trikora yang diinisiasi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960 untuk memiliki pabrik baja yang mampu mendukung perkembangan industri nasional yang mandiri, bernilai tambah tinggi, dan berpengaruh bagi pembangunan ekonomi nasional. Ketika dibentuk pada tanggal 20 Mei 1962, perusahaan yang dulunya bernama Cilegon Steel Mill ini resmi berdiri dengan kerja sama Tjazpromexport dari Uni Soviet. Namun, terjadinya gejolak politik dan ekonomi yang parah, mengakibatkan pembangunan pabrik sempat terhenti. Barulah memasuki awal 1970-an, unit pabrik dilanjutkan pembangunannya dan dioperasikan secara resmi pada tanggal 31 Agustus 1970 dengan nama Krakatau Steel. Selama dekade pertama perusahaan berdiri, Krakatau Steel telah melakukan gerak cepat dalam pembangunan kawasan operasi terpadu produksi baja di Cilegon dengan berbagai peresmian operasional perdana yang disaksikan dan diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto dari pusat pengolahan air terpadu, pelabuhan Cigading, PLTU Cilegon 400 MW serta pabrik baja terpadu yang meliputi 4 produk baja utama.

 

  1. Business-to-Consumer (B2C)
  • Lazada

Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group.

  • Zalora

ZALORA adalah toko online fashion dan kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei.

 

  1. Consumer-to-Business (C2B)
  • Freelancer

Freelancer.co.id adalah regional website berbahasa Indonesia dari Freelancer.com, yang merupakan marketplace untuk freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia dilihat dari jumlah pengguna dan proyek yang diposkan.

  • Upwork

Upwork, sebelumnya Elance-oDesk, adalah platform lepas Amerika tempat perusahaan dan individu terhubung untuk menjalankan bisnis. Pada 2015, merger Elance-oDesk diubah namanya menjadi Upwork dan nama lengkap perusahaan sekarang menjadi Upwork Global Inc.

 

  1. Consumer-to-consumer (C2C)
  • OLX

OLX Group adalah pasar daring global yang berkantor pusat di Amsterdam, dan dimiliki oleh kelompok media dan teknologi di Afrika Selatan, Naspers. Perusahaan ini didirikan pada 2006 dan beroperasi di 45 negara.

  • Instagram Shop

Instagram Shopping adalah seperangkat fitur yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja melalui foto atau video-mu di Instagram. Dengan Instagram Shopping, pelanggan dapat menemukan brand-mu dengan lebih mudah, browsing produk dan melihat harga, hingga langsung berbelanja di platform-mu.