TOP

Cara Mengatasi Kabel USB Yang Tidak Terdeteksi Pada Laptop Windows 10

Terkadang ketika kita sedang membutuhkan kabel USB untuk kepentingan tertentu, ada saja masalah yang terjadi salah satunya yaitu kabel USB tidak terdeteksi di laptop. Ada beragam penyebab yang menjadi faktor kenapa kabel USB tidak terdeteksi di laptop, terutama di sistem operasi windows 10. Namun, kamu tidak perlu panik jika hal ini terjadi pada laptop kamu karna tentunya ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini.

Di bawah ini beberapa cara untuk mengatasi kabel USB yang tidak terdeteksi pada laptop windows 10.

1. Restart

Restart laptop menjadi salah satu langkah awal yang paling mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu cabut kabel USB dari laptop kamu terlebih dahulu lalu tunggu beberapa saat. Selanjutnya restart laptop kamu dan colokan kembali kabel USB tadi.

2. Coba di komputer yang lain

Cara kedua yang bisa kamu lakukan yaitu mencolokan perangkat USB ke komputer lain. Jika kabel USB masih tidak terdeteksi juga dikomputer lain, berarti USB milik mu yang bermasalah. Kamu perlu memperbaikinya atau jika perlu membeli kabel USB yang baru.

3. Cabut perangkat USB lainnya

Jika terdapat perangkat USB lain di laptopmu, coba cabut perangkat USBnya terlebih dahulu. Jika perangkat USB yang tersambung pada laptop terlalu banyak nantinya bisa mengakibatkan alur kerja keduanya menjadi terhambat. Setelah itu, lihat apakah USB bisa terdeteksi di laptop atau tidak jika bisa berarti laptopmu tidak mampu menerima aliran dari dua USB sekaligus.

4. Mengubah pengaturan power management untuk USB root hub

Jika ketiga cara tadi masih belum berhasil, maka cara selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu mengubah pengaturan power management untuk USB root hub. Berikut langkah-langkah pengaturannya.

  • Klik huruf “R” dan logo windows secara bersamaan di keyboard. Kemudian ketik devmgmt.msc lalu tekan enter.
  • Klik tanda panah yang terdapat di bagian bawah berfungsi untuk memperluas USB controller. Klik kanan pada bagian USB root hub dan selanjutnya klik properties.
  • Pilih power management setelah itu hapus centang di bagian allow the computer to turn off this device to save power, lalu klik ok.

Setelah melakukan tiga langkah tadi, coba colokan kembali perangkat USB, jika kabel masih tetap tidak terdeteksi di laptop maka centang kembali bagian “ allow the computer to turn off this device to save power”.

5. Update USB port driver

Jika kabel USB masih belum bisa terdeteksi setelah melakukan cara-cara tadi, bisa saja yang menjadi masalahnya adalah USB port driver. Oleh sebab itu, kamu bisa mengupdatenya. Terdapat dua cara untuk mengupdate USB port driver, yaitu secara manual dan otomatis.

Jika ingin melakukan secara manual kamu bisa mengunjungi situs resmi brand laptopmu, kemudian cari driver port terbaru yang paling sesuai dengan versi windows milikmu. Namun, ketika kamu ingin mencobanya dengan cara otomatis kamu bisa menggunakan software tertentu untuk mengenali sistem dan juga mencari driver yang sesuai untuk laptopmu.

6. Ubah pengaturan power supply

Cara lainnya yaitu dengan mengubah pengaturan power supply di laptop. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka Control panel lalu klik Hardware and sound lalu klik Power options
  • Pilih dan klik choose what the power button does
  • Lalu pilih dan tekan change settings that are currently unavailable
  • Hapus centang pada tulisan Turn on fast startup kemudian klik save changes
  • Restart laptop dan coba colokan perangkat USB
7. Ubah pengaturan USB selective suspend

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kabel yang tidak terdeteksi adalah mengubah pengaturan USB selective suspend. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka control panel lalu klik power options
  • Klik Change advanced power settings
  • Klik USB settings dan juga USB selective suspend settings
  • Nonaktifkan pengaturan On battery dan juga plugged in
  • Klik appy lalu ok.

Setelah mengetahui cara mengatasi kabel USB yang tidak terdeteksi di laptop windows 10, kamu juga perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab kabel USB tidak terdeteksi pada laptop. Berikut beberapa penyebab umumnya.

  • USB driver rusak atau tidak stabil.
  • Sistem operasi pada PC belum terupdate sehingga menjadi masalah antara hard drive USB eksternal dengan windows.
  • Terdapat updatean hardware atau software yang terlewatkan.
  • Perlu diupdatenya motherboard PC.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi kabel USB yang tidak terdeteksi pada laptop windows 10, dan juga penyebab umumnya, semoga bisa membantu kamu yang mengalami masalah ini.

Read More
TOP

Rekomendasi HP Android Yang Cocok Untuk Game Berat Dengan FPS Tinggi

Mobile gaming merupakan industri gim untuk masa depan. Dan fakta ini pun tidak terbantahkan. Banyak sekali pengembang gim yang dulu berfokus pada desktop kini malah merambah ke perangkat mobile. Karena faktor ini jugalah yang setelah itu akhirnya membuat smartphone terus menerus berkembang dengan memiliki spesifikasi tinggi.

Hal ini bertujuan agar dapat memuaskan hasrat oleh para pemain mobile gaming. Hal tersebut juga yang kemudian menghadirkan beberapa tipe smartphone yang dapat memaksimalkan dalam bermain game. Dan ada juga vendor yang dengan sengaja membuat konsep HP yang khusus ditujukan agar dapat memenuhi kebutuhan bermain game.

Hal seperti ini memang sangat perlu dilakukan karena mengingat tipe HP biasa. Seperti HP samsung yang mahal sekalipun sangat kurang menjual jika tidak bisa untuk bermain game. Karna hanya difokuskan agar ceruk pasar pemain mobile gaming.

Banyak sekali orang yang masih bingung dengan tipe HP Android apa yang cocok untuk game berat serta memiliki fps yang tinggi. Untuk itu berikut ini rekomendasi HP Android yang cocok untuk game berat dengan FPS tinggi.

1. HP ASUS ROG Phone 5 Ultimate

Rekomendasi HP Android yang cocok untuk game berat dengan FPS tinggi yang pertama adalah ASUS ROG Phone 5 Ultimate. HP Android ini secara resmi dirilis pada bulan Mei 2021. Spesifikasi HP Android ASUS ROG Phone 5 Ultimate ini adalah memiliki layar amoled 6.78 inci.

Dibekali dengan chipset Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm). Serta memiliki GPU Adreno 660 dengan RAM 18 GB, memori internal 512 GB dan memiliki FPS sebesar 61 FPS. Dengan spesifikasi tersebut tentunya sudah cocok untuk bermain game berat.

Tak lupa HP Android ini juga memiliki kamera belakang beresolusi 64 MP + 13 MP + 5 MP serta kamera depan 24 MP. Dan yang tak kalah menarik HP Android ini juga mempunyai kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 6.000 mAh.

Banyaknya kapasitas RAM pada HP Android ini bertujuan agar memberikan boost tambahan saat Anda bermain game berat atau menjalankan emulator konsol. HP Android ini tentunya sangat cocok untuk para mobile gaming.

2. HP Xiaomi Redmi K40 Gaming

Rekomendasi HP Android yang cocok untuk game berat dengan FPS tinggi yang kedua adalah Xiaomi Redmi K40 Gaming. Sesuai dengan namanya HP Android yang satu ini pasti sangat cocok jika digunakan untuk bermain game berat.

HP Android tersebut dirilis pada bulan April 2021 lalu. Memiliki layar OLED 6,67 inci dengan Full HD+. HP Android ini mempunyai chipset MediaTek Dimensity 1200 5G (6 nm). Selain itu HP Android ini juga memiliki 3 pilihan RAM yaitu 6 GB, 8 GB, dan 12 GB. Serta memori eksternal 128 GB dan 256 GB.

HP Android Xiaomi kali ini berbeda dengan seri redmi sebelumnya. Redmi kali ini telah menyongsong pasar gaming dengan mempunyai fitur-fitur yang tak kalah dengan HP Android lainnya. Redmi K40 Gaming ini hadir sebagai solusi untuk para mobile gaming yang kurang suka dengan HP Android yang berbadan tebal.

Karena HP Android Redmi K40 Gaming ini mempunyai ketebalan hanya 8,3 mm. Agar dapat membuat bermain game lebih menyenangkan, HP ini menawarkan speaker ganda yang berkualitas yang disetel oleh JBL.

Mengingat HP ini juga mempunyai layar panel OLED 120 Hz serta memiliki kecerahan normal 500 nit. Sehingga dapat menampilkan kualitas yang terbaik di grafis disaat Anda bermain game atau menonton video. Dan yang paling penting adalah HP ini mampu menjalankan game PUBG Mobile dalam settingan grafis Ultra HD menggunakan frame rates 60 FPS.

3. HP Lenovo Legion 2 Pro

Rekomendasi HP Android yang cocok untuk game berat dengan FPS tinggi yang terakhir adalah Lenovo Legion 2 Pro. HP Android kali ini dirilis pada bulan April kemarin. Dengan memiliki layar Amoled 6,92 inch serta chipset Qualcomm SM 8350 dan Snapdragon 888 5G (5 nm).

Kadang bermain game dengan lancar saja rasanya kurang puas. Pasti juga ada keinginan untuk merekam gameplay Anda agar dapat diunggah ke kanal YouTube misalnya. HP Android Lenovo Legion 2 Pro ini adalah salah satu ponsel yang sangat cocok untuk Anda yang sering membuat konten.

Karena pada HP Android ini dibekali juga dengan kamera depan pop-up yang akan muncul saat HP berorientasi lanskap. Sehingga pada saat Anda bermain game Anda dapat merekam diri Anda. Selain itu pada bagian cover belakang juga tersedia sensor sentuh agar dapat memberikan rasa keleluasaan yang lebih.

Tak lupa HP Android ini mempunyai pilihan RAM yaitu 8 GB, 12 GB, 16 GB, serta 18 GB. Dan memiliki memori eksternal 128 GB, 256 GB, 512 GB. Juga mempunyai kamera belakang 64 MP + 16 MP, kamera depan Motorized pop-up 44 MP.

Selain itu semua HP lenovo yang satu ini dapat merekam video 4K menggunakan frame rates sampai 60 FPS. HP ini memiliki kapasitas baterai Li-Po 5500 mAh yang telah mendukung fast charging 90W dengan melalui 2 port USB-C.

Itulah tadi rekomendasi HP Android yang cocok untuk game berat dengan FPS tinggi. Selain HP Android diatas masih ada banyak lagi HP Android yang cukup impresif untuk bermain game. Hanya saja HP Android diatas mempunyai keunikan tersendiri yang menawarkan pengalaman saat bermain game lewat HP.

Read More
TOP

Pilihan Tripod HP Terbaik yang Dilengkapi Dengan Stabilizer

Di era sosial media sekarang, banyak content creator, videographer, photographer, bahkan individu membutuhkan alat yang bisa menunjang kreasinya dalam mengambil gambar/video. Salah satu alat bantu tersebut adalah tripod.

Dengan bantuan alat ini, ponsel yang akan Anda gunakan untuk mengambil gambar/video menjadi nyaman, mudah, dan praktis. Tripod memiliki jenis dan sistem yang berbeda-beda. Tentunya, para creator di luaran sana akan mencari tripo dengan kualitas super dan berkualitas dengan dilengkapi stabilizer.

Berikut ini merupakan beberapa pilihan tripod HP terbaik yang dilengkapi dengan stabilizer:

1. Zhiyun Smooth 4

Salah satu merk tripod yang sangat direkomendasikan untuk HP adalah Zhiyun Smooth 4. Karena sangat laris di pasaran, keefisienan tripod ini pun tak dapat diragukan.
Tak hanya untuk HP, namun brand ini juga menyediakan tripod untuk kamera professional.
Di samping bodinya, tripod ini memiliki roar yang berguna untuk mengatur kefokusan. Tak hanya itu, tombol-tombolnya pun nyaman dan mudah dimengerti oleh pengguna awam.

2. Liger L 3110

Tripod jenis ini terbuat dari bahan alumunium yang bertekstur ringan. Tripod ini memiliki desain dan bentuk yang akan membuat tangan Anda nyaman dan tak mudah merasa lelah saat penggunaannya.
Tak hanya dari segi tangan saja, tetapi dari segi kaki tripodnya pun memiliki pengunci yang tentunya akan membuat kinerja tripod semakin membuatmu terbantu.
Dari bagian kepalanya, tripod ini memiliki 3 desain way pan had yang berguna untuk mengatur posisi vertikal atau horizontal.

3. Xiaomi Tripod Mini

Brand Xiaomi mengeluarkan tripod yang mengusung tema 3 in 1 dengan gaya mini yang menghadirkan tripod, tongsis, beserta Bluetooth remote. Tripod jenis ini terbuat dari bahan alumunium dengan dilapisi karet guna meminimalisir guncangan.
Dengan memiliki koneksi Bluetooth, tripod ini mendukung untuk mengambil gambar dari jarak yang jauh. Selain itu, tripod jenis ini dapat diputar hingga sudut 360 derajat.

4. Fotopro UFO 2

Jenis tripod ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang suka travelling karena praktis dibawa kemana pun. Karena memiliki kaki yang fleksibel, tripod ini bisa Anda atur posisinya dengan berbagai macam gaya.
Meskipun tripod jenis ini berbentuk mini, ternyata tripod ini dapat menopang beban hingga 3 kilogram. Selain itu, kepala dari tripod ini didesain sedemikian rupa untuk membidik objek dengan sudut yang berbeda.

5. Tripod Tacoo

Tripod ini memiliki bentuk dan didesain secara 3 in 1 yang tentunya sangat cocok digunakan oleh semua kalangan. Dari sifatnya yang multifungsi ini, tripod ini juga masuk ke dalam kategori salah satu tripod yang cocok untuk digunakan pada saat travelling.
Tripod ini juga dilengkapi dengan koneksi Bluetooth yang tentunya akan mendukung menangkap gambar jarak jauh dengan jarak maksimal sepuluh meter. Dari segi warna, tripod ini memiliki banyak varian dan pilihan warna yang cocok sesuai selera Anda.

6. Tripod Mini Yunteng

Untuk Anda pecinta travelling, maka tripod jenis ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Selain bentuknya yang unik, tripod ini juga sangat mudah digunakan oleh pemula yang baru menjejaki dunia fotografi.
Selain dari harganya yang ekonomis, fasilitas dan kualitas tripod ini sangat bersahabat dan tak kalah keren.

7. Tripod Takara 173 A

Untuk Anda yang suka mengambil foto menggunakan handphone maupun tablet, tripod ini sangatlah cocok untuk itu. Tripod jenis Takara ini dibuat dari bahan alloy yang kokoh, bahkan tripod ini sanggup menahan beban hingga 2,5 kg.
Didesain secara khusus dan mudah dilipat, tripod jenis ini juga sanagt cocok untuk dijadikan teman travelling Anda. Pada kaki tripod, dilengkapi alat pengunci yang memudahkan penggunaannya.
Pada bagian kepalanya, tripod ini didesain bisa lepas pasang sehingga akan membuat gambar yang Anda ambil menjadi lebih smooth.

8. Tripod Ecle

Tak hanya tripod, tetapi brand ini juga mengeluarkan produk lain seperti earphone, powerbank, speaker, dll. Tripod jenis ini memiliki beragam harga dan juga jenisnya. Jadi, Anda bisa menyesuaikan pembelian sesuai dengan target Anda/budget yang Anda punya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi pilihan tripod HP terbaik yang tentunya dilengkapi dengan stabilizer dan juga kualitas yang super oke untuk menunjang kebutuhan Anda.

Read More