Tips Jitu Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Comments Off on Tips Jitu Budidaya Ikan Mujair di Kolam Terpal

Saat ini, budidaya ikan mujair tidak hanya dilakukan di kolam tanah maupun beton. Mijair juga bisa dibudidayakan di kolam terpal. Hal ini dikarekan ikan mujair yang mudah beradaptasi dengan lingkungan. Kondisi ini tentunya dapat menurunkan pengeluaran yang dibutuhkan untuk pembuatan kolam.

ikan mujair

Berikut ini beberapa tips sukses untuk membudidayakan ikan mujair di kolam terpal.

Tahap Tahap Budidaya Mujair di Kolam Terpal

1. Menyediakan Kolam Terpal

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membudidayakan ikan ini, adalah menyiapkan kolam terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan kolam dengan ukuran 50 x 50 x 100 m2. Namun, ukuran kolam bisa disesuikan dengan luas lahan yang tersedia.

Untuk pembuatan kolam ini , biasanya membutuhkan beberapa lembar terpal, bambu serta kayu. Sebelum digunakan, sebaiknya kolam diberi perlakuan pengapuran dan didiamkan sekitar 3 sampai 4 minggu.

2. Penebaran Bibit

Setelah menyiapkan kolam, selanjutnya adalah penebaran bibit pada budidaya ikan mujair. Sebaiknya penebaran bibit ikan dilakukan ketika sore hari dengan kepadatan sekitar 400 hingga 500 ekor bibit.

Umumnya setelah penebaran, beberapa bibit akan mati yaitu sekitar 3 atau 4 ekor perhari. Namun, jika kematian lebih banyak maka harus dilakukan penanganan yang tepat.

3. Pemberian Pakan Mujair

Pemberian pakan menjadi faktor penting yang dapat menentukan tingkat pertumbuhan ikan tersebut. Mujair sebaiknya diberikan pakan berupa pelet dengan frekuensi pemberian sebanyak 3 kali setiap harinya.

Jika ukuran mulai membesar maka, perlu dilakukan penambahan pakan. Dalam budidaya ikan mujair ini, anda juga bisa memberikan eceng gondok untuk makanan tambahan dan membuat kondisi kolam lebih sejuk.

4. Monitoring Kualitas Air

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kesehatan dan nafsu makan ikan adalah kondisi air di kolam. Maka dari itu, kualitas air harus dijaga dengan baik yaitu dengan melakukan pergantian air kolam setiap 2 atau 3 minggi sekali.

Selain itu, membersihkan sisa pakan dan kotoran juga harus dilakukan secara rutin pada cara budidaya ikan mujair.

Membudidayakan mujair di kolam terpal lebih menguntungkan mengingat kolam tersebut bisa dipongkar pasang. Berbeda dengan kolam beton yang cenderung permanen. Namun, saat membudidayakan ikan mujair, kualitas air harus diperhatikan dengan baik agar ikan bisa sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Sehingga pemberian juga probiotik juga perlu dilakukan dalam budidaya ikan mujair.