Fungsi dan Manfaat AutoCAD di Dunia Teknik Sipil

Comments Off on Fungsi dan Manfaat AutoCAD di Dunia Teknik Sipil

Fungsi maupun manfaat autoCAD tak hanya penting bagi dunia teknik sipil juga banyak digunakan di dunia industri. Kemampuan maupun fitur yang disediakan dalam software ini begitu fungsional dan sangat membantu dalam menghasilkan gambar obyek yang kan dibangun atau dibuatnya.

Begitu tinggi dan megahnya gedung-gedung pencakar langit tak terlepas dari perhitungan cermat dari para ahli teknik sipil maupun gambar yang dihasilkan dengan menggunakan autoCAD. Karena itulah jika kamu berminat dan ingin belajar teknik sipil tentunya juga harus memahami manfaat autoCAD dan mengusainya.

Manfaat AutoCAD bagi Teknik Sipil yang Wajib Kamu Tahu

Pengertian AutoCAD adalah program atau software yang biasanya digunakan untuk menggambar teknik. AutoCAD, menurut Wikipedia, dikembangkan oleh Autodesk sebagai perangkat lunak komputer CAD. Aplikasi ini digunakan untuk menggambar dalam bentuk dua atau tiga dimensi (2D/3D).

manfaat autoCAD

Aplikasi AutoCAD selama ini telah sering digunakan oleh para insinyur sipil, arsitek, ahli teknik mesin, desainer interior, dan profesi lainnya. Dengan menguasai aplikasi perancangan teknik dalam bentuk digital ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan lebih cermat.

Salah satu fungsi utama AutoCAD untuk membuat atau menghasilkan perancangan gambar dalam bentuk 2D dan 3D. Aplikasi digital ini telah memangkas banyak waktu jika dikerjakan secara manual.

AutoCAD juga mampu membuat perancangan gambar dengan detail ukuran yang sebenarnya. Apapun obyek yang digambar dengan aplikasi ini akan mampu menghasilkan bentuk yang sama persis dengan bentuk yang akan dibuat atau dibangun nantinya. Kita bahkan bisa mengatur skala di autoCAD sesuai kebutuhan proyek.

Yang tak kalah penting, menggambar dengan AutoCAD memberikan jaminan hasil yang presisi, tepat, dan akurat. Hal ini sangat penting dalam proses pekerjaan di lapangan.

Dibandingkan menggambar dengan cara manual, penggunaan AutoCAD juga sangat fleksibel. Termasuk jika ada perubahan yang harus disesuaikan, gambar masih bisa diedit dan diubah. Hasil gambar inipun bisa disimpan dalam berbagai media penyimpanan yang dikenal saat ini. Dari hardisk komputer, flasdisk, dan sebagainya.

Demikiankan berbagai fungsi dan manfaat AutoCAD di dunia teknik sipil yang sangat cepat, akurat, dan sangat membantu dalam proses pekerjaan yang dilakukan. Yang menarik, saat ini juga ada banyak layanan jasa pembuatan gambar teknik dengan AutoCAD untuk kebutuhan bisnis.