Eksterior Taman Rumah dengan Tanaman Bunga

Comments Off on Eksterior Taman Rumah dengan Tanaman Bunga

Bagi Anda yg senang bertanam tentu akan selalu berburu berbagai jenis tanaman hias yg cocok dan bisa dimanfaatkan untuk memperindah taman rumah. Apalagi kalau jenis tanaman itu memiliki bentuk penampilannya yg indah maupun warna bunganya yg cantik. Salah satu jenis tanaman hias yg tak kalah menariknya untuk mempercantik taman rumah anda adalah tanaman bunga kana.

Tanaman ini termasuk dalam keluarga tanaman umbi-umbian dari famili cannacieae. Penampilan tanaman ini, terutama dari bentuk daunnya, mirip dan memiliki hubungan yg sangat dekat dg jenis tanaman rimpang dalam order zingiberalis, seperti jahe, talas, merantas, ataupun pisang. Sedangkan bentuk bunganya terlihat seperti bunga lili yg indah meski bukan jenis lili sejati.

bunga kana

Selain itu, tanaman kana sebenarnya lebih merupakan hasil produk pertanian karena rimpangnya merupakan sumber pati yg cukup tinggi dan bisa menjadi sumber pangan alternatif. Di masyarakat, tanaman ini juga dikenal dg sebutan ganyong dan merupakan jenis canna edulis kerr.

Salah satu jenis kana yg diambil buah rimpangnya dimanfaatkan untuk membuat diversifikasi pangan. Apalagi kandungan gizi makanan ini setara dg jenis umbi maupun kentang.

Perawatan Mudah

Sedangkan untuk mempercantik taman untuk desain rumah minimalis, kana yg dipilih adalah tanaman kana jenis hias. Ada beberapa jenis hias yg bisa dijadikan tanaman hias, seperti canna generalis, canna indica, canna hybrid, maupun jenis canna coccinae.

Namun jenis yg sering dan lebih banyak dipilih orang adalah canna generalis. Bunga kana jenis ini bentuknya cukup besar dg corak warna yg cerah dan menyala memang sangat cocok untuk taman rumah. Jenis kana hias yg dipilih umumnya adalah bunga yg berwarna merah dan kuning.

Tanaman hias ini termasuk jenis tanaman yg tak sulit dalam perawatannya. Selain relatif bisa tumbuh di berbagai jenis tanah dan tahan menghadapi berbagai jenis cuaca, tanaman ini juga tak membutuhkan perlakuan khusus.

Namun agar mendapatkan hasil yg optimal dg penampilan yg menarik, tanaman ini lebih cocok tumbuh di daerah tropis dg kelembaban yg cukup, serta sinar matahari yg optimal.

Indoor dan Outdoor

Tanaman kana jenis hias memiliki tinggi hingga mencapai sekitar 3 meter. Sedangkan daunnya berbentuk elips dg ukuran yg cukup besar dg lebar daun pada tumbuhan dewasa sekitar 20 cm dan panjang antara 0,6 hingga 1 meter.

Sedangkan bunganya agak lebar dg warna yg cukup kontras dg warna daunnya. Tak jarang bunga kana yg telah mekar dipotong untuk dimasukkan dalam vas bunga dan diletakkan dan digunakan sebagai penghias dalam interior rumah (indoor).

Namun memperhatikan bentuk dan penampilan tanaman kana yg cukup besar, tanaman ini juga cocok untuk menghias taman rumah secara outdoor. Begitu juga untuk penempatannya bisa ditempatkan di belakang bunga hias lainnya yg umumnya lebih rendah.

Kita juga tak perlu membuat tanah berkontur untuk tanaman bunga kana. Apalagi sifat tanaman ini yg bergerombol membuatnya terlihat kokoh namun cantik dan indah dipandang, dari jarak agak jauh sekalipun.