Cara Ternak Belut Untuk Usaha Rumahan

Comments Off on Cara Ternak Belut Untuk Usaha Rumahan

Bagaimana sih cara ternak belut yang bisa mudah tapi menguntungkan? Menjalankan bisnis sebagai peternak ikan air tawar bisa dikatakan sangat menjanjikan. Pasalnya permintaan pasar terhadap ketersediaan ikan ini begitu banyak dan stabil dari waktu ke waktu.

Bagi pebisnis itu sendiri, meski pun di luar sana juga banyak peternak yang jual benih dan bibit ikan murah, tapi hal itu tidak membuat peternak baru kalah dan sepi permintaan. Sama halnya dengan jenis ikan satu ini, yaitu belut.

Meskipun belut dikenal ada di tempat berlumpur seperti sawah, rawa, atau pinggir kali. Untuk sekarang ini, belut sudah bisa dibudidayakan sekali pun tanpa lumpur. Gambarannya seperti budidaya ikan pada umumnya, di mana cukup menyediakan kolam dan air sebagai pengganti habitatnya.

Tahapan Cara Ternak Belut Modal Kecil

Dan untuk mengetahui lebih jelas seperti apa cara ternak belut, untuk itu langsung saja kalian ketahui di bawah.

Tempat Budidaya Belut

Tak jauh berbeda dengan budidaya ikan lainnya, ternak belut juga bisa menggunakan terpal atau cor semen sebagai kolamnya. Tapi kalau mau lebih meminimalir tempat atau mau uji coba, drum bisa kita gunakan sebagai kolam alternatif selain murah juga efektif.

Dikarenakan belut biasa hidup di bawah tempat yang kedap dari sinar matahari, maka kita berikan media untuk membuat belut nyaman dengan habitat barunya. Dan di sini kita bisa menggunakan batang padi, pupuk TSP, kompos, serta starter mikroorganisme di dasar drum.

Bibit Budidaya Belut

Dan tips kedua untuk cara ternak belut, dikarenakan keberhasilan budidaya hampir 50 % dipengaruhi dari benih itu sendiri. Karena itu cari yang jual bibit ikan lele atau belut murah.

Maka untuk budidaya yang dilakukan, cari benih atau bibit belut dengan kualitas unggul. Ciri-ciri benih atau bibit belut unggul adalah lincah dan agresif, mempunyai ukuran sepadan, sehat, dan tidak membawa penyakit atau parasit.

Perawatan Belut

Kemudian untuk perawatan belut, perhatikan tentang pasokan air untuk membuatnya tidak berkurang. Selain itu pemberian pakan juga penting dilakukan secara teratur, dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan wadah budidaya tersebut.

Mengenai pakannya, kita bisa memberikan belut berdasarkan umur. Untuk belut anakan bisa dengan cacing, kutu air, serta kecebong. Ini banyak dilakukan orang yang jual bibit ikan nila. Dan untuk belut dewasa, bisa diberikan pakan seperti limbah ikan, bekicot, cincangan dari daging, dan pelet.

Itulah langka mudah cara ternak belut yang mudah Anda lakukan. Untuk mengawalinya ada bisa memulainya dengan modal seadanya dari rumah. Jika telah berhasil barulah Anda bisa mengembangkannya menjadi lebih besar lagi