Cara Simpel Memulai Usaha Online yang Efektif

Comments Off on Cara Simpel Memulai Usaha Online yang Efektif

Bagaimana caranya memulai usaha online yang efektif. Apa langkah dan jenis jenis pemasaran online yang bisa diterapkan usaha kecil dan menengah ?

  • Punya Website
  • Membuat Sosial Media
  • Kenali Facebook Ads
  • Kenali Google Adwords.

Mari kita bahas langkah tersebut lebih rinci.

#1 Punya Website

Website adalah jendela menuju digital. Tanpa ada website, orang tidak bisa menemukan keberadaan usaha Anda di dunia digital di internet.

Jadi, membuat website adalah salah satu prasyarat dapat eksis di dunia digital.

Saya mempunyai sahabat yang baru memulai usaha, setelah lama bekerja di kantor sebagai profesional. Langkah pertama yang dia kerjakan setelah memulai usaha adalah membuat web perusahaan untuk mempromosikan usaha dia.

Memulai Usaha Online

Sebelumnya, dia bingung karena ingin promosi tapi budget terbatas. Kemudian setelah melakukan riset dan bertanya sana sini, dia menemukan bahwa cara promosi efisien yang gratis adalah membuat web untuk menunjukkan eksistensi layanan yang ditawarkan.

Jadilah website perusahaan. Seminggu setelah usaha dimulai.

Alhasil, tanpa disangka, dia banyak menerima order, yang saat dicek, rupanya konsumen tahu dari website perusahaan yang dia buat. Konsumen mengatakan bahwa di bidang jasa itu jarang perusahaan yang mempunyai website.

Bagaimana cara membuat web ? Mudah.

Pertama, perlu menentukan nama atau alamat website, istilahnya memastikan domain. Setelah diputuskan, domain itu harus didaftarkan supaya menjadi milik Anda dan tidak diambil orang lain.

Kedua, memilih hosting menjadi ‘rumah’ dari website yang dipilih. Hosting bisa pilih di luar negeri (tentunya dibayar dalam US$) atau lokal dalam negeri.

Perusahaan untuk mendaftar domain dan menyimpan hosting bisa dilakukan dalam satu perusahaan sehingga lebih mudah. Beberapa perusahaan hosting yang saya tahu mempunyai reputasi bagus dan dapat Anda gunakan adalah:

IDwebhost
NiagaHoster

Ketiga, setelah domain dan hosting Anda pilih, setelah itu Anda install template di web tersebut supaya bisa mengisi konten. Paling mudah adalah platform WordPress dengan beberapa pilihan template gratis.

Kenapa web saya letakkan yang paling utama dibandingkan jenis l atau langkah digital marketing lain, sebab Anda sama saja bunuh diri, melakukan kampanye iklan di Facebook, Instagram atau Google Adwords, tanpa ada punya website.

Karena tujuan akhir dari kampanye itu adalah mendorong orang mengunjungi web dan lakukan closing atau pembelian.

Jadi, kalau website sendiri tidak ada, sebagai tujuan, apa gunanya melakukan promosi internet marketing.

Memang banyak orang yang sukses tanpa ada perlu mempunyai website, contohnya melakukan jualan di Instagram dan laris manis tanpa membutuhkan situs resmi, tetapi menurut saya itu bukan taktik yang berkelanjutan dan tidak membangun merek Anda di dunia online dengan kuat.

#2 Sosial Media Instagram

Menurut banyak riset, orang Indonesia adalah salah satu yang paling sosial di dunia online. Apa saja aktivitas dibagi di sosial media. Mulai dari yang umum sampai yang privat.

Karena itu, tidak heran, pengguna Instagram di Indonesia adalah #3 terbanyak di dunia, setelah USA dan Brazil. Untuk negara berkembang, yang jaringan internet masih terbatas dibandingkan negara maju, pencapaian Indonesia ini luar biasa.

Mengapa Instagram ?

Instagram adalah platform visual, sehingga Anda membutuhkan gambar dan video untuk bisa menarik perhatian audience jika menggunakan Instagram ads. Iklan dengan teks tidak akan menjadi pilihan penting dalam memasang iklan di Instagram.

Karena berbasis visual, menurut riset, Instagram adalah sosial media dengan persentase engagement sebesar 4, 21%. Disamping itu Facebook dan Twitter hanya mencapai 0, 10%. Salah satunya karena Iklan Instagram tidak mengganggu user yang tidak ditargetkan

Di Indonesia, jumlah user Instagram selalu bertambah dan Instagram terhubung dengan Facebook, sebagai pemilik, sehingga semakin memudahkan untuk mengidentifikasi target, pengerjaan konten sampai penjadwalan muncul iklan. Segera lakukan pendaftaran merek agar merek anda terproteksi.

Beberapa langkah yang perlu dilaksanakan pebisnis untuk berjualan di Instagram:

Membuat akun sosial media untuk usaha terpisah dari akun pribadi, yaitu Instagram for Business ;

Membuat nama akun yang simple, mudah diingat, menjelaskan mengenai usaha, dan mempunyai nama yang sama dengan platform sosial media lain yang digunakan ;

Post secara berkala dan rutin, sesuai dengan “golden moment” ;
Usahakan setiap post selalu terkait dengan usaha dan buatlah tanda pagar (hashtag) unik yang mencirikan usaha kita dan gunakan itu di setiap post ;

Jawab pertanyaan yang ditanyakan follower buat menandakan jika akun responsif dan aktif. Untuk cara membuat merek dengan mudah silahkan hubungi Patendo.