4 Alasan Mengapa Budidaya Lele Bioflok Lebih Menguntungkan

Comments Off on 4 Alasan Mengapa Budidaya Lele Bioflok Lebih Menguntungkan

Budidaya lele bioflok merupakan budidaya yang melakukan pemberian pakan probiotik. Budidaya dengan sistem ini semakin banyak diminati karena memiliki banyak keuntungan dibadandingkan dengan budidaya biasa.

Apalagi jenis yang dibudidayaakan menggunakan ikan lele yang lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.

budidaya ikan lele

Berikut ini keuntungan budidaya ikan lele dengan sistem bioflok yang perlu diketahui.

4 Keuntungan Menggunakan Sistem Bioflok Pada Budidaya Ikan Lele

1. Dapat Menghemat Lahan

Untuk cara budidaya ikan lele di kolam biasa, umunya padatnya tidak terlalu tinggi. Sedangkan jika ingin meningkatkan jumlah ikan yang dipelihara maka ukuran kolam harus diperluas.

Namun, dengan menggunakan sistem bioflok maka padat tebar ikan lele bisa ditingkatkan. Hal ini dikarenakan kualitas air pada budidaya lele bioflok tersebut dapat diatasi dengan adanya mikroorganisme yang dapat mengurai sisa sisa pakan.

2. Efisiensi Pakan Yang Lebih Tinggi

Pada budidaya lele dengan sistem ini, efisiensi pakan lebih tinggi dibandingkan dengan pemeliharaan di kolam biasa. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi pembudidaya.

Mengingat saat ini harga pakan yang cukup tinggi. Dengan adanya sistem bioflok maka pengubahan pakan menjadi daging pada ikan bisa lebih ditingkatkan.

3. Lebih Hemat Air

Keuntungan menggunakan sistem bioflok yaitu lebih hemat air. Hal ini disebabkan pada budidaya lele bioflok terdapat mikroorganisme yang dapat berfungsi mengurai sehingga air menjadi tidak keruh, sehingga pergantian air tidak perlu dilakukan sesering mungkin sebagaimana yang dilakukan pada budidaya di kolam biasa. Tentunya hal ini juga tidak akan membuat bibit ikan stress dan juga dapat menghemat tenaga yang dikeluarkan.

4. Masa Panen yang Lebih Cepat

Karena efisiensi pakan yang lebih tinggi maka ikan lebih cepat gemuk. Hal ini membuat ikan yang dibudidaya lebih cepat panen dibandingkan dengan ikan yan dipelihara pada kolam biasa.

Dengan begitu, maka cara budidaya ikan lele bioflok semakin menguntungkan karena bisa lebih menghemat pakan yang digunakan. Tak heran jika banyak pembudiyakan ikan lele yang beralih ke sistem bioflok.

Itulah beberapa keunggulan dari budidaya ikan lele dengan sistem bioflok. Tentunya hal ini perlu diterapkan oleh para peembudidya ikan agar mendapatkan hasil panen yang lebih menguntungkan. Namun, akan lebih baik lagi jika UPT UPT di Indonesia ikut berperan memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar budidaya lele bioflok bisa dilakukan dengan benar.