Skip to content

Pemberian Pakan Ikan Gurame Berdasarkan Umur

2021 January 30
Comments Off on Pemberian Pakan Ikan Gurame Berdasarkan Umur
by SYAF AQIM NAFFA

Gurame adalah sejenis ikan tawar populer dan juga disukai atau dikonsumsi orang Asia Tenggara serta Asia Selatan. Selain itu, di berbagai negara-negara lain ikan gurame sering juga dipelihara di dalam akuarium. Anda harus tahu bagaimana menyiasati makanan atau pakan gurame supaya lebih hemat serta lebih efisien termasuk harus sesuai umur. Hal ini perlu dipahami bagi Anda yang menilai budidaya ikan gurame untuk sebagai ladang bisnis.

Jenis Pakan sesuai Umur Ikan Gurame

Berikut ini akan dibahas hal penting seputar pemberian pakan untuk gurame termasuk pakan ikan gurame.

  • Untuk gurame yang berumur baru 10 hari, maka kamu bisa memberikan kuning telur dan dedak halus.
  • Sedangkan untuk gurame yang 10 hari lebih umurnya sampai dengan 1,5 bulan, maka kamu bisa memberi telur semut besar merah atau kroto atau juga cacing sutra.
  • Lalu sementara untuk jenis ikan gurame berumur 1,5 sampai 3,5 bulan, maka kamu sudah bisa memberikan makanan ikan dari hewan serta daun-daunan.
  • Untuk gurame berumur 3,5 sampai 8 bulan, maka kamu bisa memberikan makanan yang berasal dari berbagai tumbuhan air.
  • Ikan gurame berumur 8 hingga sampai 12 bulan, maka kamu sudah bisa memberikan ikan gurame tersebut daun-daunan serta pelet. Termasuk juga sama jika umur ikan sudah 12 bulan lebih.

Tips Pemberian Pakan pada Ikan Gurame

Kamu bisa tetap memberikan ikan gurame tersebut berbagai jenis daun-daunan dan juga pelet. Kalau kamu ingin guramenya cepat tumbuh, kamu juga bisa memberi enzim papain 2 % dari pakan/ pellet ikan gurame yang diberikan. Jangan lupa memberikan makanan ikan gurame secukupnya saja supaya kualitas air kolam pemeliharaan gurame milik kamu selalu bisa terjaga dan dalam kondisi baik. Dengan begitu, maka ikan gurame bisa tumbuh maksimal.

Dalam membudidayakan ikan gurame, maka diperlukan pakan ikan gurame bagus tentunya. Umumnya pakan ikan gurame yang bagus bisa mendukung pertumbuhan dengan cepat. Biasanya digunakan pakan pabrikan untuk menunjang hal tersebut. Secara umum maka pakan pabrikan ikan gurame mempunyai harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan pakan yang merupakan racikan sendiri.

Tips Tambahan Seputar Benih Ikan Gurame

Efisiensi benih gurame bisa dilihat dari segi umur dan juga laju pertumbuhannya. Dalam memelihara gurame yang dipanen 500 gram, maka sebaiknya memakai benih 100 gram dan berumur satu tahun lebih. Benih ikan gurame yang dipelihara harus berasal dari penangkaran juga yang tak begitu jauh kalau dari lokasi pembesarannya.

Dengan begitu, waktu adaptasi ikan gurame bisa lebih efisien termasuk adaptasi konsumsi pakan ikan gurame. Sementara populasi penebaran ikan gurame berkisar 10 sampai 15 ekor/ m². Lalu untuk mencapai bobot 500 gram, maka dibutuhkan pemeliharaan 6 sampai 7 bulan serta resiko kematiannya 20 hingga 25 %.

Kapankah Waktu Yang Tepat Untuk Memanen Ikan Gurame?

2021 January 27
Comments Off on Kapankah Waktu Yang Tepat Untuk Memanen Ikan Gurame?
by SYAF AQIM NAFFA

Kalau mau mulai bisnis budidaya ikan pasti yang akan dicari tahu dulu adalah kapan waktunya panen. Sebab kalau sudah tahu waktu panennya bisa memperhitungkan berapa pengeluaran dan berapa penghasilannya setelah panen. Jika ikan yang dibudidaya itu ikan gurame pasti ada yang juga bertanya panen ikan gurame berapa bulan, sebab waktu panen ikan ini berbeda dengan ikan lainnya. Ikan gurame baru bisa dipanen kalau ikan tersebut itu sudah masuk usia 6 sampai 8 bulan.

Kendala yang Dialami saat Menjalankan Budidaya Ikan Gurame

Menjalankan bisnis jelas ada kendalanya apalagi kalau bisnisnya adalah budidaya ikan seperti ikan gurame pasti muncul banyak sekali kendala. Untuk tahu kendalanya apa saja berikut penjelasannya.

  • Ikan Sering Mati

    Kendala pertama adalah ikan gurame sering mati, memang tidak selalu yang namanya bisnis itu lancar apalagi kalau budidaya ikan juga seperti itu.

    Ikan yang sering mati ini juga terjadi kalau melakukan budidaya gurame, penyebabnya karena ikan gurame itu daya tahan tubuhnya rendah sekali.

    Jika air tidak bersih atau tidak jernih bisa menyebabkan ikan gurame itu mati, makanya perlu sekali menjaga kebersihan kolam dan harus tahu juga panen ikan gurame berapa bulan.

  • Tubuh Ikan Cacat

    Kendala kedua adalah tubuh ikan yang tidak normal alias cacat, ikan yang tubuhnya cacat tidak mungkin akan mahal harga jualnya.

    Makanya kalau ada banyak yang cacat tubuhnya pasti mengurangi pendapatan waktu panen, penyebab ikan sampai tubuhnya cacat ini dikarenakan ikan sudah terlalu besar dan kolam kecil.

    Sehingga ikan jadi sering bertarung untuk mempertahankan teritorinya, supaya tidak direbut ikan lainnya.

  • Ikan Tidak Cepat Besar

    Kendala ketiga adalah pertumbuhan ikan yang sangat lambat, ikan gurame memang bukan termasuk ikan cepat besar.

    Tetapi kalau dari awal memasukkan ke kolam tidak ada perubahan ukuran berarti ada yang salah.

    Biasanya karena benih ikan tersebut memang tidak bagus makanya mau diberikan pakan terbaik pun percuma karena tidak mempengaruhi proses pertumbuhan ikan.

  • Ada Jamur Di Tubuh Ikan

    Kendala keempat adalah tubuh ikan dipenuhi jamur, adanya jamur dan juga ada cacat di tubuh ikan sama-sama mempengaruhi harga ikan.

    Harga ikan gurame yang harusnya mahal karena ada jamur jadi murah sekali, tumbuhnya jamur di tubuh ikan tersebut dikarenakan kualitas air yang jelek sekali.

Nilai Jual Ikan Gurame Tahun 2021

Kalau bertanya panen ikan gurame berapa bulan dan juga bertanya harga jual dari ikan gurame maka jawabannya mudah sekali diperoleh. Kalau panen ikannya memang terbilang lama makanya harus bersabar tetapi lamanya menunggu panen tersebut tidak sia-sia sebab setelah panen pasti dapat uang banyak. Sebab untuk 1 kg ikan gurame yang kondisinya bagus dihargai 65 sampai 7 ribu, kalau panennya sampai ratusan kg jelas keuntungannya besar.

Inilah 7 Investasi untuk Mahasiswa

2021 January 26
Comments Off on Inilah 7 Investasi untuk Mahasiswa
by SYAF AQIM NAFFA

Belakangan ini begitu marak campaign seperti merdeka finansial dan success before 30 yang berseliweran di berbagai media sosial. Ditambah dengan banyaknya seminar di lingkungan kampus yang membahas tentang financial goals, financial plan, dan juga investasi untuk mahasiswa. Salah satu jalan untuk mendapatkan kemerdekaan finansial yang trendnya sangat tinggi sekarang adalah dengan berinvestasi.

7 Investasi yang cocok untuk mahasiswa

1. Investasi Bisnis

Investasi untuk mahasiswa yang pertama adalah investasi bisnis, mengapa investasi ini sangat cocok untuk mahasiswa? Karena investasi bisnis sifatnya sangat fleksibel, bisa dilakukan selepas perkuliahan di kampus selesai. Investasi ini sangat marak sekali, seperti contohnya mahasiswa yang berkuliah sambil berjualan baju, makanan, barang atau jasa lainnya. Dengan dukungan teknologi seperti banyaknya marketplace, investasi ini sangat bisa menjadi pilihan mahasiswa.

Produk dari investasi bisnis sendiri biasanya lebih mudah karena kita dapat memilih produk apa yang akan kita jual. Sehingga investasi ini bisa diperkirakan berapa besaran modal awal yang harus disiapkan untuk membangun bisnis tersebut.

2. Deposito

Deposito adalah investasi yang tergolong dalam kategori investasi jangka pendek. Keuntungan yang didapatkan dari investasi ini adalah berupa bunga yang tinggi, namun deposito tidak memberikan kebebasan untuk kita mengambil uang yang menjadi modal awal beserta keuntungannya setiap waktu karena investasi ini adalah salah satu investasi yang mengikat secara waktu (tergantung perjanjian pihak bank dan nasabah diawal).

Selain aman, deposito juga investasi yang prosesnya mudah karena kita hanya perlu membuka rekening deposito seperti membuka rekening tabungan biasanya. Sebelum memutuskan untuk deposit, sebaiknya kita ketahui dulu berapa presentase bunga yang bisa di dapatkan dari bank yang akan kita pilih dengan cara mengecek di internet atau bisa juga ditanyakan langsung pada pihak bank.

3. Investasi Logam mulia

Investasi untuk mahasiswa selanjutnya adalah pada logam mulia, jika dilihat dari grafik kenaikannya setiap tahun logam mulia hampir selalu mengalami kenaikan, apalagi dalam jangka panjang investasi ini begitu menjanjikan. Secara keseluruhan, investasi logam mulia ini sangat mudah karena, selain kita bisa membeli emas lalu menyimpannya sendiri, sekarang ada yang namanya tabungan emas.

Tabungan emas tidak jauh berbeda dengan menabung biasa, hanya yang membedakan adalah nominal tabungan kita bisa dikonversi dalam bentuk emas, sehingga ketika harga emas sedang tinggi, disana kita mendapat keuntungan. Disisi lain, logam mulia juga aman dari yang namanya inflasi.

4. Reksadana

Siapa sih yang tidak tahu investasi reksadana? Kalau ada, sebaiknya silahkan dipelajari bentuk investasi yang satu ini di sini. Karena investasi ini selain mudah, fleksibel, juga tidak begitu menguras tenaga, selain itu reksadana juga murah sehingga sangat cocok jika dijadikan pilihan investasi untuk mahasiswa. Reksadana juga memberikan fleksibilitas kepada investor karena investor bisa memilih instrumen investasi lebih dari satu atau dalam dunia investasi biasa disebut diversifikasi.

Selain simpel dan mudah dipelajari, reksadana memiliki keuntungan lain seperti likuiditas yang tinggi, tingkat resiko rendah dan keuntungan yang tinggi. Sistem kerja reksadana adalah dengan menggabungkan modal dari beberapa investor untuk dijajahkan di pasar saham, investor juga tidak perlu pusing untuk mengelola modal investasinya karena dalam reksadana sudah ada yang mengatur yaitu manajer investor (MI).

5. Investasi pada saham

Investasi untuk mahasiswa lainnya adalah investasi saham, kegiatan ini adalah kegiatan yang secara resmi menjadikan investor sebagai salah satu seorang pemilik perusahaan pada pasar modal, namun besarannya tergantung berapa persen saham yang ditanam pada perusahaan yang bersangkutan. Investasi ini memberikan sebuah keuntungan berupa capital gain dan relasi yang lumayan luas.

Keuntungan dari investasi saham ini berbanding lurus dengan tingkat resiko yang diterima oleh seorang investor, sehingga sebelum masuk pada investasi jenis ini, sebaiknya mempelajari teknik-teknik yang menunjang. Investasi jenis ini juga dapat dipelajari berdasarkan trend, sehingga investor bisa menyiapkan strategi yang pas.

6. Peer to Peer Lending (P2P Lending)

P2P Lending adalah investasi untuk mahasiswa yang direkomendasikan selanjutnya, investasi ini cenderung mudah karena bisa dimulai dengan modal 100rb saja. Investasi ini adalah salah satu bentuk dari kemajuan teknologi karena sistem dari investasi ini adalah online.

Sederhananya, bentuk investasi ini adalah meminjamkan modal kita melalui platform penyedia jasa p2p lending, lalu modal tersebut akan diteruskan kepada perusahaan yang membutuhkan modal. Keuntungan investasi ini sangat besar, namun resikonya juga begitu besar.

7. Obligasi

Obligasi adalah jenis investasi berupa peminjaman dana terhadap sebuah perusahaan, seseorang yang berinvestasi pada obligasi ini, maka akan menerima bukti berupa surat dari perusahaan peminjam dana. Keuntungan dari investasi ini berupa kupon atau bunga, kupon dari obligasi ini dibedakan menjadi 3 kupon; kupon mengembang, kupon tetap, dan kupon jatuh tempo atau zero coupon bond.

Investasi obligasi selain didukung pemerintah dengan melalui pengawasan otoritas jasa keuangan (ojk) juga didukung dengan adanya Obligasi Negara Ritel atau disingkat ORI. Obligasi jenis ini akan diperjualbelikan oleh negara kepada perseorangan warga negara Indonesia dengan jumlah besaran yang telah ditentukan oleh negara.

Sebenarnya masih ada beberapa investasi lainnya yang bisa dipelajari, hanya saja investasi yang dapat dilakukan dengan modal yang relatif rendah dan mudah dilakukan adalah 7 investasi untuk mahasiswa pilihan diatas. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk pembaca dan mampu memicu mahasiswa untuk mempelajari dan melakukan investasi sedini mungkin.

Berbagai Hal Mengenai Pengertian Reksadana Syariah yang Wajib Diketahui

2021 January 22
Comments Off on Berbagai Hal Mengenai Pengertian Reksadana Syariah yang Wajib Diketahui
by SYAF AQIM NAFFA

Dewasa ini, berinvestasi tidak hanya dapat dilakukan melalui membeli barang-barang fisik saja. Sesuatu yang tidak benar-benar dapat dipegang atau nampak dapat menjadi salah satu alternatif untuk menggandakan uang yang dimiliki secara legal. Sudah banyak diketahui bahwa reksadana adalah suatu tempat pengelolaan modal untuk berbagai investor dengan bermacam hal yang ada. Jika menggunakan prinsip dan kaidah yang ada dalam ajaran agama Islam, tergolong sebagai jenis yang Syariah. Untuk memahaminya lebih lanjut lagi, berikut ulasan lengkap tentang pengertian reksadana syariah.

Ulasan Lengkap Pengertian Reksadana Syariah

1. Definisi Reksadana Syariah

Investasi mempunyai berbagai jenis, salah satunya yaitu reksadana syariah ini. Nilai-nilai syariah benar-benar ditekankan ketika melakukan segala prosesnya. Pengertian reksadana syariah ini yaitu Investasi yang satu ini hanya akan melakukan kegiatannya dengan bermacam produk yang tercatat Daftar Efek Syariah. Daftar tersebut dikeluarkan secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Portofolionya dapat berupa sukuk, saham syariah, dan juga efek yang lainnya.

2. Perbedaan dengan Reksadana Konvensional

Ini merupakan unsur pokok dalam berinvestasi melalui cara yang islami ini. Ciri yang menonjol dari reksadana ini yaitu adanya mekanisme “Pembersihan Kekayaan Reksadana Syariah dari Elemen-Elemen yang Tidak Halal”. Dengan memahaminya, maka akan dapat lebih jelas mengerti pengertian reksadana syariah.

Hal tersebut dilakukan karena sewaktu-waktu reksadana ini dapat mengandung hal-hal tertentu yang membuatnya tidak syariah lagi. Oleh sebab itulah wajib diadakan upaya pembersihan atau sering disebut dengan cleansing kekayaan hasil dari reksadana. Kegiatan tersebut diselesaikan oleh Manajer Investasi.

Pembersihan tersebut merupakan suatu upaya untuk mencocokkan kembali portofolio Reksadana Syariah pada saham dengan Daftar Efek Syariah paling baru yang sudah diberlakukan dengan baik. Jika ternyata setelah proses penyocokan tersebut didapati adanya modal yang termasuk dalam kriteria yang tidak halal lagi, maka akan secara langsung dikeluarkan dari daftar reksadana yang dimiliki.

Semua investasi yang dilakukan wajib sesuai dengan fatwa dari Dewan Syariah Nasional oleh Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Segala hal yang ada didalamnya tentu diawasi oleh dewan yang merupakan bagian dari MUI tersebut. Ini merupakan sesuatu yang penting agar jenis investasi ini tetap sesuai dengan pengertian reksadana syariah.

3. Macam macam Reksadana Syariah

Untuk memahami pengertian reksadana syariah lebih dalam lagi, maka perlu mengetahui apa saja jenis dari reksadana yang satu ini. Pertama yaitu reksadana saham syariah. Pada jenis yang satu ini maka setidaknya 80% dari modal yang ditanamkan akan diarahkan untuk membeli saham pada pasar modal. Tentu saja hal ini dilakukan untuk memutar uang yang dimiliki dari nilai aktiva bersih. Hal ini mengarah pada resiko tersendiri karena saham memang cenderung naik turun sehingga tidak dapat diprediksi secara akurat.

Selanjutnya yaitu reksadana pasar uang. Ini merupakan usaha yang menempatkan biaya yang dimiliki kepada pasar uang syariah di Indonesia. Mata uang yang dipilih dapat menggunakan mata uang negara asing seperti Dollar AS, Yen Jepang, dan lain sebagainya. Sehingga tidak hanya menggunakan Rupiah saja. Tetapi investor dapat menggunakan mata uang lain sehingga mendapatkan hasil dengan nominal yang berbeda pula.

Ada juga reksadana syariah campuran. Jenis ini akan mengalokasikan dana paling banyak 79% pada sebuah instrument yang ada pada bursa efek syariah. Efek tersebut dapat bersifat tetap ataupun ekuitas sesuai dengan pilihan yang diambil. Hal ini juga dapat dikombinasikan dengan pasar uang yang ada di dalam negeri serta gabungan instrumen-instrumen yang lainnya.

Selain itu, ada juga reksadana syariah luar negeri. Jenis investasi yang satu ini menggunakan basis dari negara lain. Efek Syariah dari negara asing haruslah berasal dari salah satu atau lebih anggota yang menyetujui secara total Multilateral Memorandum of Understanding Concerning Consultation and Coopertation and the Exchange of Information (IOSCO MMOU). Dengan demikian, dana yang dialokasikan dapat terjaga sehingga aman dan pastinya berpegang pada prinsip-prinsip Agama Islam.

Sedangkan reksadana syariah terproteksi menekankan pada alokasi dana di efek Syariah berpendapatan tetap setelah diterbitkan. Jumlahnya minimal ada pada angka tujuh per sepuluh dari semua aset yang dimiliki. Sisasnya akan berada di saham pada efek luar negeri. Sedangkan reksadana syariah pendapatan tetap sendiri adalah usaha investasi yang mengalokasikan 80% dari aktiva bersih melalui efek atau obligasi syariah. Hal tersebut membuat keuntungan yang akan didapatkan cenderung tetap dan tidak fluktuatif.

Jenis terakhir yakni reksadana syariah berlandaskan sukuk. Ini merupakan pengelolaan portofolio yang menempatkan setidaknya 85% dari total yang diinvestasikan ke dalam sukuk. Suku sendiri adalah surat utang dari negara yang berbasis dengan ajaran Islam. Negara tersebut menawarkannya kepada negara Indonesia. Selain itu, sukuk juga dapat berbentuk surat berharga komersial yang memiliki masa minimal satu tahun danjuga Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

4. Limitasi yang berlaku

Dalam pengertian reksadana syariah, terdapat batasan-batasan yang harus dipahami terlebih dahulu. Inilah yang nantinya akan membuat usaha investasi yang dilakukan tetap berpatok pada ajaran Islam. Diantaranya yaitu perusahaan yang dituju tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang haram seperti riba, judi, dan lain sebagainya. Selain itu, rasio tertinggi dari utang aset perusahaan adalah 45 persen. Terakhir yaitu perusahaan penghasilan yang termasuk tidak Syariah paling banyak sepuluh persen dari totalnya.

Memilih reksadana merupakan salah satu hal yang bijak untuk dilakukan. Jika ingin lebih aman terhadap segala hal yang dilarang oleh agama, maka dapat menggunakan jenis syariah. Untuk mempelajarinya harus dimulai dengan pemahaman mendalam dari pengertian reksadana syariah terlebih dahulu. Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai Reksadana bisa di Anda baca di https://www.makaryo.net

Beragam Laptop Dibawah 5 Juta dengan Spesifikasi Super

2021 January 20
Comments Off on Beragam Laptop Dibawah 5 Juta dengan Spesifikasi Super
by SYAF AQIM NAFFA

Dalam dunia digital keperluan dan kebutuhan menggunakan laptop cukup penting dan kerap kali dilakukan. Laptop merupakan sebuah benda yang wajib dimiliki oleh seseorang yang padat beraktivitas. Laptop digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari pekerja kantoran hingga anak sekolah. Dimana laptop sendiri merupakan sebuah PC yang dapat dibawa kemanapun dengan mudah dan nyaman.

Berbagai kegiatan seperti mengerjakan laporan hingga memindahkan beragam data bahkan menonton dapat dengan mudah dilakukan menggunakan laptop tersebut. Berikut merupakan rekomendasi laptop dibawah 5 juta yang nyaman digunakan keseharian. :

1. HP Notebook -14s

HP Notebook-14s merupakan laptop kelas menengah yang memiliki kapasitas besar pada harga laptop dibawah 5 juta. Tentunya, untuk kualitas sudah patut tidak dipertanyakan kembali. Operating systemnya menggunakan Intel Celeron yang dapat mendukung berbagai kegiatan dengan mudah dan nyaman. Selain itu, laptop ini dapat standby dalam waktu cukup lama yakni 8 jam. Beragam port juga tersedia dalam laptop berukuran 14 inci ini. Port USB type-C, port 2 USB hingga HDMI serta microphone disediakan.

2. Lenovo Ideapad S145

Beberapa tahun terakhir, Lenovo menyajikan laptop produksinya dengan gaya baru yang diberi nama Ideapad. Laptop ini dapat dibentuk hingga 180o yang memberikan kenyamanan dalam menggunakannya. Hadir dengan layar 14 inci dengan SSD mencapai 256GB membuat produk laptop ini banyak diincar masyarakat. Lenovo Ideapad S145, memiliki waktu standby hingga 6 jam yang dapat digunakan mendukung beragam aktivitas harian anda. Terlebih, audio yang digunakan oleh laptop ini sangat jernih didukung dengan tampilannya yang sangat baik sekali.

3. Asus VivoBook X441BA

Laptop Asus ini mendukung berbagai kegiatan khususnya dalam multimedia. Dengan beragam spesifikasi miliknya, laptop ini mampu membantu anda mengedit ragam video. Dengan kapasitas penyimpanan besar, didukung dengan operating system AMD dapat menjadi kelebihan laptop ini. Bagi anda yang mencari laptop untuk editing dengan harga terjangkau maka anda tahu jawabannya.

4. Dell Inspiron 14 3482

Laptop ini memiliki kelebihan harga laptop dibawah 5 juta dan dapat digunakan dengan baik pada suhu rendah -40 oC hingga suhu terpanas yakni 65oC. Otomatis laptop ini dapat digunakan standby dalam waktu lama dan tahan digunakan seharian. Dengan penyimpanan yang besar dan menggunakan Intel Celeron, membuat laptop ini patut dipertimbangkan bagi anda yang memiliki aktivitas padat.

5. Zyrex Laptop SKY 232/S2

Laptop ini memang sedikit asing bagi anda. Laptop ini merupakan buatan lokal untuk anda yang beraktivitas ringan. Dengan penyimpanan 128GB dan waktu standby yang cukup lama 6 jam, laptop ini dapat anda pertimbangkan. Intel Celeron menjadi CPU untuk laptop ini. Sehingga anda dapat mencintai produk lokal dengan laptop ini.