Activity

  • Yuliviana Andika Lestari posted an update 1 month, 3 weeks ago

    Nama: Yuliviana Andika Lestari
    Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
    Pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah bahkan Badan Usaha Milik Negara. mempunyai tanggungjawab atau tugas kepada masyarakat yaitu berupa pelayanan publik. Tugas dari pemerintah sendiri yakni mampu menyelenggarakan dan melaksanakan tugas-tugas pemerintahannya. Pelayanan publik adalah hak bagi setiap warga negara baik pelayanan berupa barang atau jasa maupun pelayanan dalam bentuk administrasi. Pada era saat ini tuntutan pelayanan publik terus mengalami perkembangan seiring dengan sadarnya masyarakat akan hak untuk dilayani pemerintah, dan kewajiban dari pemerintah untuk mampu memenuhi hak dari masyarakat. Menurut Lenvine (1990:188), di dalam sebuah negara yang demokrasi, paling tidak terdapat tiga indikator yang memenuhi pelayanan publik, yakni responsiviness, responsibility, dan accountability. Responsiviness adalah kepekaan dari pelaku penyedia pelyanan publik terhadap kebutuhan dari pelanggan atau konsumen dari pelayanan publik. Responsibilty adalah merupakan ukuran maupuk tolak ukur bagi pelaku pemberi pelayanan publik atas seberapa jauh pemberian pelayanan publik yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. Accountability adalah ukuran dalam menunjukkan seberapa jauh proses dalam penyelenggaraan pelayanan apakah dirasa sudah sesuai dengan keinginan para stakeholders yang berdasarkan norma yang ada di masyarakat. Kualitas pelayanan suatu pelayanan yang diinginkan oleh masyarakat yang terdiri dari berbagai urusan dan kebutuhan masyarakat, baik dari tingkatan yang sederhanan sampai ke tingkat yang kompleks. Menurut Tjiptono dalam Mansyur ada tiga tingkatan yang diharapkan oleh pelanggan atau konsumen mengenaik kualitas pelayanan, yakni: tingkat yang paling sederhana yaitu “Harus Bisa” jaminan bahwa masyarakat dapat merasakan pelayanan dari pemerintah. Tingkat menengah adalah adanya harapan dari masyarakat untuk mendapatkan pelayanan secara maksimal. Tingkatan tinggi adalah masyarakat mendapatkan rasa senang dan nyaman. Menurut Albrecht dan Zemke (1990:41), kualitas pelayanan publik adalah gabungan dari beberapa aspek yang terdiri dari sistem pelayanan, sumber daya manusia pemberi pelayanan, strategi, dan pelanggan. Pemerintah beserta aparaturnya terus melakukan berbaga cara dan upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik perlu adanya strategi dari pemerintah, beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pelayanan publik adalah:
    1. Adanya peningkatan kualitas dari perilaku serta profesiol para aparatur pemerintah
    Hal tersebut adalah salah satu kunci dalam menciptakan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat. Sebab saat ini banyak sekali keluhan dari masyarakat mengenai kurang atau belum maksimalnya para sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Belum optimalnya kualitas sumber daya yang dimiliki oleh instansi atau lembaga lain juga menjadi salah satu alasan mengapa masih sering terjadinya diskriminasi penyelenggaraan pelayanan publik. beberapa masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik, beberapa mendapat pelayanan yang seadanya. Hal tersebut menjadikan peningkatan sumber daya manusia dirasa sangat penting dalam peningkatan pelayanan publik.
    2. Kebijakan pelayanan publik yang tidak terlaku kaku dan tidak berbelit-belit
    Diharapkan dengan tercipatnya kebijakan tentang peningkatan pelayanan publik mampu menaikkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat secara efektif, efisien dan akuntabel. Salah satu tujuan dari terciptanya kebijakan tersebut adalah mampu menghapus pandangan dan citra masyarakat terhadap pelayanan publik yang mungkin selama ini cenderung dinilai ribet, berbelit-belit, borosm dan memakan waktu yang lama. Dengan adanya kebijakan maka diharapkan mampu mengubah pandangan masyarakat serta masyarakat merasa puas untuk setiap layanan yang diberikan. Contoh bentuk kebijakan tersebut adalah membuat standar pelayanan minimal yang merupakan kebijakan dalam mengatur jenis dan mutu pelayanan dasar yang seharusnya diterima oleh masyarakat. Selain untuk mempercepat proses dari pelaksanaan pelayanan, dengan adanya standar pelayanan minimal tersebut bertujuan agar pelayanan dirasa lebih transparan dan akuntabilitasnya terhadap masyarakat. Dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan dapat meminimalisir atau bahkan menghindari dari kegiatan atau perilaku yang menyimpang dari aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan.
    3. Peningkatan fasilitas dalam pelayanan publik
    Selain dua aspek yang sudah dijelaskan sebelumnya, peningkatan fasilitas merupakan salah satu aspek yang dirasa perlu mendapat perhatian. Dengan adanya peningkatan fasilitas dalam pelayanan publik diharapkan dapat meningkatkan serta menunjang kualitas pelayanan publik. Dengan perkembangan teknologi saat ini yang sudah semakin canggih diharapkan pula dapat memanfaatkan teknologi tersebut sebagai peningkatan kualitas pelayanan publik. Peningkatan ini tentunya dapat berupa fasilitas fisik serta non fisik. Dengan adanya prasarana ini tanpa disadari atau tidak akan mempercepat dalam membangun dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Untun dapat menerapkan hal tersebut dibutuhkan alokasi dana untuk mampu menyediakan sarana dan prasarana. Dengan tersedianya sarana dan prasarana tersebut, maka diharapkan kendala yang selama ini menghambat proses pelayanan publik dapat dihindari dan diatasi.
    Referensi
    Jamaluddin, Yanhar. 2016. Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal TAPIs. Vol 12(1): 55-68
    Pratama, M Hamdani. 2015. Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif Tentang Strategi Uptd Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor). Kebijakan dan Manajemen Publik. Vol 3(3): 90-98