Activity

  • Siska rahmawati posted an update 1 month, 3 weeks ago

    INOVASI PELAYANAN : BEBERAPA PENGALAMAN PRAKTIS
    PELAYANAN PUBLIK DAN PENERAPAN ELEKTRONIK GOVERNMENT
    A. Definisi Pelayanan Publik
    Segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    B. Definisi e-government
    E-Government ialah pemakian ataupun penggunaan teknologi informasi yang akan meningkatkan hubungan diantara pemerintah dengan pihak-pihak yang lainnya. Ataupun pengertian dari e-government yang lainnya ialah sebuah kependekan dari elektronik pemerintah atau yang dapat dikenal dengan e-gov, pemerintah digital, online pemerintah atau juga pemerintah transformasi.
    C. Fungsi e-government
    Fungsi e-government ialah untuk bisa meningkatkan mutu dari pelayanan publik, dengan menggunakan pemanfaatan teknologi informasi. Serta komunikasi di dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah agar bisa terbentuk kepemerintahan yang bersih, transparan serta agar bisa untuk menjawab tuntutan perubahan dengan efektif.

    D. Tujuan e-government
    • Pembentukan jaringan informasi dan transaksi layanan publik yang tidak dibatasi sekat waktu dan lokasi, serta dengan biaya yang terjangkau masyarakat.
    • Pembentukan mekanisme dan saluran komunikasi dengan semua lembaga negara serta penyediaan fasilitas dialog publik.
    • Pembentukan sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien, serta memperlancar transaksi dan layanan antar lembaga pemerintah.
    E. Manfaat e-government
    • Untuk dapat memperbaiki sebuah kauliatas layanan dari pemerintahan pada para stakeholder, yang utama ialah di dalam hal-hal kinerja efektivitas dan juga efisiensi pada berbagai bidang kehidupan bernegara.
    • Supaya meningkatkan transparansi kontrol dan juga akuntabilitas penyelenggraan pemerintahan yakni di dalam sebuah rangka penerapan kosep Good Corporate Governance.
    • Agar dapat mengurangi dengan signifikan total dari biaya administrasi, relasi beserta interaksi yang juga dikeluarkan oleh pemerintah untuk kepentingan dari aktivitas sehari-hari.
    F. Jenis e-government
    1. Government to Citizen ( G2C )
    Sebuah teknologi informasi yang memiliki sebuah tujuan untuk dapat memperbaiki hubungan interaksi diantara pemerintah dengan masyarakat serta untuk mempermudah masyarakat di dalam mencari berbagai informasi mengenai pemerintahan.
    2. Government to Business ( G2B )
    Sebuah tipe dari hubungan pemerintah dengan bisnis. Di karenakan sangatlah dibutuhkan seorang relasi yang sangat baik, diantara pemerintah dengan kalangan bisnis. Dan tujuannya ialah demi sebuah kemudahan berbisnis masyarakat dari kalangan pembisnis.
    3. Governmeent to government ( G2G )
    Sebuah web pemerintahan yang dibuat dengan tujuan agar dapat memenuhi berbagai macam dari informasi yang dibutuhkan diantara pemerintah yang satu dengan pemerintah lainnya, dan untuk memperlancar dan juga mempermudah sebuah kerjasama diantara pemerintah-pemerintah yang bersangkut.
    4. Goverment to Employees ( G2E )
    Sebuah tipe hubungan yang juga ditujukan supaya para pegawai pemerintahan ataupun pegawai negeri dapat meningkatkan kinerja beserta kesejahteraan dari para pegawai yang bekerja pada salah satu institusi pemerintah.

    G. E-procurement
    E-procurement adalah proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik dan berbasis web/internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komuniksi dan informasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik yang diselnggarakan oleh Pusat Layanan Pengadaan Secara Elektronik ( LPSE )

    H. Contoh kasus i-JUS MELON Kota Semarang
    Ijus Melon merupakan inovasi Pelayanan Publik berbasis elektronik yang dimana biasanya proses pembuatan izin usaha rumit dan menyita waktu di Kota Semarang tinggal cerita lama. Dengan system ijin usaha melalui online atau Ijus Melon yang dikembangkan oleh pemerintah Kota Semarang khususnya digagas oleh dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Semarang layanan pengurusan izin usaha hanya butuh waktu 4 menit saja dan mekanisme atau prosedur yang dilaluinya juga sederhana. i-JUS MELON mendapatkan reward sebagai 40 inovasi publik terbaik pada tahun 2017.
    Manfaatnya, Mempersingkat Waktu, Mendapat pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk, Mendapat dana bergulir tanpa agunan , Produk dari masyarakat dapat dikenal dengan menjadi salah satu bagian dari galeri Kota Semarang dan Meningkatkan omzet penjualan dan penyerapan tenaga kerja.