Activity

  • Oline thasya harahap posted an update 1 month, 3 weeks ago

    PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK

    KM adalah proses sistematis untuk menemukan, memilih, mengorganisasikan, menyarikan dan menyajikan informasi dengan cara tertentu yang dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam suatu bidang kajian yang spesifik. Menurut Davenport manajemen pengetahuan adalah proses menterjemahkan pelajaran yang dipelajari, yang ada dalam diri/pikiran seseorang menjadi informasi yang dapat digunakan setiap orang.
    Faktor yang penting dalam pelaksanaan KM adalah baik berupa tacit knowledge ataupun explicit knowledge. yang mampu di-sharing/transfer dalam institusi atau organisasi. Pengelolaan untuk tacit knowledge lebih sulit karena masih tersimpan dalam pikiran beberapa orang, sedangkan pengelolaan dari explicit knowledge ini lebih mudah karena sudah tercetak dalam bentuk buku, blog ataupun dokumentasi yang tersimpan didalam perusahaan).
    Salah satu contoh penerapan Knowledge Management dan Knowledge Sharing dalam lembaga pelayanan publik yaitu perpustakaan dengan sistem human library.
    Perpustakaan Manusia adalah sebuah organisasi yang pertama kali dimulai di Kopenhagen, Denmark pada tahun 2000. Perpustakaan ini bertujuan untuk mengatasi prasangka masyarakat dengan membantu mereka berbicara dengan mereka yang biasanya tidak mereka temui. Human library sudah diterapkan di beberapa negara antara lain India, inggris, Amerika, Denmark, dll.
    Konsep dari human library sendiri yakni menyediakan orang atau manusia sebagai “Buku Manusia” (Human Books) untuk dipinjamkan kepada pembaca yang ingin mengetahui perspektif lain dari sebuah isu melalui dialog langsung. Di sini kita bisa mengajukan pertanyaan dan menentang persepsi mereka tentang berbagai kelompok yang ada di masyarakat. Karena konsepnya yaitu manusia menjadi buku, maka bagi orang yang ingin menggunakan human library hanya datang ke tempat dimana human library diadakan lalu bertemu dengan orangnya sendiri yang berperan sebagai buku kemudian dilakukan wawancara atau dialog terkait informasi yang ingin dicari atau yang ingin ditanyakan.
    Human Library dirancang untuk membangun kerangka kerja positif untuk percakapan yang dapat menantang stereotip dan prasangka melalui dialog.
    Perpustakaan Manusia adalah tempat di mana orang-orang nyata dipinjamkan kepada pembaca.
    Tempat di mana pertanyaan sulit diharapkan, dihargai, dan dijawab.

    Daftar Pustaka

    Human Library. Diakses tanggal 21 Mei 2019 di http://humanlibrary.org/