Activity

  • mawaddah chika dea kirana posted an update 3 months ago

    Perbedaan situs jejaring sosial Academia.edu dengan LinkedIn

    A. Aplikasi Academia.edu

    Gambar situs web Academia.edu

    Academia.edu adalah sebuah situs jejaring sosial bagi seorang akademisi untuk berbagi makalah penelitian. Platform ini dapat digunakan untuk berbagi sebuah dokumen,memantau dampaknya, dan mengikuti penelitian dalam bidang tertentu. Jejaring sosial ini diluncurkan pertama kali pada bulan September 2008 dan saat ini situs academia.edu diakses lebih dari 2 juta pengguna yang terdaftar. Orang yang mengakses Academia.edu merupakan peserta dalam sebuah ilmu terbuka atau sebuah gerakan open akses untuk menanggapi kebutuhan yang didistribusikan oleh peneliti. Academia.edu didirikan oleh Richard Price. Didalam situs jejaring sosial academia.edu kita dapat sharing ilmu-ilmu melalui media sosial ini dan dalam situs jejaring sosial academia.edu ini terfokus pada pendidikan akademisi yang menyediakan bahan materi yang dibutuhkan oleh pengguna academia.edu. adapun fungsi dan manfaat dalam jejaring sosial academia.edu yaitu :
    1. Merupakan salah satu situs jejaring sosial, untuk membahas mengenai penelitian atau hal-hal yang berhubungan dengan akademik
    2. Pengguna dapat membaca hasil-hasil penelitian yang di publish oleh seorang peneliti pada menu home website academia.edu kita
    3. Pada situs jejaring sosial academia.edu selain dapat dibaca dapat pula di download
    4. Pengguna juga dapat sharing mengenai informasi akademik pada website ini
    5. Penggunaa dapat mengirimkan sebuah CV dalam situs jejaring sosial Academia.edu manfaatnya berbagi CV adalah jika ada sebuah pekerjaan yang sesuai dengan keilmuan kita.
    6. Memiliki sebuah alat khusus pada situs jejaring sosial academia.edu yang dapat memantau seberapa banyak artikel yang kita post dibaca atau di download
    7. Sebuah tempat publikasi karya ilmiah gratis yang dapat di baca dan didownload secara gratis.
    8. Cara bergabung pada situs jejaring sosial academia.edu sangat lah mudah yaitu dengan membuka situs http://www.academia.edu lalu sign up dengan akun facebook atau email.
    B. Aplikasi LinkedIn

    Gambar situs web LinkedIn

    Situs jejaring sosial LinkedIn adalah sebuah jejaring sosial yang mempunyai sebuah konsep unik yang dimana sebagian besar penggunanya adalah orang-orang profesional yang memiliki latar belakang bisnis. Situs jejaring sosial LinkedIn kerap dijadikan sebuah media untuk memperkenalkan diri atau memperkenalkan bisnisnya ke calon kolega atau perusahaan dengan tujuan yang beragam. Para pengguna situs jejaring sosial LinkedIn sengaja membuat akun media sosial ini bertujuan untuk memberikan sebuah nilai tambah kebisnis mereka dan sebagian lagi untuk mempromosikan diri agar dapat mencari sebuah partner bisnisnya. Situs jejaring sosial LinkedIn didirikan oleh perusahaan Reid Hoffman pada tahun 2002 dan saat ini kurang lebih 255 juta pengguna aktif dalam LinkedIn, dan di Indonesia menempati urutan ketiga sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna paling cepat per januari 2013. Manfaat yang diberikan oleh situs jejaring sosial LinkedIn :
    1. Membangun Profil Profesional
    LinkedIn merupakan media sosial bagi profesional memberikan layanan untuk membangun profil profesional. Tujuannya agar mendapatkan kesan awal yang baik dari profesional lainnya agar mendapatkan patner kerja dengan mudah.
    2. Memperluas Koneksi
    Selain mendapatkan kesan awal yang baik, jika kamu menggunakan situs jejaring sosial LinkedIn juga dapat memperluas koneksi untuk sukses berkarir. linkedIn membantu kamu untuk berinteraksi secara online dengan semua orang diseluruh dunia tanpa harus bertemu langsung. Koneksi merupakan salah satu faktor peenting dalam sebuah kesuksesan seseorang.
    3. Menjaga hubungan pertemanan dengan teman lama
    Situs jejaring sosial LinkedIn dapat membantu dalam menemukan teman-teman lama kamu yang memungkinkan ingin diajak untuk bekerjasama untuk membangun bisnis. Kemudahan yang ditawarkan oleh LinkedIn ini sangat bermanfaat karena pada dasarnya manusia cenderung lebih percaya kepada orang yang sudah dikenal sejak lama karena dalam membangun kerjasama berdasarkan rasa saling percaya yang tinggi akan membuahkan hasil yang tidak mengecewakan.
    4. Memudahkan dalam melamar pekerjaan
    Dalam situs jejaring sosial LinkedIn terdapat fitur yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan dari perusahaan-perusahaan ternama. Dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh LinkedIn ini tidak perlu buang-buang waktu,tenaga,biaya print untuk melamar pekerjaan secara langsung.
    5. Membuka kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan
    Banyak eksekutif perusahaan yang memiliki akun media sosial LinkedIn karena akses yang mudah untuk mengetahui data profesional lainnya dalam merekrut pegawai.
    6. Memperlihatkan keahlian
    Dalam situs jejaring sosial LinkedIn terdapat sebuah fitur yang menarik yang membuat kita dapat berkomunikasi dengan berbagai orang. Kamu dapat menunjukkan keahlian ketika mendapatkan sebuah pertanyaan terbuka dari orang lain. Cara kamu menjawab akan memberikan sebuah citra yang baik untuk kedepannya.
    7. Mendapatkan Informasi dan Inspirasi terbaru tentang pekerjaanmu
    LinkedIn menyediakan sebuah informasi dan inspirasi terbaru yang sangat berguna untuk diketahui oleh semua orang dan akan melancarkan pekerjaanmu nantinya.

    C. Kesimpulan perbedaan dari situs jejaring sosial Academia.edu dengan situs jejaring sosial LikedIn
    Perbedaan dari kedua media sosial tersebut terletak pada penggunaannya :
    1. Academia.edu
    sebuah situs jejaring sosial bagi seorang akademisi untuk berbagi makalah penelitian. Platform ini dapat digunakan untuk berbagi sebuah dokumen,memantau dampaknya, dan mengikuti penelitian dalam bidang tertentu. Academia.edu kita dapat sharing ilmu-ilmu melalui media sosial ini dan dalam situs jejaring sosial academia.edu ini terfokus pada pendidikan akademisi yang menyediakan bahan materi karya tulis ilmiah yang dibutuhkan oleh pengguna academia.edu. pengguna situs jejaring sosial academia.edu lebih disarankan digunakan oleh mahasiswa,dosen dan civitas akademika dalam melakukan penelitian karya tulis ilmiah.
    2. LinkedIn
    sebuah jejaring sosial yang sebagian besar penggunanya adalah orang-orang profesional yang memiliki latar belakang bisnis. Situs jejaring sosial LinkedIn kerap dijadikan sebuah media untuk memperkenalkan diri atau memperkenalkan bisnisnya ke calon kolega atau perusahaan dengan tujuan yang beragam. Para pengguna situs jejaring sosial LinkedIn sengaja membuat akun media sosial LinkedIn ini bertujuan untuk memberikan sebuah nilai tambah kebisnis mereka dan sebagian lagi untuk mempromosikan diri agar dapat mencari sebuah partner bisnisnya. Jadi sasaran untuk pengguna LinkedIn lebih ke orang yang sudah lulus sekolah atau kuliah untuk mencari sebuah pekerjaan atau mempromosikan bisnis mereka pada aplikasi LinkedIn.

    Daftar Pustaka :
    Endra,Robby Yuli. 2017 . “ cara daftar fungsi manfaat academia.edu situs share hasil penelitian”
    Teamin, Wiwit.2019. “academia.edu”
    Winarso, Bambang .2013. “ 8 langkah penting membuat Profil LinkedIn Terlihat Profesional”