Activity

  • Gadis Anggraini posted an update 1 month, 1 week ago

    Dampak Aplikasi Internet Pada Lembaga Informasi
    (Perpustakaan)

    Internet saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, internet menjadi kebutuhan primer yang dimana kebutuhan ini harus dipenuhi. Seperti contohnya saja sekarang komunikasi berhubungan dengan internet, pekerjaan kantor juga membutuhkan internet. Jika internet mati kegiatan manusia akan menjadi terhambat. Nah apa sih internet itu ?? apa keuntungannya bagi lembaga informasi khususnya perpustakaan ??
    Pengertian internet menurut O’Brian (2003, p10) adalah sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunannya lebih dari 200 negara. sedangkan pengertian internet menurut Allan (2005, p12) adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). Dapat diambil kesimpulan bahwa internet merupakan jaringan komunikasi global yang menghubungkan ribuan jaringan komputer dan perangkat elektronik lainnya.
    Keuntungan dari internet bagi perpustakaan apa saja ?? internet sebagai sumber belajar yang efektif bagi pelajar karena disana kita bisa mendapatkan segala macam informasi yang kita butuhkan. Keuntungan dari penerapan teknologi informasi melalui internet untuk perpustakaan, antara lain:
     Library Automation (otomasi perpustakaan), penerapan teknologi informaai khususnya komputer dan jaringannya untuk otomasi atau komputererisasi perpustakaan akan mempercepat pengadaan dan pemrosesan bahan pustaka, ada bebrapa aplikasi yang dirancang untuk mewujudkan otomasi perpustakaan, misalnya : DYNIX, CDS, NCIBookman, SIMPUS, dan UNSLA.
     Digital Library (perpustakaan digital)
     Electonic Library (perpustakaan elektronik)
     Communication
     Inforormation Retrieval (akses informasi)
     Document Delivery
     Sebagai promosi perpustakaan
     Information Dissemination (penyebaran informasi)
    Namun dibalik itu internet juga memberikan dampak negatif bagi lembaga informasi. Apa sajakah itu ?? dampak negatif yang ditimbulkan dari intenet dalam lembaga informasi sebagai berikut :
    1. Kemajuan teknologi akan memudahkan terjadinya sebuah pelanggaran seperti plagiarisme terhadap karya ilmiah.
    2. Penyalahgunaan pengetahuan seperti penyebaran informasi hoax.
    3. Banyaknya informasi yang buruk bisa memberikan pengaruh terhadap pengguna.
    4. Perpustakaan tidak lagi menjadi sumber informasi utama bagi pengguna.
    Sebelumnya telah disebutkan pengertian dari internet, dampak positif dan negatifnya. Sekarang akan saya sebutkan apalikasi internet yang digunakan dalam lembaga informasi khususnya pada perpustakaan itu apa saja :
     Aplikasi web
    Aplikasi web ini digunakan sebagai media atau profile atau juga bisa laman yang dimana bisa dimanfaatkan untuk pengenalan sebuah lembaga yang langsung berinteraksi dengan pengguna.
     OPAC
    Katalog yang berisikan cantuman bibliografi dari koleksi satu atau beberapa perpustakaan yang disimpan pada magnetic disk atau media rekam lainyya dan dibuat tersedia secara online kepada pengguna. Fungsinya sebagai sarana temu balik informasi dan juga sebagai sarana untuk memeriksa status suatu bahan pustaka serta fitur lain dalam OPAC.
     SLIMS
    SLIMS ini merupakan perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan sumber terbuka yang dilisensikan dibawah GPL v3. Fungsinya hampir sama dengan OPAC yakni sebagai sarana pencarian koleksi bahan pustaka dalam perpustakaan.
     Active Server Page (ASP) sebagi aplikasi untuk pemesanan bahan pustaka
    ASP merupakan suatu proses eksekusi yang terjadi di sisi server yang memungkinkan server untuk menjalankan perintah-perintah scripts dan komponen activex server. ASP ini memiliki fungsi sebagai pengeditan data, pencarian data, dan melihat informasi pesanan secara online.
     Komputasi Awan
    Komputasi awan ini merupakan teknologi yang memanfaatkan layanan internet yang menggunakan pusat server yang bersifat virtual dengan tujuan pemeliharaan data dan aplikasi. Aplikasi ini bermanfaat untuk menampung sumberdaya sebuah perpustakaan. Bisa menyimpan data koleksi bahan pustaka.

    Referensi
    Nabilla Ifada Maulidya, 2017. Manfaat dan Implementasi Internet di Perpustakaan. Diakses melalui https://offeringkaduapsip.wordpress.com/2017/10/27/manfaat-dan-implementasi-internet-di-perpustakaan/ (15 Maret 2019)