Activity

  • Afiyanti posted an update 1 month, 1 week ago

    Peran Pemerintah dan organisasi informasi dalam Pelayanan Publik
    Pelayanan publik terhadap seluruh masyarakat di Indonesia adalah sudah menjadi tanggungjawab pemerintah. Namun tidak dapat dipungkiri bahwan pelayanan publik banyak mengalami hambatan terutama dalam kualitas pelayanan. Ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan publik masih rendah. Secara garis besar bahwa pelayanan publik dianggap masih jauh dari prinsip-prinsip pemerintahan yang ideal. Pemerintah dalam menyelengarakan pelayanan publik masih banyak dijumpai kekurangan sehingga jika dilihat dari segi kualitas masih jauh dari yang diharapkan masyarakat. Adanya indikasi-indikasi yang dijumpai seperti pungutan biaya diluar ketentuan, dan keterlambatan penyelesaian uji kelayakan kendaraan bermotor. Pengujian kendaraan bermotor seharusnya pegawai benar-benar melakukan pengecekan sesuai Prosedur, akan tetapi pada kenyataannya tidak dilakukan hanya meminta sopir atau pemilik kendaraan menghidupkan mesin, lampu sen kiri dan kanan jika itu berfungsi maka sudah bisa dikeluarkan surat izin kelayakan.padahal sebenarnya banyak hal yang harus dicek ulang oleh petugas sesuai prosedur yang berlaku. Bagi petugas ada surat dan uang bayaran kelebihan itu sudah bisa diselesaikan ditempat.
    Selain itu aparatur pemerintah merupakan motor penggerak dalam pengembangan komunikasi organisasi, tanpa adanya peran aparatur pemerintah maka proses komunikasi organisasi tidak akan dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan, dan salah satu upaya penting dari proses komunikasi organisasi adalah perlu menciptakan system pelayanan yang baik. Dalam komunikasi organisasi yang berkaitan dengan bidang pelayanan biasanya dapat kita fahami antara lain melalui hubungan antara atasan dengan bahwa bagaimana melaksanakan pekerjaan yang maksimal, bagaimana sikap keterbukaan bawahan dalam melaksanakan tugas bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik, bagaimana proses administrasi yang dilakukan oleh aparatur pemerintah, serta perlu adanya peningkatan terhadap disiplin.
    Kepuasan dalam komunikasi informasi organisasi biasanya mencakup berbagai aspek terutama yang berkaitan dengan tingkat kepuasan seseorang atau setiap pegawai dalam mempersepsi lingkungan komunikasi secara keseluruhan. Dalam lingkungan organisasi komunikasi merupakan suatu proses penyebaran informasi. Kepuasan komunikasi organisasi dalam kaitan dengan proses pelayanan adalah kepuasan yang menunjukan baik tidaknya informasi yang tersedia dapat memenuhi persyaratan dalam proses pelayanan. Hal yang penting dalam proses komunikasi organisasi adalah bagaimana aparatur/pegawai dapat melaksanakan kegiatan pelayanan secara baik, yaitu dengan ketepatan waktu, tidak berbelit-belit, tidak birokratis, ada kepastian pelayanan, biayanya pelayanan murah, dapat dijangkau oleh seluruh anggota masyarakat.

    Daftar Pustaka
    1. Journal “Acta Diurna” Volume III. No.3. Tahun 2014
    2. Jom FISIP Volume 1 No. 2 – Oktober 2014