Anchor UB Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

27Mar/22Off

Cara Menggunakan Sound of text untuk Nada Dering

Populernya penggunaan nada dering yang unik menambah semangat baru untuk segera mengetahui dari siapa nada dering itu berasal. Seperti halnya aplikasi WhatsApp yang pada dasarnya mempunyai nada dering atau ringtone bawaan sendiri. Akan tetapi, pastinya Anda ingin mengganti nada dering tersebut sesuai selera Anda bukan?

Tidak perlu khawatir yang terlalu berlebihan karena artikel ini akan membantu Anda menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan bantuan text of sound dari Sound of Text. Anda bisa menggunakan layanan teknologi yaitu Sound of Text guna membuat nada dering sendiri.

Sudah pernah mendengar nada dering dengan suara - suara unik seperti suara Google wanita, ataupun para tokoh, kartun dan lainnya. Itulah nantinya yang akan Anda buat. Maka dari itu, jika Anda penasaran tentang layanan teknologi melalui situs ini segera simak selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Situs Sound of Text?

Buat Anda yang baru saja memasuki dunia baru, atau mencoba hal baru tentunya belum paham betul mengenai kecanggihan teknologi seperti ini bukan? Ya! Sebenarnya masih ada banyak lagi selain Sound of Text yang bisa membantu Anda.

bisa buat nada dering wa dari sound of text

bisa buat nada dering wa dari sound of text

Akan tetapi, dalam artikel ini akan membahas dan mereview terkait fitur - fitur di dalam situ Sound of Text tersebut. Jadi, jangan heran jika Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai apa itu sebenarnya Sound of Text?

Ya! Sound of Text merupakan sebuah layanan teknologi yang canggih melalui situs yang dapat mengubah teks menjadi bentuk audio atau suara. Audio atau suara yang dihasilkan nantinya tidak hanya suara rekaman biasa, akan tetapi bisa menggunakan suara - suara unik yang membuat Anda semakin bersemangat.

Selain itu, tentu Anda bisa menikmati fasilitas ini dengan gratis dengan batasan kata dalam teks kolom yang disediakan dari Sound of Text.

Awal mulanya teknologi semacam ini yaitu membuat suara dari teks diterapkan oleh Google Translate, dimana Google Translate akan membantu Anda para pengguna untuk mengetahui bagaimana pelafalan suatu kosakata ataupun kalian dengan berbagai bahasa yang dapat Anda pilih sendiri.

Maka dari itu, banyak bermunculan layanan teknologi sejenis yang dapat membantu Anda untuk membuat suara - suara unik guna dijadikan nada dering atau ringtone sebagaimana teknik nada dering nama sendiri. Salah satunya menggunakan situs Sound of Text.

Review Situs Sound of Text

Jika Anda sudah tahu apa itu sebenarnya Sound of Text, selanjutnya Anda akan mengetahui apa saja sebenarnya fitur - fitur di dalamnya.

1. Tampilan

Situs Sound of Text memberikan tampilan sederhana, hanya beberapa fitur yang ditawarkan yaitu ada tools About, Contribute, dan Learn. Halaman awal akan menampilkan langsung layanannya yaitu kolom teks untuk menulis teks dan voice guna memilih bahasanya.

Selain itu, warna dari desain sangat cantik perpaduan antara biru hijau dengan putih yang menambah kesan elegan.

2. Tools Sound of Text

Selain dari tampilan, ada beberapa fitur tools Sound of Text yang dapat Anda gunakan untuk lebih tahu secara mendetail apa itu sebenarnya Sound of Text. Karena dalam tools ini ada About, Contribute dan Learn.

About berisikan pemberitahuan secara resmi mengenai Sound of Text tersebut. Sound of Text akan membuat file audio atau suara MP3 dari teks yang Anda ketikan atau masukan, dan memungkinkan Anda untuk mengunduh atau memutar secara langsung menggunakan mesin teks ke ucapan.

Selain itu, juga menerangkan terkait kontak person yang dapat dihubungi jika ada sebuah pertanyaan atau kendala saat menggunakan situs Sound of Text, karena ada banyak ribuan orang yang menggunakan situs ini untuk berbagai tujuan tertentu. Jadi, gunakan situs untuk kegiatan yang positif dan membangun.

3. Tools Contribute atau Menyumbang

Selanjutnya ada tools Contribute atau Menyumbang. Situs ini menerangkan bahwa sebenarnya situs dapat dijalankan secara gratis, akan tetapi untuk membangun situs yang lebih baik diharapkan adanya kontribusi dari para penggunanya. Disana pula menyebutkan bahwa Anda dapat mendukung situs ini di Paytren, memberikan kontribusi langsung ataupun membantu menerjemahkan situs.

Diharapkan dengan adanya Patreon ini adanya umpan balik dengan menerima sumbangan sekaligus akan memberikan jejak reguler atau terlibat secara langsung dengan komunitas untuk melihat secara langsung siapa yang memberikan umpan balik, dan akan memberikan sebuah penghargaan kepada penggunaan yang memutuskan untuk menyumbang.

Selain itu, juga ada layanan penyumbangan secara langsung yang berapa di bawah tools Contribute. Jadi, buat Anda yang berkeinginan menyumbang tapi tidak bisa melalui Patreon bisa secara langsung karena situs ini membuka Stripe.

Masih ada lagi tools Learn yaitu sumber belajar. Dikatakan pada situs tersebut bahwa sebenarnya masih ada banyak sumber online lainnya yang berguna untuk mempelajari bahasa baru, dan Sound of Text merupakan pilihan yang paling berguna.

Selain itu, Anda bisa mengirimkan iklan atau promosi dengan kontak person yang sudah tercantum di halaman tersebut.

Cukup melengkapi tujuan awal pembuatan situs tersebut yaitu membantu untuk mengubah teks menjadi bentuk audio, selain itu tidak ada banyaknya iklan sehingga dapat dengan mudah dan tidak adanya gangguan.

Cara Menggunakan Sound of Text

Sedikit informasi mengenai tools di dalamnya, jika sudah begitu pastinya Anda penasaran bagaimana cara menggunakan situs Sound of Text bukan? Berikut langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengubah teks menjadi suara atau audio dengan Sound of Text.

  1. Langkah pertama Anda harus masuk pada browser di perangkat yang Anda miliki.
  2. Kemudian lanjutkan untuk masuk atau pergi ke situsnya yaitu soundoftext.com.
  3. Pada halaman awal, geser sedikit ke bawah dan temukan kotak putih dengan tulisan teks, voice dan submit.
  4. Ketik atau masukan teks yang Anda inginkan di dalam kotak teks.
  5. Kemudian pilih voicenya dengan menekan tanda panah dibawah.
  6. Jika sudah langsung submit.
  7. Tunggu proses hingga selesai. Hasilnya akan muncul di bawah kotak tersebut. Anda bisa langsung mencoba memutar terlebih dahulu atau langsung mendownload.
  8. Selesai.

Itulah informasi mengenai Sound of Text yang bisa Anda gunakan untuk tambahan pengetahuan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera nikmati layanannya.