Mengenal Apa itu Mosturizer dan Manfaatnya (Plus Tips Memilihnya)

Dunia kecantikan saat ini sedang mengalami perkembangan yang begitu pesat. Banyak sekali produk kosmetik dari berbagai merk yang dijual di pasaran. Namun, kamu hawa tak hanya melirik produk kosmetik saja tapi juga produk perawatan lain seperti moisturizer. Apa itu moisturizer? Ini adalah produk pelembab kulit. Biasanya, produk kecantikan ini banyak diminati ke perkotaan yang sinar mataharinya sangat panas. Pelembab atau moisturizer sendiri ada yang diaplikasikan di kulit, ada juga yang dipakai untuk wajah.

Kenapa Perlu Moisturizer?

Mengenal Apa itu Mosturizer dan Manfaatnya
Mengenal Apa itu Mosturizer dan Manfaatnya

Moisturizer sangat bagus untuk menjaga kulit tetap lembab, kenyal & tidak kering. Jadi, kulit tak akan tampak kusam & mengelupas. Itulah kenapa banyak orang, khususnya Wanita, yang ruting mengaplikasikan moisturizer sebelum beraktifitas setiap hari.

Moisturizer bukan hanya untuk aktifitas di luar ruangan, namun juga beraktifitas di dalam ruangan, terlebih jika ruangan tersebut menggunakan AC. Meski di dalam ruangan, kulit bisa kekeringan karena suhu dingin. Itulah kenapa kalian perlu menggunakan pelembab.

Apa itu moisturizer? Moisturizer atau pelembab merupakan krim atau lotion yang dipakai untuk kulut guna mencegah & megatasi masalah kulit kering. Moisturizer tak hanya dibutuhkan untuk kulit kering tapi juga semua jenis kulit. Kadang Sebagian orang tak mau menggunakan pelembab karena dianggap bisa membuat kulit berminyak. Tapi, hal itu tidaklah benar. Ada banyak tipe pelembab. Jadi, pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kalian.

Fungsi Utama Moisturizer

Moisturizer berfungsi untuk beberapa hal sebagai berikut:

  • Menutrisi kulit

Selain melembabkan kulit, moisturizer juga bisa menutrisi kulit karena kandungan vitamin di dalamnya, seperti vitamin A, C, B5, dan E. Bahkan, kandungan antioksidannya bagus untuk mencegah kerusakan kulit.

  • Kulit lebih awet muda

Kulit kering bisa membuat wajah tampak lebih tua akibat garis-garis halus & tanda penuaan lain. Kalian bisa mengatasinya dengan moisturizer secara rutin agar kulit tetap terdehidrasi. Saat mengaplikasikan moisturizer, pijatlah kulit wajah perlahan-lahan untuk memperlancar sirkulasi darah.

Lihat pula: Susu Anlene Gold untuk Usia Berapa?

  • Mencegah permasalahan kulit

Kulit berminyak atau kering bisa menimbulkan masalah baru. Misalnya, kulit berminyak dapat menyebabkan jerawat. Itulah kenapa penggunaan moisturizer atau pelembab sangat diperlukan, menyesuaikan kondisi kulit.

  • Mencerahkan kulit

Selain menjaga kelembaban, penggunaan moisturizersecara rutin juga bisa membuat kulit lebih cerah, sehat, dan segar. Bahkan, moisturizer juga bisa menghilangkan belang di wajah atau bagian tubuh lain.

  • Melindungi kulit

Dengan kandungan vitamin, moisturizer berfungsi sebagai pelindung dari sinar ultraviolet yang dapat membahayakan kulit seperti iritasi & kanker kulit.

  • Menutupi kekurangan pada kulit

Satu lagi, moisturizer bisa menutupi noda hitam di wajah dengan kandungan vitamin di dalamnya.

Tips dalam Memilih Moisturizer

Untuk mendapatkan moisturizer yang cocok, perhatikan beberapa tips berikut:

  1. Pilih moisturizer dengan kandungan SPF untuk melindungi kulit dari ultraviolet.
  2. Pilih moisturizer yang mengandung antioksidan guna menangkal radikal bebas & mencegah kerusakan sel.
  3. Sesuaikan moisturizer dengan kondisi & kebutuhan kulit.
  4. Hindari memilih moisturizerdengan kandungan pewangi sebab beresiko mengakibatkan iritasi kulit.
  5. Untuk kulit berminyak, pilih moisturizer berbahan dasar ringan, non-comedogenic, dan oil-free supaya tidak menyumbat pori-pori.
  6. Untuk kulit kering & eksim atopic, pilih moisturizer dengan adar proteksi tinggi & mengandung zat ceramides.
  7. Untuk kulit sensitive, pilih moisturizer dengan lebih banyak gentle & tanpa kandungan pewangi untuk mencegah iritasi.

Itulah apa itu moisturizer dan fungsinya disampaikan oleh tim dari Ruangperawat.com. Pastikan kalian menggunakan moisturizer dengan benar agar manfaatnya terasa.