Cara Mengunci Grup WA Hanya Admin yang Bisa Chat

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi social media yang dirancang untuk mengirim pesan singkat. Whatsapp sendiri seringkali disebut juga SMS killer. Hal tersebut karena saat ini penggunaan SMS menurun atau sangat jarang digunakan, dan banyak orang yang beralih menggunakan Whatsapp.

Fitur yang ada dalam aplikasi Whatsapp sangatlah banyak (ref: https://gbmods.readthedocs.io/en/latest/), beberapa di antaranya jarang diketahui oleh para penggunanya. Salah satunya yaitu hanya admin yang dapat mengirim chat ke suatu group. Jika Anda ingin menerapkan seperti hal tersebut. Yuk, simak tutorial di bawah ini:

Cara Mengunci Grup WA Hanya Admin yang Bisa Chat

  1. Langkah pertama sebelum mengubah settingan, bukalah aplikasi Whatsapp di handphone yang Anda gunakan.
  2. Kedua, pastikan Anda telah masuk di suatu group dimana Anda adalah salah satu atau satu-satunya admin dari chat group tersebut.
  3. Selanjutnya, tap judul grup yang terletak di bagian atas kolom chat group.
  4. Jika sudah, nantinya Anda akan menjumpai berbagai menu seperti “Bisukan notifikasi”, “Notifikasi khusus”, “Visibilitas media”, “Enkripsi”, serta “Setelah grup”. Kemudian, tap pada menu “Setelan grup”
  5. Pada menu “Setelan grup” nantinya terdapat berbagai menu diantaranya “Edit info grup“, “Kirim pesan”, dan “Edit admin grup”. Kali ini, yang dapat Anda lakukan yaitu tap pada menu “Kirim pesan”.
  6. Setelah itu, tampillah pilihan siapa saja yang dapat mengirim pesan ke grup ini. Anda dapat tap pada menu “Hanya admin”
  7. Terakhir, dalam grup tersebut nantinya akan tersetting otomatis dan hanya admin yang dapat mengirim pesan ke grup tersebut.
pengaturan hanya admin yang bisa chat
pengaturan hanya admin yang bisa chat

Manfaat Membatasi Chat di Grup WA

Membatasi chat di grup WA memiliki manfaat tersendiri, karena terkadang beberapa grup memang membutuhkan informasi satu arah agar tidak terjadi kesalahpahaman. Berikut ini beberapa manfaat membatasi chat di grup WhatsApp:

1. Memberikan Informasi Satu Arah

Dalam beberapa situasi, grup wa digunakan untuk memberikan informasi satu arah. Yaitu informasi yang asalnya hanya dari satu orang saja dimana orang tersebut adalah sumber terpercaya yang pastinya juga berperan sebagai admin di grup tersebut.

Membatasi chat di grup dengan cara ini membuat informasi yang diberikan terpusat dan tidak terjadi dualisme sumber yang menyebabkan kebingungan. Contoh grup yang membutuhkan sistem ini biasanya adalah grup informasi lowongan pekerjaan.

2. Menghindari Tersebarnya Hoax

Membatasi chat di grup WA dengan hanya mengizinkan admin yang bisa mengirimkan pesan juga bisa mencegah tersebarnya hoax. Biasanya pada grup-grup formal atau komunitas yang memiliki sangat banyak anggota.

Di grup seperti ini, biasanya ada saja anggota yang tidak bisa menyaring informasi dan menyebarkannya begitu saja. Nah, dengan membatasi akses mereka, penyebaran hoax semacam ini bisa dihindari.

3. Menghindari Spam

Dalam sebuah grup WA formal atau grup sebagai tempat diskusi umumnya sangat melarang anggotanya untuk spam chat. Untuk menghindari ini admin grup bisa memberlakukan pembatasan chat pada grup WA dengan hanya admin yang bisa mengirimkan pesan.

Hal ini sangat efektif agar tidak ada orang yang sembarangan mengirimkan pesan spam yang bisa mengganggu anggota lainnya.

4. Membatasi Chat di Jam Tertentu

Ini bisa diterapkan pada grup diskusi agar anggota hanya bisa diskusi di jam tertentu saja yang diizinkan. Contohnya agar tidak berdiskusi di jam-jam istirahat agar tidak mengganggu anggota grup wa yang lain.

Baca juga: Cara Sound of text WhatsApp Wanita

Fitur membatasi chat agar hanya admin yang bisa mengirimkan pesan ini memang memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengeksplorasi dan menggunakan fitur tersebut.