5 Jabatan Penting dalam Kelas

Setiap kelas pasti punya pengurus kelas buat mengorganisir kelas supaya tetap kompak di sekolah, bahkan sampai lulus dari sekolah.
Siapa aja sih yang jadi orang-orang penting di kelas? Dan tugas orang penting itu ngapain aja?
Yuk, kita intip…

1. Ketua Kelas

Ini dia orang nomor satu di kelas. Jadi ketua kelas itu ternyata tanggung jawabnya gede. Tugas ketua kelas juga nggak bisa dibilang ringan. Karena itulah, ketua kelas menduduki nominasi pertama.
Tugas ketua kelas nggak hanya memimpin do’a, Pancasila, dan memimpin hormat Selamat-pagi-cikgu.
Ketua kelas itu pemimpin di kelas. Jika seluruh siswa di kelas ibarat sebuah pasukan, ketua kelas adalah panglima/jenderalnya. Ketua kelas punya tugas dan wewenang menghimpun, memimpin, serta mengkoordinir pasukannya, termasuk mengumpulkan tugas-tugas dari guru, dan lain sebagainya. Semua masalah di kelas harus dibicarakan dengan ketua kelas sebelum disampaikan ke wali kelas. Bisa dibilang ketua kelas adalah penghubung antara wali kelas dengan siswanya alias tangan kanannya wali kelas. Jadi, ketua kelas harus tahu setiap permasalahan di kelas beserta penyelesaiannya.
Biasanya sih, ketua kelas jadi tukang ngasih informasi dari sekolah.

2. Wakil Ketua Kelas

Tugas wakil ketua kelas nggak hanya mendampingi ketua kelas. Emangnya ketua kelas itu balita, masih harus didampingi? Walaupun hanya punya embel-embel ‘wakil’, bukannya wakil ketua kelas itu nggak penting. Ketua kelas dan wakilnya akan berbagi tugas.
Coba bayangkan kalo ketua kelasmu nggak masuk sekolah. Tanpa wakil ketua kelas, semua masalah di kelas nggak akan cepat terselesaikan.
Tapi gimana kalo ketua dan wakil ketua kelas sama-sama nggak masuk sekolah?
Kayaknya kelasmu butuh pertimbangan buat mengangkat lima orang ketua kelas sekaligus…

3. Sekretaris

Sekretaris artinya juru tulis. Sesuai namanya, tugas sekretaris kelas berhubungan dengan dunia tulis-menulis dan catat-mencatat. Contohnya mencatat siswa di kelas yang tidak masuk sekolah karena Sakit (S), Izin (I), atau Alpa (A) alias bolos sekolah. Itu semua dicatat di jurnal kelas. Selain itu, menulis jadwal pelajaran setiap hari serta guru yang mengajar mata pelajaran tersebut di hari itu, merekap kehadiran guru di kelas, dan menyimpan berkas-berkas penting lainnya.
Karena tugas sekretaris juga lumayan banyak, maka jumlah sekretaris kelas biasanya ada dua orang. Nah, tugas sekretaris yang kedua juga tetap berhubungan dengan dunia tulis-menulis. Tapi nggak seperti sekretaris utama yang bertanggung jawab dengan jurnal kelas dan surat-surat, sekretaris 2 lebih fokus ke penulisan tugas/catatan di papan tulis.
Jadi, semua hal yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis dan catat-mencatat adalah tugas sekretaris, ya…

4. Bendahara

Kalo sekretaris kelas tugasnya berhubungan dengan dunia dunia tulis-menulis dan catat-mencatat, bendahara kelas tugasnya berhubungan dengan benda yang dibutuhkan oleh semua umat manusia di muka bumi: uang. Lebih tepatnya ngurusin uang kas kelas, mencatat arus keluar-masuknya uang kas alias dibelanjakan kemana aja tuh uang. Selain uang kas, masih banyak lagi ‘uang-uang’ yang harus diurusin sama bendahara kelas. Sebut aja uang buat fotokopi materi, uang patungan buat beliin buah-buahan untuk temen sekelas yang lagi sakit. Kan nggak seru nih kalo besuk temen yang sakit tapi kitanya nggak bawa apa-apa.
Bendahara juga punya pembantu sama kayak sekretaris. Namanya bendahara 2. Tugas bendahara 2 nggak cuma kipas-kipas pake duit kas, minimal nagih anak-anak yang nunggak belum bayar kas. Jadi, tugas bendahara kelas adalah semua hal yang berhubungan dengan uang, uang, dan uang.

5. Piket Kelas

Emang sih, piket nggak termasuk jabatan di kelas yang terdengar mentereng. Piket justru lebih identik dengan ‘tukang bersi-bersih kelas’. Apalagi kalo kondisi kelas kotor banget, pasti banyak yang ngomel, “Siapa sih petugas piket hari ini?!” Cocok banget kan kalo piket ada di kasta paling bawah.
Tapi piket jangan dipandang sebelah mata. Petugas piket inilah yang bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan kelas. Kalo kelas bersih, belajar pasti terasa nyaman kan?

Sebenarnya nggak ada yang nggak penting di kelas. Semua orang itu penting dan dibutuhkan. Ingat, satu kelas itu satu kesatuan dan saling melengkapi. Jadilah kelas yang kompak!

Sumber: Pengalaman dan otak