Pengertian Jurnal Ilmiah dan Contohnya

Pengertian Jurnal Ilmiah adalah suatu publikasi ilmiah yang terdiri dari kumpulan beberapa artikel. Yuk baca selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Jurnal Ilmiah yaitu kumpulan beberapa artikel ilmiah yang telah rampung diaudit oleh tim editor dan diterbitkan secara berkala. Artikel ilmiah yang masuk dalam penerbit jurnal kemudian akan diproses dalam kurun waktu tertentu. Hanya artikel yang lolos seleksi yang akan diterbitkan.

Jurnal Ilmiah Menurut Ahli

Ada banyak pendapat terkait pengertian jurnal ilmiah. Dan berikut adalah pengertian jurnal ilmiah menurut para ahli yang jarang diketahui:

Dr. Bambang Supriyadi dan Drs. Totok Djuroto

Menurut tokoh ini jurnal ilmiah diartikan sebagai segenap proses penulisan dengan berlandaskan kaidah karya ilmiah. Jurnal ilmiah dibuat dengan tujuan menjawab persoalan atau suatu kejadian.

Jones

Tokoh yang satu ini berpendapat bahwa definisi jurnal ilmiah yakni yang disusun untuk ditujukan kepada khalayak umum atau masyarakat. Jurnal ilmiah biasanya memiliki sifat karya ilmiah tinggi. Sehingga berbeda dengan tulisan biasa.

Brotowidjoyo

Menurutnya jurnal ilmiah adalah karangan yang mengungkap suatu fakta dan ditelaah dengan menggunakan metode karya tulis. Pembuatannya pun secara khusus.

Hery Firman

Jurnal ilmiah menurut Hery yaitu suatu pelaporan atas kegiatan penelitian. Pelaporan dengan cara mempublikasikan kepada portal jurnal tertentu. Penyusunannya juga menggunakan etika keilmuan yang berlaku bagi masyarakat secara global.

Jenis-jenis Jurnal Ilmiah

Ada dua jenis utama dari jurnal ilmiah yang perlu diketahui. Perhatikan  penjelasan di bawah ini untuk mengetahui jenis-jenis jurnal ilmiah:

Jurnal Nasional

Jenis jurnal yang pertama yaitu jurnal ilmiah Indonesia yang biasanya diterbitkan oleh instansi pendidikan seperti perguruan tinggi. Meskipun tidak memiliki pamor yang tinggi namun jurnal nasional juga tidak sepi peminat. Banyak mahasiswa dan akademisi yang  sudah menerbitkan artikelnya di sini.

Jurnal Nasional Terakreditasi

Secara keseluruhan jurnal ini hampir sama dengan jurnal nasional. Hanya saja jurnal nasional terakreditasi akan memperoleh status akreditasi secara langsung dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi dan Kemenristekdikti. Jadi lebih istimewa ya.

Jurnal Internasional

Jurnal ilmiah internasional memang berbeda dengan jurnal nasional. Di sana memiliki tingkat pamor yang jauh lebih tinggi dan lebih banyak diakses oleh masyarakat seluruh dunia. Selain itu dalam jurnal internasional biasanya terdapat biaya untuk artikel ilmiah yang diterbitkan. Anda bisa menerbitkan jurnal internasional non-Scopus LoA terbit 7 hari di ascarya solution lho, kunjungi listnya di sini.

Jurnal Internasional Bereputasi

Syarat utama jurnal ini adalah tercatat pada pangkalan data internasional seperti Scopus. Selain itu tulisan yang diterbitkan juga harus melewati standar karya ilmiah internasional yang memiliki dampak dari ISI web science. Menarik sekali kan?

Itulah penjelasan seputar Pengertian Jurnal Ilmiah yang bisa dipelajari. Jurnal ilmiah tentu memiliki tingkat popularitas lebih tinggi daripada artikel biasa yang tidak diterbitkan. Maka tidak heran jika sekarang jurnal ilmiah selalu ramai peminat guna mempublikasikan karya ilmiahnya.