Mengenal Tes Psikotes Wartegg dan Tips Mudah Mengerjakannya

Bagi perusahaan memberikan tes psikologi merupakan bagian penting untuk melihat emosi, kecerdasan, kepribadian dan juga bakat. Salah satu tes psikologi yang umum digunakan adalah tes psikotes wartegg.

Ternyata masih banyak pelamar kerja yang sedang mengikuti tes ini kesulitan dan mengerjakannya ngawur. Hal ini memberikan penilaian negatif hanya karena ketidaktahuan Anda. Oleh sebab itu penting mengenal apa itu psikotes Wartegg dan tips mengerjakannya di bawah ini.

Mengenal apa itu tes psikotes Wartegg

Tes Wartegg adalah sebuah tes psikologi pada umumnya diberikan untuk calon karyawan untuk menilai banyak hal. Melalui gambar bisa didapatkan informasi tentang psikologis seseorang yang sangat penting untuk perusahaan.

Tes ini juga disebut sebagai tes kotak delapan dimana setiap kotak terdapat gambar dan tugas Anda melanjutkannya. Pertama kali tes Wartegg ditemukan oleh psikolog asal Jerman tahun 1920 yaitu Ehrig Wartegg.

Tidak sulit mengerjakan tes ini dan tidak harus gambarnya bagus sempurna terutama jika Anda tidak bisa menggambar. Pelajari saja bagaimana cara dan tips mengerjakannya agar lebih siap ketika menghadapi tes seperti ini.

Tips mudah mengerjakan tes psikotes Wartegg

Segala sesuatu akan menjadi mudah jika Anda mau belajar psikotes gambar terutama tips-tips mudah mengerjakan. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba dan pastikan membuat Anda lebih mudah memahaminya.

  1. Berdoa

Sebelum memulai tes sebaiknya berdoa terlebih dahulu agar lebih siap mental menghadapi berbagai kemungkinan. Gagal tidaknya menjadi urusan nanti asal kerjakan yang ada di depan mata dengan sebaik-baiknya.

  1. Buatlah rencana gambar

Meskipun ada banyak tes lainnya namun tidak ada salahnya jika membuat rencana gambar tes wartegg terbaik. Menyiapkan rencana gambar dari awal membuat Anda menjadi lebih percaya diri, cepat selesainya dan hasilnya maksimal.

  1. Sering berlatih

Latihan menjadi pilihan terbaik sebelum menghadapi tes psikologi termasuk Wartegg ini. Sering latihan membuat Anda akan terbiasa mengerjakannya sehingga kemungkinan adanya kesalahan menjadi semakin kecil.

  1. Jaga kertas tetap bersih

Menjaga kebersihan kertas merupakan hal penting dan jangan sering menggunakan penghapus. Jika kertas kotor karena sering salah membuat perusahaan menilai jika Anda lemah dalam perencanaan.

  1. Jangan membuat garis putus-putus

Ketika mengerjakan gambar pada setiap kotaknya sebaiknya jangan membuat garis putus-putus atau membuat arsiran. Hal ini menunjukkan jika Anda sedang mengerjakan sesuatu dengan ragu-ragu sehingga menjadi penilaian negatif.

  1. Kerjakan secara dinamis

Mengerjakan tes psikotes gambar memang boleh secara acak namun jangan terlalu acak karena dinilai terlalu kreatif dan arogan. Sebaiknya tetap kerjakan secara dinamis dan jangan terlalu urut juga karena cenderung bersifat kaku.

  1. Buatlah gambar anti-mainstream

Menggambar anti-mainstream juga diperbolehkan dan justru memberikan penilaian positif terhadap kecerdasan. Anda dinilai memiliki kecerdasan tinggi karena gambar anti-mainstream membutuhkan kejelian saat membuatnya.

  1. Siapkan alat tulis yang dibutuhkan

Sebelum tes dimulai sebaiknya Anda persiapkan alat tulis terlebih dahulu seperti pulpen dan pensil yang dibutuhkan. Hal ini sederhana namun penting agar tidak ada kendala seperti pensil patah atau pulpen habis saat tes berlangsung.

Disarankan juga untuk tidak membawa penghapus atau sejenisnya agar Anda lebih berhati-hati dan tidak membuat kertas kotor.

  1. Yakin dan penuh percaya diri

Meskipun sudah latihan kerap kali suasana di ruang tes membuat Anda menjadi tegang dan sulit untuk mengerjakannya. Penting untuk memulai dengan yakin dan penuh percaya diri sehingga hasilnya menjadi lebih maksimal.

Lolos tes apapun termasuk tes psikotes wartegg tidaklah sulit jika Anda tahu bagaimana cara mengerjakannya. Dengan mempelajari berbagai tips di atas setidaknya memiliki gambaran apa yang bisa dilakukan saat tes. 

Anda bisa mempelajari contoh Psikotes Wartegg di Tugaskaryawan.com