Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur Siang

Bila bayi susah tidur siang, coba periksa dahulu popoknya. Bisa saja dia habis bab atau kecil dan merasa tidak nyaman. Bayi sulit tidur siang? Bisa saja dia sedang kelaparan.

Bayi sulit tidur siang menjadi salah satu tantangan yang perlu di hadapi oleh orang tua. Tetapi Anda tak perlu cemas karena parentinglogy.com akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi bayi tidak mau tidur siang yang dapat di lakukan.

Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur Siang

Banyaknya waktu tidur bayi tergantung pada umurnya. Bayi yang baru lahir biasanya tidur selama 14-17 jam sehari. Tetapi, durasi waktu ini kemungkinan tidak bisa terpenuhi bila bayi sulit tidur siang.

Oleh karena itu, Anda dapat lakukan beragam tips mengatasi bayi susah tidur berikut agar dia dapat memperoleh jam tidur yang cukup sesuai umurnya.

 

  1. Buatlah pola tidur yang sama

Tidur di jam yang sama tiap malam bisa menolong Anda untuk tidur dengan teratur. Hal yang sama juga berlaku pada bayi.

Oleh karena itu, Anda dapat membuat pola tidur siang dan malam yang teratur untuk menghindari bayi susah tidur siang dan memudahkan mereka tidur di saat yang ditentukan.

  1. Mencari tempat yang nyaman untuk bayi tidur

Beberapa orang tua atau asisten rumah tangga (ART) kemungkinan mengajak bayi jalan dengan stroller supaya dia dapat tidur siang.

Tetapi, ini dianggap tidak efisien karena stroller banyak bergerak dan alami guncangan saat dijalankan. Bukannya menentramkan, malah bayi sulit tidur siang.

Lebih bagus Anda menidurkan bayi di kamar atau tempat tidurnya supaya dia bisa merasa nyaman dan mengantuk.

  1. Ketahui tanda-tanda bayi sedang mengantuk

Salah satu cara untuk mengatasi bayi sulit tidur siang yang baik ialah mengenal tanda-tanda bayi yang mengantuk.

Beberapa keadaan, seperti mengucek mata, menguap, dan menangis, bisa mengindiasikan bayi mengantuk. Bila tanda-tanda ini ada, Anda dapat menggendongnya supaya dia bisa tidur secara nyaman dalam pelukan orang tuanya.

  1. Periksa popoknya

Keadaan popok yang penuh bisa mengakibatkan bayi susah tidur siang. Oleh karena itu, bila Anda ingin bayi tidur pulas pada siang hari, seharusnya periksa popok mereka dengan teratur mendekati waktu tidurnya.

Bila sudah penuh, cepatlah membersihkan dan tukar dengan yang baru. Keadaan popok yang bersih bisa membuat bayi lebih nyaman dan gampang tidur siang.

  1. Kontrol suhu atau temperatur kamar

Bila bayi tidak ingin tidur siang, bisa saja temperatur kamarnya terlalu panas sehingga membuat dia kepanasan.

Temperatur ruangan yang nyaman untuk bayi ialah sekitar 20-22 derajat Celcius. Tetapi, tidak boleh mengatur temperatur ruang terlalu dingin karena justru dapat membangunkannya saat tidur.

Berhati-hatilah, temperatur ruangan yang terlampau panas bisa tingkatkan resiko sudden infant death syndrome atau kematian mendadak pada bayi.

  1. Tenangkan suasana di sekitarnya

Keributan di luar rumah atau sinar matahari yang masuk melalui jendela bisa membuat bayi sulit tidur siang. Oleh karena itu, tutup jendela dan matikan lampu di kamar bayi.

  1. Mengajak si bayi tetap aktif

Cara mengatasi bayi sulit tidur siang yang bisa dicoba ialah mengajak bayi tetap aktif. Coba bermain dengannya saat dia masih terjaga. Dimulai dari mengajaknya bicara, menyanyi, atau apa saja yang membuat perhatiannya terpaku pada Anda. Ini bisa membuat bayi merasa capek dan pada akhirnya tertidur nyenyak.

Anak bayi memerlukan jam tidur yang lebih lama dibanding orang dewasa. Oleh karena itu, coba selalu untuk menidurkan mereka pada siang hari. Apabila bayi susah tidur, tidak boleh ragu untuk coba beragam strategi di atas.

Penutup

Demikian artikel mengenai Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur Siang. Anda juga bisa mencari informasi lain terkait lainnya di parentinglogy. Semua cara di atas dapat di coba perlahan-lahan.