Cara Lolos Turnitin dengan Teknik Aman Parafrase

Cara Lolos Turnitin dengan Teknik Aman Parafrase – Jika sebelumnya penulis membahas CEK TURNITIN ADALAH, disini kami menjelaskan tentang Cara Lolos Turnitin. Parafrase ialah istilah ilmu bahasa yang berarti pengungkapan kembali suatu ide dengan cara lain dalam bahasa yang serupa, tetapi tanpa mengganti maknanya.

Parafrase memberi peluang terhadap si penulis untuk memberikan penekanan yang cukup berbeda dengan penulis asli. Istilah paraphrase berawal dari bahasa Inggris paraphrase, dari bahasa Latin paraphrasis, dari bahasa Yunani beberapa fraseïn yang bermakna “langkah gestur tambahan”.

Parafrase sebagai salah satunya langkah pinjam ide/gagasan dari suatu sumber tanpa jadi plagiat. Menurut Kamus Oxford Advanced Leaner’s Dictionary, paraphrase ialah “langkah mengekspresikan apa yang sudah dicatat dan disebutkan oleh seseorang dengan memakai kalimat yang lain supaya membuat lebih gampang untuk dipahami.”

Dalam kata lain pengutipan yang dilaksanakan cara parafrase online sebagai cuplikan yang memakai kalimat sendiri untuk mengutarakan gagasan yang serupa. Kecuali membuat ide itu lebih gampang untuk dipahami, parafrase dapat dipakai untuk menjaga koherensi dan kesatuan alur tulisan.

Menurut OWL purdue, parafrase diartikan sebagai berikut ini:

  • Kekuatan seorang untuk menulis kembali gagasan atau ide seseorang dengan ucapannya sendiri dan diperlihatkan berbentuk yang baru,
  • Sebagai langkah yang legal dan sah dalam meminjam ide seseorang,
  • Sebuah pengakuan ulang (restatement) yang lebih lengkap dan detail dibanding dengan sebuah rangkuman.

Paraphrase sebuah ketrampilan yang paling bernilai karena:

  • Paraphrase lebih bagus dibanding dengan mengutip informasi dari sebuah paragraf atau tulisan yang kurang mencolok.
  • Paraphrase menolong penulis untuk mengatur masalah melakukan cuplikan yang terlalu sering.
  • Proses psikis yang diperlukan untuk kesuksesan sebuah prafrase menolong penulis untuk pahami seutuhnya arti text sumber yang bakal dia salin.

Tiap penulis mempunyai dan meningkatkan tehniknya sendiri untuk meningkatkan keahlliannya dalam lakukan paraphrase. Teknik itu memiliki sifat unik. Untuk penulis pemula, dia perlu belajar meningkatkan ketrampilan membuat paraphrase. Bila belum terlatih lakukan teknik parafrase, berikut ialah 6 cara efisien dalam lakukan paraphrase sama seperti yang diberi oleh tutorial OWL Purdue:

  • Bacalah kembali teks sumber sampai kalian mengerti benar isi teks tersebut.
  • Singkirkan text/dokumen asli itu dan tulislah ulangi ide dalam text barusan dalam sebuah kertas.
  • Buatlah daftar sejumlah kata di bawah paraphrase kalian barusan untuk mengingatkan kalian kembali ke langkah kalian pahami dokumen asli itu. Di atas kartu catatan barusan, tuliskan keyword yang memperlihatkan subyek atau topik paraphrase kalian.
  • Bandingkan tulisan parafrase kalian barusan dengan naskah sumbernya untuk memeriksa apa semua ide, khususnya ide yang perlu sudah tertera dalam hasil paraphrase itu.
  • Pakai tanda double quotes untuk mengenali beberapa istilah khusus, terminologi, atau frase yang kalian pinjam dari dokumen asli, dan yang kalian mengambil sama pesis dengan dokumen asli.
  • Tulis sumber (terhitung halaman) pada kertas catatan kalian hingga ini memudahkan kalian untuk tuliskan sumber pustaka atau rujukan, jika kalian berniat ambil parafrase itu.

Jika anda kesusahan dalam melakukan paraphrase bisa menggunakan jasa cek turnitin. CEK TURNITIN ADALAH adalah salah satu aplikasi cek plagiat yang paling populer, khususnya dalam dunia akademik. Aplikasi ini memeriksa hasil tulisanmu dengan memastikan ia tidak memiliki kesamaan dengan dokumen lain yang ada di internet, situs web, buku, artikel, dan lain-lain.

Berikut ialah contoh paraphrase untuk tingkat kalimat lebih dulu:

Contoh 1 Teknik Parafrase Untuk Program Turnitin:

kalimat asli : Sebuah kejutan di bidang realita maya (virtual reality) terjadi di tahun 1961 dengan kemunculan Sensoramanya Heilig.
Parafrase : Hasil karya Heillig yang dikenal berikut nama Sensorama membawa pengubahan yang berarti dalam riwayat fakta maya (krisnawati, 2000, hlm 55).