Apa Sih Jurnal Ilmiah Itu? Cari Tahu Di Sini!

Jurnal Ilmiah adalah kumpulan artikel yang memiliki karakteristik tertentu berupa peer-review yang berbeda dengan artikel biasa.

Jurnal Ilmiah adalah suatu publikasi yang diterbitkan oleh instansi tertentu secara periodik dan berbentuk artikel. Umumnya jurnal ilmiah terbit dalam waktu 1 tahun sekali tapi ada juga yang 4 bulan sekali. Ini menjadi ciri khas jurnal ilmiah karena proses terbitnya memerlukan waktu yang cukup lama.

Susunan Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah biasanya diterbitkan oleh instansi tertentu sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah. Di bawah ini adalah susunan jurnal ilmiah beserta penjelasannya secara lengkap:

Judul

Tulisan yang baik selalu diawali dari judul yang menarik dan unik. Terlebih melalui judul pembaca akan lebih mudah menerawang inti dari jurnal ilmiah tersebut. Judul ditulis tidak terlalu panjang namun mencakup keseluruhan dari isi artikel.

Abstrak

Abstrak sering diartikan sebagai ringkasan dari sebuah tulisan. Padahal abstrak merupakan bagian yang berfungsi sebagai penjelas isi jurnal. Abstrak memuat beberapa unsur yang terdapat dalam artikel serta panjangnya tidak lebih dari 250 kata.

Abstrak umumnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Meskipun tulisan ilmiah diterbitkan oleh jurnal ilmiah indonesia. Karena memang tujuannya adalah sebagai penjelas isi jurnal jika turut dibaca oleh publik.

Pendahuluan

Dalam pendahuluan berisi informasi kasus yang menjadi topik jurnal ilmiah. Dapat dicontohkan seperti jurnal ilmiah pendidikan. Maka pendahuluan yang tepat adalah seputar kondisi pendidikan bangsa saat ini.

Metode dan Data

Bagian terpenting penulisan jurnal ilmiah harus didasarkan pada data dan metode yang sesuai. Agar tulisan yang diterbitkan tidak terkesan plagiasi atau sudah pasaran. Metode penelitian jurnal ilmiah harus jelas disertai dengan bahan yang mendukung.

Hasil

Pada bagian ini yang perlu diingat adalah penyajian data yang telah diperoleh. Penyajian bisa berbentuk diagram, tabel, gambar, atau tulisan deskripsi. Jadi hasil yang diberikan harus sesuai dengan apa yang telah berhasil ditemukan.

Pembahasan

Pada bagian ini berisi tulisan yang bersifat argumentatif guna membangun gagasan atas topik yang diteliti. Disinilah letak pembeda isi tulisan yang dibuat dengan tulisan yang pernah ada. Pembahasan mencakup hasil dari penelitian yang dilakukan.

Seperti pembahasan dalam jurnal ilmiah kesehatan pasti akan berbeda dengan jurnal ilmiah lainnya. Pembahasannya juga akan lebih teoritis sebab didasarkan pada ilmu kesehatan. Umumnya bagian pembahasan selalu bersifat kritis analitis.

Kesimpulan

Bagian akhir yang sering disebut sebagai penutup jurnal ilmiah adalah kesimpulan. Biasanya ditulis ringkas namun mencakup akhir dari sebuah artikel. Juga merujuk kepada data pada jurnal ilmiah yang telah disebutkan di atas.

Daftar Pustaka

Pada bagian ini dicantumkan sumber literatur yang digunakan untuk menganalisa jurnal ilmiah. Sumber bisa dari buku atau kumpulan jurnal ilmiah yang lainnya.  Intinya jurnal yang dibuat memang berdasar pada sumber autentik dan bukan abal-abal.

Contoh Jurnal Ilmiah

Untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang apa dan bagaimana sebenarnya jurnal ilmiah, Anda bisa melihat contoh jurnal ilmiha berikut ini:

 

Jadi itu adalah penjelasan tentang Jurnal Ilmiah yang wajib diketahui. Jika Anda tengah menjalani kuliah atau telah menjadi seorang dosen maka pasti akan sering membuat artikel yang dimuat menjadi jurnal ilmiah. Jadi teruslah belajar ya!