Google AdSense dan Google Analytics

March 7th, 2021

Nama                 : Axel Wiranata

NIM                   : 185020200111030

Kelas                  : BB

Tugas                 : Merangkum pengalaman menggunakan Adsense dan Google Analytics

 

AdSense

AdSense adalah program periklanan berbasis CPC (cost-per-click) yang memungkinkan pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang terpasang. Sejak kemunculan pertamanya banyak para pemilik website yang berlomba-lomba untuk mendaftar menjadi publisher AdSense di Indonesia. Terbukti hingga saat ini sudah ada sekitar 2 juta lebih publisher AdSense yang tersebar di seluruh dunia dan setiap tahunnya selalu meningkat.

AdSense menampilkan iklan pada website berupa text, gambar dan video kepada pengunjung website sesuai dengan minat. Kerja dari Google AdSense adalah memanfaatkan cache dari browser pengguna untuk mengetahui apa yang sedang dibutuhkan, nantinya iklan yang muncul akan sesuai dengan minat atau kebutuhan.

Pengalaman saya adalah mendaftar dan memasukkan Adsense ke dalam blog (Blogspot.com). Berikut cara Mendaftar Adsense di Blogspot.com

  1. Login ke Blogger
  1. Di bagian sisi kiri atas, pilih ‘blog’
  2. Dari menu sebelah kiri, klik ‘Penghasilan’, Lalu klik ‘Buat akun AdSense’
  3. Pilih email Google yang terkait dengan akun Bloggernya
  4. Isi formulir AdSense, lalu klik ‘Buat akun’
  5. Masukkan detail pembayaran dan verifikasi nomor telepon
  6. Klik ‘Kirim’

Google Analytics

Google Analytics adalah Layanan Analisa Web atau Platform apapun yang terhubung online yang diberikan secara gratis oleh Google. Google Analytics merupakan bagian dari Google Marketing Platform dan terdapat juga versi berbayarnya yaitu Google Analytics 360. Google Analytics dapat membantu pelaporan kegiatan pemasaran online anda dalam satu platform, membantu mengenal perilaku pelanggan berbasis data, dan mencari wawasan baru dalam bisnis anda berdasarkan data actual. Untuk mulai mengumpulkan data dasar dari situs:

  1. Buat atau login ke akun Analytics Anda:
  • Untuk membuat akun, klik Start for free.
  • Untuk login ke akun Anda, Klik Login ke Analytics.
  1. Siapkan properti di akun Analytics Anda. Properti mewakili situs atau aplikasi Anda, dan merupakan titik pengumpulan di Analytics untuk data dari situs atau aplikasi Anda.
  2. Siapkan tampilan pelaporan di properti Anda. Tampilan memungkinkan Anda membuat perspektif data yang difilter; misalnya, semua data kecuali dari alamat IP internal perusahaan Anda, atau semua data yang terkait dengan wilayah penjualan tertentu.
  3. Ikuti petunjuk untuk menambahkan kode pelacakan ke situs agar dapat mengumpulkan data di properti Analytics.
  4. Langkah berikutnya, konfigurasikan akun, properti, dan tampilan Anda untuk menentukan akses ke data Anda dan data mana yang tersedia.
  5. Ubah kode pelacakan Anda untuk mengumpulkan data tambahan seperti:
  • Interaksi pengguna dengan link, tombol, kontrol video, dan elemen dinamis lainnya pada situs atau aplikasi Anda. Pelajari lebih lanjut pelacakan peristiwa.
  • Aktivitas e-commerce seperti interaksi pengguna dengan daftar produk dan promosi internal, dan seberapa berhasil pengguna bergerak ke funnel pembelian dan proses pembayaran. Pelajari pengumpulan dan pelaporan data ecommercedan enhanced e-commerce lebih lanjut.