3 Kesalahan Sepele Untuk Rambut

Posted: 11th November 2018 by zidzid in Kecantikan
Tags:
Comments Off on 3 Kesalahan Sepele Untuk Rambut

3 Kesalahan Sepele Untuk Rambut – Rambut merupakan mahkota wanita jadi ini sangat penting dirawat agar terlihat sehat dan indah. Oleh karena itu kami akan memberikan informasi yang sangat penting untuk kesehatan mahkota Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat mahkota Anda dan berikut informasi lengkapnya. semoga bermanfaat!

3 Kesalahan Sepele Untuk Rambut

  1. penggunaan sisir

ini sangat sering sekali dilakukan para wanita, menyisir dalam keadaan rambut basah akan membuat rambut menjadi rontok dan patah. Bila hal ini terpaksa dilakukan, pakailah sisir yang bergerigi jarang, agar mahkota Anda tetap terjaga.

  1. Penggunaan hair dryer

Apabila sudah terburu-buru, para wanita kerap melakukan pengeringan dengan hair dryer padahal masih basah kuyup. Hal ini sebaiknya dihindari karena melakukan pengeringan dengan hair dryer di saat rambut masih terlampau basah, ini mengakibatkan mudah rontok, kering serta pecah pecah.

Jadi sebaiknya lakukan pengeringan dengan handuk dulu sampai rambut sedikit kering atau kumal. Kemudian barulah menggunakan hair dryer, tapi jangan menggunakan suhu yang besar, awali dengan suhu yang kecil dulu, kalau sudah mendingan kering, barulah boleh memakai suhu yang besar.

  1. Penggunaan sampo

Hal ini juga cukup penting, hal ini sangat sensitive untuk rambut, agar tetap sehat, kuat dan berkilau jangan sampai salah produk sampo. Janganlah tergoda dengan sampo mahal atau import karena hal itu belum tentu sesuai dengan kepala Anda, jadi mahal bukan jaminan.

Gonta ganti sampo tidak masalah dan pilih sampo yang menurut Anda cocok untuk rambut indah andah. Kandungan PH pada sampo merupakan zat yang berpengaruh untuk rambut Anda. Apabila terlalu banyak maka efek buruk akan terjadi pada rambut Anda seperti rontok, kering dan kebotakan.

Bagi wanita muslimah yang ingin tampil cantik alami dan syar’i, hal utama adalah mengenakan kerudung dan jilbab. Sehingga rambut wajib tertutup dari pandangan non mahram

Itulah 3 hal sepele yang sering diabaikan seseorang sehingga rambut tidak sehat, bercabang dan mudah rontok. Semoga pembahasan kali ini sangat berguna dan bermanfaat untuk Anda, jadi jangan abaikan hal apapun meskipun itu sepele agar tidak terjadi hal yang fatal. Akhir kata sehat itu indah, salam!

Penyebab, tanda dan gejala Nyeri Dada

Posted: 12th October 2018 by zidzid in Kesehatan
Tags: , ,
Comments Off on Penyebab, tanda dan gejala Nyeri Dada

Nyeri dada bisa datang tiba-tiba setiap saat, untungnya nyeri dada selalu serangan jantung dan masalah kardiovaskular, mungkin: Karena mencerna, menyebabkan muskuloskeletal – tulang rawan – saraf, penyakit pernapasan Penyebab dan penyebab lain seperti kecemasan, klimaks, kanker …

Definisi nyeri dada

Nyeri dada bisa datang tiba-tiba setiap saat. Cobalah untuk mengabaikannya pada awalnya, tetapi nyeri dada dapat menyebabkan ketakutan dan kecemasan. Mungkinkah ada serangan jantung? Read the rest of this entry »

Comments Off on Jadikan Passive Income Anda Sebagai Tabungan Masa Depan Yang Menjanjikan

lokasi maja tropikal gardenMaja Tropikal Garden yang berlokasikan di kawasan Agrowisata Exclusive kota Baru Maja yang merupakan sebuah lahan investasi properti yang sangat menjanjikan untuk para investor. Lahan investasi properti di Maja Tropikal Garden ini memiliki luas 120 meter persegi dengan legalitas AJB dengan kemampuan daya jual yang tinggi untuk masa depan para investornya.

Mengangkat sistem syariah sebagai landasan jual beli investasi lahannya,   Properti ingin menjadikan Maja Tropikal Garden sebagai lahan Properti Produktif dengan berlandaskan syariat syariat islam. Namun sebenarnya, apa yang melandasi sebuah lahan kavling dapat  dikatakan sebagai Properti yang Produktif? Read the rest of this entry »

Cara Membuat Kavling Produktif Sendiri

Posted: 17th August 2018 by zidzid in Properti
Tags:
Comments Off on Cara Membuat Kavling Produktif Sendiri

Kavling atau yang biasa sebut kita tanah adalah hal yang sangat di butuhkan oleh petani. Memulai membangun kebun baru tidaklah sulit. Kebanyakan orang memulai dengan keluar ke halaman mereka dengan sekop atau penggarap kebun, menggali tanah dan memasukkan beberapa tanaman.

Mengikuti metode organik dan alami, tambahkan sedikit mulsa atau kompos, dan Anda sudah siap untuk membuat tanah yang baik untuk sayuran rumahan Anda. Tetapi dalam jangka panjang, keberhasilan kebun Anda tergantung pada pembuatan tanah kebun yang sehat. Semakin banyak yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tanah Anda tetap sehat, semakin besar pula untuk mendapatkan kavling produktif dari sebuah kebun.

Tambahkan pupuk kandang untuk nitrogen

Semua kotoran ternak dapat menjadi tambahan yang berharga untuk tanah – nutrisi mereka tersedia untuk organisme dan tanaman tanah. Bahkan, pupuk kandang membuat kontribusi yang lebih besar untuk agregasi tanah daripada kompos, yang sebagian besar sudah membusuk.

Anda harus menggunakan pupuk dengan hati-hati. Meskipun patogen lebih kecil kemungkinannya ditemukan pada pupuk kandang dari pekarangan dan peternakan kecil daripada yang berasal dari operasi peternakan besar, Anda harus membiarkan tiga bulan antara aplikasi dan panen tanaman akar atau sayuran berdaun seperti selada dan bayam untuk mencegah kontaminasi. (Tanaman tinggi seperti jagung dan tomat yang diratakan tidak boleh rentan kontaminasi.)

Coba pengomposan

Pengomposan adalah sarana mendaur ulang hampir semua limbah organik. Ini mengurangi sebagian besar bahan organik, menstabilkan nutrisi lebih mudah menguap dan larut, dan mempercepat pembentukan humus tanah.

Aplikasi biasa dengan jumlah sederhana kompos – seperempat inci per musim – akan memberikan nutrisi slow release, yang secara dramatis akan meningkatkan retensi air tanah Anda dan membantu menekan penyakit. Pengomposan klasik relatif sederhana (untuk lebih lanjut tentang cara melakukannya, lihat “Mulai Tumpukan Kompos,” di bawah), tetapi dapat menjadi padat karya jika Anda mencoba melakukannya dalam skala besar. Semakin tua saya, semakin saya tertarik pada alternatif yang lebih mudah. Untungnya, saya menemukan dua.

maja tropical garden

kavling produktif maja tropical garden

Ketuk kekuatan ayam untuk mencampur bahan organik ke dalam tanah

Biasanya, saya menggunakan pagar jaring listrik untuk mengelola ayam-ayam saya, memutar mereka dari satu tempat ke tempat lain di padang rumput. Ketika dibutuhkan, bagaimanapun, saya “memarkir” mereka di salah satu ruang kebun saya. Saya membuang bahan organik apa pun yang saya miliki dalam tumpukan, dan ayam dengan senang hati melakukan apa yang paling mereka sukai – menggaruk tanpa henti melalui materi itu, mencari hal-hal menarik untuk dimakan. Dalam prosesnya, mereka mengirisnya dan memasukkannya ke dalam beberapa inci atas tanah, zona aktivitas biologis yang paling intens. Kotoran mereka tergores juga, dan mereka memberi dorongan besar pada mikroba tanah.

Pelajari Hal Ini untuk Mendapatkan Kavling Produktif..!!!

Anda dapat mempelajari ini. “Tambang” nutrisi tanah dengan tanaman berakar dalam. Seperti yang saya jelaskan di artikel sebelumnya, ketika Anda pertama kali mulai berkebun, mungkin perlu menggunakan serbuk batu, dan sumber mineral lepas lambat lainnya, untuk memperbaiki kekurangan mineral di tanah. Namun, dalam jangka panjang, Anda dapat menyediakan mineral tanpa membeli input. Bahan organik yang kami tambahkan ke pasokan tanah kami sebagian besar mineral yang dibutuhkan oleh tanaman yang sehat. Selain itu, kami menanam “patch kesuburan” untuk menumbuhkan banyak suplemen mineral kami sendiri.

Menumbuhkan tanaman penutup mungkin merupakan strategi paling berharga yang dapat kita adopsi untuk memberi makan kavling produktif, membangun kesuburannya dan memperbaiki strukturnya dengan setiap musim yang lewat. Tanaman penutup yang baru saja mati menyediakan nutrisi yang siap tersedia untuk teman-teman mikroba tanah kita dan karenanya untuk tanaman pangan. Ditambah lagi, saluran yang dibuka oleh akar tanaman penutup yang membusuk memungkinkan oksigen dan air menembus tanah.

Comments Off on Jenis Pagar Rumah Minimalis Modern

Membangun sebuah rumah, tidak hanya didalamnya saja yang harus di perhatikan untuk kenyamanannya, namun keamanannyapun harus diperhatikan, seperti pagar rumah misalnya, sebenarnya apa fungsi dari pagar rumah itu sendiri? Dengan seiring perjalanannya waktu, tahukah anda? Jika ternyata yang namanya pagar rumah tidak hanya berfungsi sebagai pengaman ataupun pembatas saja, namun sangat bermacam-macam sekali penggunaannya, misalnya saja untuk memperindah tampilan desain eksterior bangunan itu sendiri, dan kegunaan lainpun bisa dimanfaatkan untuk permainan anak-anak misalnya untuk bermain petak umpet, tujuannya agar supaya anak-anak lebih aman didepan teras rumah, selain itu kegunaan pagar juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menempelkan iklan atau lowongan kerja, itu hanya jika kita memang memperlukannya, nah? Sangat banyak sekali kegunaan pagar rumah, namun sebelum anda membuatnya, anda perlu tatanan untuk membuat model pagar rumah minimalis yang serasi dengan arsitektur rumah, ini juga berlaku bagi anda yang ingin mengubah tampilan pagar rumah.

Jenis Pagar Rumah Minimalis Modern

Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, jika tujuan utama membuat pagar rumah adalah untuk membuat rumah aman dan nyaman, sebab keamanan adalah kepentingan bersama milik keluarga, tapi jika rumah kurang dilengkapi dengan pagar, lihat saja, beberapa penghuninya akan sedikit terasa terganggu dan kurang aman serta kurang nyaman pula, mungkin anda sedang kebingungan ingin membuat pagar rumah minimalis yang seperti apa sdesainnya, banyak sekali sebenarnya model pagar rumah yang bisa kita buat untuk saat ini, dan berikut disini kami mencoba melansir tentang beberapa Jenis Pagar Rumah Minimalis Modern, diantaranya :

Pagar Besi Minimalis.

Tahukah anda? Trnyata pagar rumah besi ini merupakan pagar rumah yang paling banyak digemari oleh beberapa orang, diabad ke-20 pun yang namanya pagar besi minimalis ini sudah menjadi tren, selain bentuknya yang memang menarik, pagar besi ini juga sangat mempunyai daya tarik untuk memperindah tampilan rumah, dan pagar besi ini sangat mudah perawatannya ketimbang pagar yang lainnya, itu menurut survey yang ditemukan, pagar besi ini juga bisa di percantik dengan aksesoris agar lebih menarik yang melihat, namun anda pastikan dulu untuk bahan engselnya, karena selain mudah dirawat, tapi pagar ini juga bisa cepat rusak, apabila pemilik tidak rajin-rajin melakukan perawatan, terpenting adalah referensi sebelum benar-benar akan membuat pagar besi ini, agar anda bisa menemukan pilihan yang tepat.

Pagar Rumah Besi Tempa.

Untuk pagar besi tempa ini mempunyai keunggulan diantaranya : sangat terlihat megah dan juga terlihat sangat eksklusif, namun pagar rumah ini hanya digunakan untuk rumah yang memang memiliki ukuran besar dan lebar, dan pagar besi tempa ini juga membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya, sangat berbeda dengan jenis-jenis pagar rumah yang lainnya, kenapa demikian? Sebab developer properti dalam membangun pagar besi tempa perlu ketelitian dan tingkat tinggi dalam pembuatannya, agar hasilnyapun lebih maksimal bagus, pagar yang satu ini juga biasanya lumayan banyak dipesan dari kantor-kantor, sebab dengan pagar ini, kendaraan lebih mudah masuk serta keluar.

Semoga ulasan kali ini ada manfaatnya, yang perlu di ingat disini hanya tentang referensi, perlu referensi sebelum memutuskan untuk membangun atau membuat pagar rumah minimalis modern ini, dan disinipun anda harus perhatikan kebutuhan anda saat ini, apabila memang sudah mencukupi kebutuhan, bolehlah anda segera memutuskan untuk membangun sebuah pagar yang mewah minimalis, tentu dengan arsitektur yang mengerti akan hal ini, terima kasih telah berkunjung kehalaman kali ini, demikianlah Jenis Pagar Rumah Minimalis Modern yang bisa kami bagikan.

Comments Off on Model Rumah Sederhana yang Indah

Rumah yang indah adalah rumah memberikan rasa nyaman dan aman kepada penghuni nya maupun bagi pengunjung nya. Rumah yang indah menjadi hal utama yang di perhatikan oleh semua orang, hal ini bisa kita lihat bagaimana seseorang mendesain rumah nya sebaik dan seindah mungkin, tentu saja harapan nya agar rumah tersebut bisa memberikan rasa nyaman. Tak perlu memiliki rumah mewah untuk mendapatkan kenyamanan, walaupun rumah sederhana bisa memberikan suasana keindahan asal kita mampu mendesain model rumah sederhana tersebut. Pastinya orang akan bahagia jika mereka berhasil merenovasi dan mendesain rumah sederhananya menjadi rumah yang memiliki model indah.

Model Rumah Sederhana yang Indah

Kita ketahui bersama bahwasa nya makin hari banyak sekali model rumah terbaru yang hadir di tengah daerah kita. Mulai dari model rumah minimalis hingga model rumah mewah mewarnai sudut-sudut kota maupun perumahan. Berbagai pilihan model rumah dengan tipe variatif juga ikut melengkapi untuk menarik daya minat pembeli.

Oleh sebab itu lah, para arsitek maupun developer properti selalu berusaha untuk mendesain model rumah seindah mungkin agar bisa menarik pangsa pasar yang ingin membeli rumah untuk keluarganya maupun untuk pribadinya. Namun, walaupun terdapat banyak model rumah minimalis, tentu saja juga banyak Model Rumah Sederhana yang Indah. Berikut ini ada beberapa ciri model rumah sederhana yang bisa Anda jadikan referensi.

Perpaduan Antar Model Klasik dan Modern

Rumah sederhana adalah rumah yang tidak mengedepankan desain yang komplit, yang paling penting adalah kebersihan. Rumah sederhana juga tidak membutuhkan furniture – furniture mahal, maupun desain interior yang mewah. Walau pun demikian, bukan berarti rumah sederhana tidak modern. Kita bisa melihat adanya kombinasi desain antara model klasik dengan model modern di setiap eksterior maupun interior rumah, seperti pagar rumah, atap rumah dan teras rumah.

Suasana yang Asri

Model rumah sederhana memiliki ciri yang asri dalam segi pandangan maupun dalam segi kenyamanan. Hal ini terlihat dari warna rumah yang kalem, namun di lengkapi dengan taman kecil di depan rumah sehingga rumah sederhana akan menciptakan suasana yang asri dan sejuk.

Penataan Ruangan yang Pas

Tak hanya di lihat dari luar saja ciri – cirinya, rumah dengan model sederhana bisa di lihat di dalam nya dengan penataan ruangan yang rapi. Walaupun tidak kita jumpai funriture yang modern, atau hiasan dinding yang bagus, tetapi rumah sederhana benar-benar memiliki tatanan yang rapi dan bersih..

Lebih Kental Desain Klasiknya

Rumah sederhana yang bisa kita temui saat ini, biasa nya masih kental dengan suasana klasik nya. Terlihat dari atap nya yang masih menggunakan bahan genting, dan juga memiliki model klasik berbentuk segitiga jika di lihat dari depan.

Itulah sebagian ciri – ciri Model Rumah Sederhana yang Indah dan bisa kita jumpai di jaman ini. Walau tak semuanya rumah sederhana itu indah namun seiring perkembangan jaman si empunya pasti akan merombak rumah sederhana nya menjadi rumah yang modern tanpa meninggalkan keunikan dan ke klasikan desain nya. Bagi Anda yang mungkin ingin mendesain rumah sederhana nya menjadi rumah yang modern tak usah susah-susah untuk merenovasi total, cukup dengan penggantian beberapa elemen rumah seperti pagar rumah, teras rumah maupun tata letak ruangan juga sudah bisa menghasilkan model rumah sederhana yang modern.

 

Comments Off on Urgensi Kehidupan Kampus Menangkal Penyebaran Paham Radikalisme

Peguruan tinggi menjadi benteng negara dalam menghidupkan intelektualitas di kalangan masyarakat, dalam perjalanan bangsa perguruan tinggi banyak menciptakan negarawan-negarawan yang berkiprah dikalangan nasional. Sejarah mencatat peristiwa-peristiwa penting muncul dari gagasan-gagasan intelektual muda pada tahun 1908 melahirkan Boedi Utomo yang dimotori oleh pemuda pelajar dan mahasiswa dari lembaga pendididkan STOVIA, pada tahun 1928 tepatnya tanggal 28 oktober lahirlah sumpah pemuda yang dipelopori cendekia-cendekia yang bergabung dalam PPPI (Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia), pada tahun 1945 Proklamasi kemerdekaan , pada tahun 1966 (tritura) yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa (KAMI), 1974 yang lebih terkenal dengan Malari (Peristiwa Lima belas Januari), dan selanjutnya tahun 1998 yang lebih terkenal dengan perlawanan terhadap KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) dan sering disebut dengan Reformasi, gerakan masiv ini berhasil menurunkan pemerintahan soeharto setelah memimpin lebih dari 30 tahun. Sejarah diatas bukanlah sebuah kebetulan namun ada sebuah proses dari kebiasaan untuk membentuk karakter pemuda dalam menjalani dunia pendidikan. Seperti yang dikatakan filsuf skotlandia David Hume karakter adalah hasil dari sebuah prinsip yang dibiasakan. Kebiasaan-kebiasaan ini bisa kita dapatkan didalam kelas maupun diluar kelas seperti organisasi, komunitas ataupun lembaga-lembaga sosial lainya. Sehingga membentuk karakter-karakter yang sadar tentang rasa kebersamaan, rasa nasionalisme (konsensus) untuk melawan ketidakadilan (melawan kejahatan-kejahatan terhadap manusia). Yang menjadi pandangan kita semua saat ini tantangan yang cukup fenomenal paham radikalisme yang setiap saat bisa mengancam generasi muda.

Pendidikan mempunyai akar yang pahit, tapi buahnya manis (Aristoteles) Kehidupan dikampus yang cukup plural, dan terkenal dengan kegiatan akademis, tidak luput dari ancaman paham radikal. Radikal berasal dari kata radic yang berarti akar dan menurut KBBI radikal adalah secara mendasar, atau bisa juga diartikan sesuatu prinsip yang mengakar. Seiring dengan perkembanganya radikal sebagai paham yang pada level pemikiran atau paham yang bersifat memaksa dan cenderung dengan keras (ekslusivisme). Paham radikal juga sering dimaknai sebagai gerbang awal terorisme. BIN mencatat sekitar 39% Mahasiswa di Indonesia terjangkit paham radikal, dan dinilai subur tumbuh. Ini perlu adanya pandangan khusus dan adanya antisipasi dunia pendidikan dalam menangkal paham radikalisme.

Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dasar dan tujuan pendidikan, jelas tertera bahwa pendidikan berdasarkan Pancasila dan UUD’45 dan pendidikan memiliki fungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter bangsa, yang bertujuan mengembangkan potensi peserta didik yang memiliki nilai sosial, religius, dan demokratis. Ancaman paham radikal bisa mengacaukan apa yang menjadi amanat konstitusi, Satuan pendidikan sebagai penyedia sarana dan prasarana baik pengembangan secara fisik intelektual,sosial, emosional dan psikis peserta didik harus tanggap terhadap ancaman tersebut.

Bahkan isu ini sempat menjadi perhatian ketua DPR Bambang Soesatyo, cendikiawan muslim salah satu mantan rektor UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta Azyumardi Azra dan sekretaris komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam. gejala paham radikalisme terindikasi dari organisasi yang berafiliasi dengan organisasi yang lahir dari luar Indonesia. Ketiga tokoh tersebut menyepakati untuk mengembalikan organisasi ekstra kampus seperti HMI, PMII, GMNI, KAMMI dan IMM kembali didalam kampus, Sebagai alternatif menjaga komitmen terhadap nilai kultural dan keindonesiaan, dengan pelatihan kepemimpinan yang membentuk karakter mahasiswa menjadi insan religius dan nasionalis bisa menjadi benteng paham radikal.

Secara historis munculnya pemisahan organisasi ekstra kampus dan intra kampus sebagai kekuatan pemerintahan kala itu, karena dianggap politik mahasiswa sebagai ancaman bagi para penguasa, mahasiswa sebagai bagian integral didalam kehidupan kampus yang memiliki peran penting dalam menjalankan tugas-tugas perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi). Pemerintah memberikan stereotip terhadap mahasiswa jika mahasiswa terjebak dalam politik praktis, padahal secara keorganisasian organisasi kampus tidak memiliki ajaran-ajaran atau berafiliasi dengan partai politik. Pada masa orde baru muncul perlawanan mahasiswa tahun 1974 yang mengakibatkan DEMA (Dewan Mahasiswa)  dibekukan, pada tahun 1977 puncak gerakan kala itu menuntut sasaranya adalah Presiden Soeharto untuk mundur dari jabatanya dan tidak mencalonkan diri. Sebab, apa yang mereka tuntut tidak lagi hanya soal strategi pembangunan, atau pelaksanaan demokrasi dalam bidang politik dan keadilan sosial ekonomi, melainkan menuntut pengunduran diri Presiden Soeharto dari jabatanya dan tidak lagi mencalonkan diri untuk pemilihan presiden periode selanjutanya ( Fahry Ali, 1985: 27). Untuk mananggapi hal ini pemerintah melakukan tindakan terhadap mahasiswa. Melalui kemendikbud Daoed Joesoef mengeluarkan kebijakan NKK (Normalisasi Kehidupan Kampus) dengan surat keputusan 0156/U/1978, yang mengakibatkan pembubaran Senat Mahasiswa dan Dewan Mahasiswa. Disusul Surat keputusan Nomor 037/U/1979 tentang BKK (Badan Kordinasi Kemahasiswaan) yang berhasil membekukan kegiatan organisasi mahasiswa di dalam kampus. Dalam kinerjanya pemerintah berhasil membungkam mahasiswa, di nilai Eksistensi pergerakan mahasiswa era NKK di hegemoni oleh pemerintah. Disamping gaungnya memang tidak sekuat gerakan mahasiswa masa-masa sebelumnya tampak kurang terarah. Apakah ini hasil NKK? Matinya DEMA mengakibatkan mahasiswa menemui kesulitan untuk mengadakan kordinasi secara nasional? Atau kesibukan mahasiswa ke dalam sibuk oleh KRS dan SKS? Tak taulah. Rasa-rasanya, Era NKK memang bukan masa berkiprahnya gerakan mahasiswa. Ada yang disebut sebagai “mplempem” (Prisma, Juni 1987:6). Semoga ini menjadi kontemplasi kita semua, jangan sampai budaya yang sudah dikubur pada era orde baru dibangkitkan kembali. Mahasiswa tidak lagi dijadikan bagian penting dalam proses perjalanan bangsa, mahasiswa-mahasiswa dibatasi dalam ruang geraknya, mahasiswa dipecah-pecah, dikotak-kotakan agar mudah digembosi dalam ruang geraknya.

M.Hatta (1966) memiliki gagasan bahwa hanya pemuda yang sanggup mengubah tatanan sosial yang membungkus ketidakadilan, karena pemuda masih murni jiwanya dan ingin melihat pelaksanaan kebijakan pemerintah secara jujur seperti yang telah dijanjikan pada rakyat; yang dipahami adalah pemuda memiliki jiwa yang murni, karena pemuda belum memiliki rutinitas dan pemikiran seperti orang tua, yang sudah dibenturkan dengan kompleksitas kehidupan. Mahasiswa yang dikenal sebagai kalangan akademis yang berfikir ilmiah, bertindak sistematis, memiliki analisis dengan keobyektivitasanya bisa saja dibentuk oleh lingkungan dan kebiasaanya. Seperti diatas yang dikatakan David Hume kebiasaan bisa membentuk karakter, pendidikan atau ruang kampus haruslah representatif dengan kegiatan ilmiah, diskusi keilmuan, sehingga membentuk karakter mahasiswa yang sesuai menjadi amanat konstitusi. Sesuai UU No 20 Tahun 2003 pendidikan dijalankan secara demokratis semsetinya tidak ada pemisahan antara mahasiswa antara label eksternal maupun internal, ini peran politik yang tidak menginginkan mahasiswa terintegrasi, karena mahasiswa sebagai oposisi dari pemerintahan yang berangkat dari kemurnian jiwa, melihat jujur realitas kebijakan pemerintah. Ada sesuatu yang kadang kita lupakan mahasiswa memiliki cakrawala berfikir ini yang menjaga eksistensi mahasiswa dan sulit untuk dipecah terbukti sampai detik ini sumpah mahasiswa terus berkumandang “Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah, Bertanah Air satu, tanah Air tanpa Penindasan, Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah Berbangsa Satu Bangsa Yang Gandrung Akan Keadilan, Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah Berbahasa Satu Bahasa Tanpa Kebohongan,” kata kita menegaskan pada lahir dari tanah yang sama, lahir dari bahasa yang sama, dan  lahir dari bangsa yang sama.