Cara Promosi Di Facebook untuk pengusaha pemula dan menengah

cara promosi di facebook
cara promosi di facebook

Cara Promosi di facebook – Halo sahabat bisnis, Facebook adalah salah satu media sosial paling besar di dunia. Mungkin sahabat bisnis semua punya facebook dan bisa lebih dari satu akun. Karena banyaknya pengguna Facebook, platform ini sangat bagus untuk meningkatkan bisnis para sahabat bisnis. Namun kamu masih bingung bagaimana sih cara agar bisa sukses promosi di facebook yang efektif ? Berikut akan saya kasi tahu rahasia cara promosi di facebook paling gacor. Karena ini sangat penting untuk bisnis kamu, maka jangan sampai skip ya !!!

5 Cara Promosi Di Facebook, Simak Baik-Baik !!!

Berikut ini adalah 5 cara promosi di Facebook yang efektif untuk bisnis kamu :

1. Buat Konten Yang Berkualitas

Konten adalah segalanya di media sosial. Facebook mempunyai algoritma mengenai mana konten yang bagus dan sedang trend di internet. Facebook sendiri menyimpulkan konten termasuk berkualitas atau tidak berdasakan beberapa hal. Pertanyaannya bagiamana konten yang menurut facebook berkualitas ? penasaran kan, lanjut baca.

Yang pertama adalah kualitas gambar dan vidio. Kualitas gambar dan vidio HD akan adalah rekomendasi dari saya. Kenapa gabar HD, karena facebook ingin penggunanya mempunyai pengalaman yang memuaskan. Tentu kamu pengguna facebook akan lebih suka kualitas gamber yang buram daripada gambar yang tidak jelas. Facebook adalah sebuah bisnis, seperti anda tau bisnis selalu tentang kepuasan pengguna atau customer. Paham ?? oke mari kita lanjut.

Yang kedua, usahakan menggunakan gambar tau vidio original atau asli. Jangan gunakan gambar comotan dari internet, Tapi ingat kata saya di paragraf sebelumnya. Facebook sangat suka dengan produk original dibanding dengan foto yang di dapat dari internet. Gimana kalau saya tidak bisa buat foto bagus ? Ambil di internet dan edit, jangan sampai langusung upload. Waduh saya tidak bisa edit foto/vidio, Gimana dong ? Lihat turorial di yotutube. Kalau gak mau mending turu. Tapi kok banyak orang asal posting bang ? Kalau mau tiru mereka ya silahkan

Ketiga, Buat konten yang menarik, menghibur, bermanfaat, dan menginspirasi. Konten seperti itu sangat disukai oleh facebook dan penggunanya. Semua orang suka hiburan, suka tips bermanfaat, dan suka inspirasi. Efeknya akan banyak like, komen, dan share dari postingan kamu. Konten bisa menarik karena gambarnya , vidionya, atau captionnya. Buatlah konten sekreatif mungkin, gunakan imajinasi kalian, dan pengamatan pada pengguna facebook. Simak konten yang viral dan pelajari secara mandiri, cari rumusnya nanti kalian akan pelan-pelan bisa paham strateginya. Jika kamu buat konten produk, mungkin yang menarik adalah manfaatnya produk. Nanti di akhir akan saya beri tau contoh konten yang bisa mendatangkan like, komen, dan share.

Keempat, Buat konten sesuai goals kamu. Misalnya jika sama sekali belum ada yang tau bisnis kamu karena baru opening, maka buat konten bisa viral. Contoh lain jika goals kamu meningkatkan keercayaan orang, maka buat konten tentang testimoni. Tapi ingat, gunakan tiga hal yang sudah saya jelaskan sebelumnya dan pakai teknik copywriting.

Cara promosi di faebook yang pertama ini akan sangat berguna dan menjadi modal awal dalam membangun facebook. Cara promosi di facebook gratis jika kamu mau belajar membuat konten berkualitas, tetapi juga bisa menggunakan jasa pembuatan konten.

2. Manfaatkan semua fitur Facebook

Selanjutnya cara promosi di Facebook yang efektif yang maksimalkan semua fitur. Facebook mempunyai fitur yang beragam, dan kamu perlu mencoba semua fiturnya. Fitur Facebook antara lain grup, fanspage, FB marketplace, FB reels, FB story dan FB ads.

Macam-macam fitur itu mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsi dari 7 fitur facebook :

  • Grup : Berguna untuk menemukan orang dengan kesamaan minat. Kamu bisa masuk ke grup-grup itu untuk menawarkan produk. Namun tidak semua grup bisa diposting secara bebas karena sang admin biasanya menggunakan persetujuan postingan. Jadi berdoalah agar postingan kamu di setujui admin. Saran saya beli grup yang sudah besar jika kamu punya modal besar, atau kembangkan grup dari nol yang butuh kerja keras, konsistensi, dan kecerdasan membuat konten.
  • Fanspage : Berguna untuk membangun fansbase dari produk kamu. Kamu tidak harus langsung memposting produk kamu disitu, tetapi bangunlah followers. Caranya dengan buat postingan berkualitas baik itu vidio, foto , reels, atau story. Jangan lupa undang teman FB kamu untuk memfollow fanspage kamu. Jika sudah banyak followers baru seling dengan konten promosi produk.
  • FB marketplace : fungsinya tentu saja untuk menjual produk kamu secara langsung. kamu bisa memposting secara rutin di FB marketplace dengan foto dan deskripsi yang berbeda. Posting sebanyaknya agar kamu semakin yang melihat produkmu. Jangan lupa riset keyword yang sering di cari di beranda FB ataupun di FB marketplace.
  • FB reels : fungsinya untuk menjangkau pengguna yang tidak pernah terhubung dengan akun kamu. Reels tidak seperti feed biasa yang hanya menjangkau teman atau followers. Sebaiknya gunakan reels untuk meningkatkan engagement secara cepat.
  • FB story : berfungsi untuk meningkatkan retensi interaksi antara followers dengan akun kamu. Di fanspage bahkan kamu bisa menaruh link produk di story. Jadi jangan sia-siakan ya kawan bisnis.
  • FB ads : adalah fitur iklan pada facebook. Dengan iklan, kamu bisa menjangka audiens yang lebih banyak dan meningkatakn penjualan. orang-orang biasanya menggunakan sistem CPC (cost per click) untuk menghemat anggaaran iklan. Gunakan konten yang bagus dengan copywriting yang menjual agar tidak boncos atau rugi. Untuk lebih jelasnya bisa mencari cara promosi di facebook ads.

3. Mendorong aktivitas sosial dari toko online Anda

Ini adalah cara yang bagus untuk mempromosikan produk terbaru Anda di Facebook! Beri reward atau hadiah pada customer yang mengikuti brand Anda di Facebook atau berbagi produk Anda. Mengapa? Anda dapat menawarkan promosi atau kontes yang berjalan secara eksklusif pada halaman Facebook Anda.Strategi yang dapat meningkatkan berbagi untuk Anda, tetapi memiliki batasan. Menurut pedoman di Facebook , Anda tidak dapat mengatur tindakan (seperti mengikuti page atau like) sebagai persyaratan untuk masuk. Cara promosi di facebook yang satu ini butuh modal yang memadai, jadi rencanakan dengan matang.

Program reward yang memberikan customer poin untuk aktivitas sosial tertentu seperti:
Mengikuti Page Facebook Anda
Opsi ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan pengikut facebook page. Pengkut atau follower yang lebih besar berarti lebih banyak orang yang akan melihat update bisnis Anda. Hal ini juga memberi Anda kesempatan untuk menyempurnakan promoted posts (Iklan Facebook) Anda di Facebook.
Berbagi page Facebook Anda
Memberikan poin sebagai imbalan dari berbagi page facebook Anda (atau apapun halaman di toko Anda) adalah cara sempurna untuk mendapatkan perhatian dari teman-teman customer Anda yang lain.
Mengundang Customer Baru
Mengambil langkah terakhir sedikit lebih jauh oleh pelanggan berharga yang mengundang teman-teman mereka melalui Facebook ke toko Anda. Ketika teman baru diundang melakukan pembelian, mereka berdua mendapatkan diskon. Ini adalah win-win solution!
Mengapa hal-hal tersebut layak dilakukan oleh pelanggan? Alasannya adalah poin.
Customer Anda dapat mengumpulkan poin dan redeem atau menukarkan poin tersebut untuk hadiah seperti diskon atau penawaran eksklusif lainnya.

Dalam contoh ini, customer dapat berbagi produk dan mendapatkan poin loyalitas sebesar 250 poin di toko online ini.Setelah share tersebut terjadi, customer dapat menerima poin tersebut.

4. Minta penilaian sebagai salah satu cara promosi produk di Facebook

Jika Anda sudah memiliki pengikut atau follower yang banyak (atau setidaknya beberapa follower khusus yang jatuh cinta dengan apa yang Anda jual) berterima kasihlah kepada mereka. Tanyakan apakah mereka bersedia untuk memberikan penilaian atau ulasan di page Facebook Anda.

Anda akan mendapatkan sebuah pelajaran bahkan jika Anda hanya memiliki 1 atau 2 ulasan. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari beberapa rating dengan bintang 5 di halaman Facebook Anda. Ulasan atau review tentang sebuah produk dapat muncul dalam hasil pencarian ketika customer membutuhkan info lebih lanjut tentang brand atau merk bisnis Anda. Itu penting.

Anda harus selalu berasumsi bahwa sasaran konsumen Anda sedang melakukan penelitian tentang produk yang ingin mereka beli! Menurut riset yang dilakukan oleh Moz, 67,7% responden dalam survei mereka mengatakan bahwa ulasan berdampak pada keputusan pembelian customer .

Selanjutnya Anda bisa memikirkan hal ini sebagai cara untuk membangun loyalitas.
Beberapa ulasan yang baik mungkin dapat menghasilkan perhatian orang lain dan meningkatkan brand awareness produk Anda. Kemudian, bahkan hal ini mungkin menjadi alasan Anda akan memiliki ratusan (atau bahkan ribuan) dari customer yang memuji toko online Anda. Cara promosi di facebook yang satu ini menjadi alasan kenapa orang bisa percaya pada produk kamu. semakin banyak review positif maka akan semakin baik penjualan yang akan kamu dapatkan.

5. Iklan

Iklan Facebook adalah salah satu platform iklan terbaik yang tersedia untuk untuk sebuah bisnis. Lebih dari1,65 miliar pengguna aktif bulananĀ  berbagi segala sesuatu dari informasi demografis, lokasi, interest dan sejenisnya tertentu.
Gunakan informasi ini untuk mempromosikan posting spesifik Anda, page Facebook atau website lebih tepat. kepentingan Target, demografi dan geografi.

Coba menggabungkan fitur Shop baru di Facebook ke dalam strategi iklan Anda. Jika Anda sudah menambahkan fitur shop ke page Facebook Anda, Anda benar-benar dapat meningkatkan produk individu melalui iklan Facebook juga.
Pertimbangkan merk dan produk yang dapat melengkapi apa yang Anda tawarkan. Anda harus menargetkan setiap iklan dengan hati-hati.

Pikirkan tentang gaya atau karakter yang dibangun melalui produk Anda dan targetkan interest tersebut juga. Misalnya bila produk Anda tentang fashion, karakter atau gaya yang bisa terbangun adalah casual, sporty dll.
Pertimbangkan juga majalah yang customer Anda baca, kegiatan apa yang mereka ikuti atau tempat mereka bepergian.

Anda bisa menggunakan gambar yang menarik bersama dengan iklan Anda. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Pilih mana yang mendeskripsikan produk Anda atau toko Anda. Dengan cara itu, Anda akan mendorong banyak klik iklan, dari orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk Anda. Itulah cara promosi di facebook ads, untuk lebih jelaskan cari saja arikel cara promosi di facebook ads.

Itulah beberapa penjelasan tentang cara promosi di facebook untuk pemula terutama pemilik usaha. Terus bealajar, siapkan mental, dan perbanyak kerja.