Cara Keluar dari Rutinitas Membosankan dan Kembali Ceria

Cara Menangani Rasa Bosan Dengan Rutinitas Yang Mengasikan

Waktu berlalu dalam sekejap mata. Sebelum Anda menyadarinya, Anda sudah menginjak usia 30 tahun, bertanya-tanya ke mana perginya satu dekade terakhir. Atau, Anda mungkin berusia empat atau lima puluhan, bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang sama seperti “Mengapa saya terjebak dalam rutinitas yang membosankan ini?” dan “Apakah ini semua yang ada untuk hidup?”

Penelitian menunjukkan bahwa orang cepat merasa menyesal terutama untuk hal-hal yang belum kita lakukan, dibandingkan dengan sesuatu yang telah kita lakukan. Dalam tinjauan meta analisis mereka terhadap 11 studi penyesalan, yang dilakukan oleh peneliti Neal Roese dan Amy Summerville menemukan enam hal teratas yang paling disesali dalam hidup: pendidikan, karier, romansa, pengasuhan anak, diri sendiri, dan waktu luang.

Perubahan drastis tidak penting untuk mulai menikmati sinar matahari baru dalam hidup Anda. Anda akan menemukan bahwa permata tersembunyi berkilauan dengan kegembiraan di tempat-tempat yang paling tidak terduga. Anda hanya perlu belajar bagaimana melihatnya lebih dekat melalui lensa yang berbeda.

Rutinitas

1. Ingat Anda Tidak Pernah Terlalu Tua untuk Belajar

Pada tahun 1936, Anne Martindell keluar dari Smith College pada akhir tahun pertamanya, karena ayahnya tidak menyetujui perempuan dengan pendidikan tinggi. Pada tahun 2002, Martindell kembali ke Smith College untuk meraih gelar sarjana dan kehormatan pada usia 87 tahun. Bahkan setelah menjalani karir yang penuh warna dalam politik, termasuk menjadi Senator Negara Bagian New Jersey dan Duta Besar untuk Selandia Baru dan Samoa Barat, Martindell ingin kembali ke sekolah.

Meskipun kembali ke sekolah formal mungkin tidak membuat Anda bersemangat sedikit pun, tidak ada waktu seperti saat ini untuk melatih rasa ingin tahu Anda. Kesempatan untuk mempelajari hampir semua hal ada di ujung jari jika Anda memiliki akses ke komputer. Bahkan universitas Harvard dan Oxford menawarkan kursus mereka secara online!
Apakah ada sepotong Martindell di dalam diri Anda? Sudahkah Anda memulai sesuatu yang tidak bisa Anda selesaikan? Apakah ada sesuatu yang selalu ingin Anda pelajari atau keterampilan yang ingin Anda kembangkan?
Anda bisa membuat petualangan belajar ini selama atau sesingkat yang Anda inginkan. Yang terpenting, pilih aktivitas yang menggairahkan Anda dan menggelitik Anda secara emosional dan mental di semua tempat yang tepat.

2. Jangan Pernah Mengambil Jalan yang Sama Dua Kali

Ada sebuah ungkapan emas yang mungkin bisa menginspirasi Anda, “jangan pernah menempuh rute yang sama dua kali.” Beberapa tempat paling luar biasa yang dia temukan dalam perjalanannya adalah karena memaksa dirinya keluar dari jalur.

Teman saya dulu menyimpang dari grup tur massal dan rekomendasi konvensional pemandu. Sebagai imbalannya, dia bertemu dengan penduduk lokal yang luar biasa yang berbagi sejarah tidak terdokumentasi dari tempat-tempat yang dia kunjungi, termasuk cerita yang hanya diturunkan dari mulut ke mulut, dan dari generasi ke generasi.
Anda tidak perlu bepergian ke mana pun yang belum pernah Anda kunjungi untuk mengalaminya. Anda dapat membuat penemuan luar biasa dengan menjadi turis ahli di kampung halaman atau desa Anda sendiri.

Saat Anda berjalan-jalan sendiri, misalnya, pergilah ke jalan yang belum pernah Anda masuki sebelumnya seperti search situs judi online. Jika biasanya Anda selalu mendatangi kafe yang sama, cobalah untuk menikmati secangkir kopi di kafe yang berbeda dari tempat langganan Anda. Mulailah mengambil jalan memutar dan rute kecil untuk mengubah rutinitas membosankan Anda. Anda tidak hanya akan menemukan tempat-tempat baru tetapi juga kemungkinan bertemu dengan beberapa orang yang menarik di sepanjang jalan.

3. Adakan “Permainan” di Tempat Kerja

Dengan tuntutan terus menerus untuk menghasilkan sesuatu, menyelesaikan tugas, merencanakan, dan mengevaluasi secara kritis bagaimana meningkatkan pekerjaan Anda, Anda mungkin mati rasa secara kognitif pada tengah hari. Melanjutkan jalan ini dapat menyebabkan Anda berpikir untuk meninggalkan pekerjaan yang dulu Anda sukai. Entah bagaimana, Anda akan berhenti mengingat bagaimana menikmatinya.

Untuk menghindarinya, melakukan aktivitas yang menyenangkan di tempat kerja Anda dapat membuat Anda melakukan tap-dance dengan cara Anda bekerja alih-alih menyeret kaki Anda. Menurut survei terbaru, Talent LMS menemukan 89% responden melaporkan bahwa mereka merasa lebih produktif, dan 88% melaporkan merasa lebih bahagia setelah menggunakan elemen “bermain” di tempat kerja.

Meskipun dibutuhkan beberapa perencanaan, kreativitas, dan konsultasi dengan rekan kerja dan karyawan, mengubah pengalaman kerja Anda adalah mungkin. Ini dapat menyalakan kembali dan sepenuhnya mengubah rutinitas tempat kerja Anda yang membosankan.

Gamifikasi tidak harus rumit. Semakin sederhana, semakin baik!

Misalnya, tentukan area untuk permainan kecil seperti dart. Untuk setiap tugas yang Anda selesaikan, tentukan jumlah percobaan yang berbeda. Ketika Anda mencapai kemenangan yang sukses, hadiahi diri Anda dengan sesuatu yang setara dengan usaha Anda. Demikian pula, Anda dapat memutuskan hadiah untuk sejumlah kemenangan tertentu.

Jika Anda tidak punya waktu untuk permainan papan, pertimbangkan untuk melakukan ‘perlombaan’ jangka pendek dengan rekan kerja untuk menyelesaikan sesuatu. Katakanlah, Anda mungkin mengerjakan aktivitas dengan target penyelesaian yang unik. Kemudian, Anda dapat bersaing pada siapa yang berhasil mencapai tujuan mereka terlebih dahulu atau tenggat waktu yang telah Anda sepakati di antara Anda sendiri.

Dalam hal ini, coba tetapkan target kerangka waktu yang singkat. Bandingkan bagaimana Anda berdua menyelesaikannya sesuai deadline. Tinjau dan bagikan kemajuan atau kekurangan Anda. Anda mungkin mengerjakan proyek individu, tetapi Anda masih mengemudi, saling mendukung. Dengan demikian, Anda dapat terhubung dengan rekan kerja Anda dalam prosesnya.

1. Manfaatkan Kreativitas Anda

Manfaat memiliki kreativitas sangatlah banyak. Anda tidak hanya belajar sesuatu yang lain tetapi juga membiarkan bagian-bagian otak Anda yang berputar dan terbakar sepanjang hari kerja untuk beristirahat.

Menciptakan sesuatu dari awal bisa sangat memuaskan dan bermanfaat secara emosional dan psikologis. Anda dapat menjalani perjalanan emosional, memicu indra Anda dengan cara dan intensitas yang berbeda.

Melakukan jenis proyek pekerjaan manual seperti tembikar, kayu, desain interior, atau renovasi dapat membuat Anda mengakses berbagai emosi yang lebih lengkap. Bisa sangat memuaskan melihat potongan-potongan teka-teki jigsaw berhasil Anda satukan.

Bahkan jika Anda tidak merasa memiliki kreativitas dalam tubuh, membaca literatur kreatif (misalnya, puisi, skenario, atau otobiografi) atau melihat karya seni membuat Anda merasa senang. Saat Anda membaca, Anda secara tidak sadar mencari koneksi individu dengan apa yang Anda baca. Semakin Anda mencari nilainya, semakin banyak sistem penghargaan yang menyenangkan diaktifkan. Anda mungkin akan tercengang begitu menemukan gairah dan bakat yang belum Anda sadari.

2. Buat Tujuan Pengalaman Harian

Bekerja dengan membuat sistem bucket list (dan terus menambahkannya) sangat dianjurkan. Namun, Anda juga dapat menikmati pencicip skala kecil seperti yang tercantum di bawah:
Saat pergi keluar, pesanlah sesuatu yang biasanya tidak Anda pesan.
Kunjungi restoran yang biasanya tidak Anda kunjungi.

Ambil rute yang berbeda untuk sampai ke tujuan yang Anda kunjungi secara teratur.
Dengarkan podcast yang berbeda setiap hari tentang sesuatu yang ingin Anda pelajari atau hanya ingin tahu.
Biarkan otak Anda bernapas dan melarikan diri dengan mendengarkan buku audio.

Pergi makan siang dengan rekan kerja yang berbeda.

Cobalah untuk mengadakan pertemuan di luar dengan suasana lebih santai, alih-alih melakukan semuanya di kantor.
Temukan dan dengarkan artis baru di akun Spotify Anda saat berolahraga atau saat sedang ingin ditemani audio.
Lakukan satu hal setiap hari yang sedikit meninggalkan kebiasaan dan rutinitas sehari-hari Anda. Dalam waktu singkat, mungkin bisa mengangkat mood Anda.

Hal yang hebat adalah bahwa tidak satupun dari ide-ide di atas mengharuskan Anda untuk membeli alat apapun untuk melakukannya. Anda juga dapat memutuskan untuk melakukan kegiatan ini secara spontan, mengingat mereka tidak memerlukan perencanaan atau bantuan besar.