Aktifitas

  • Pengertian Barang dan Jasa
    Apa sih yang di maksud dengan barang? Barang merupakan suatu produk yang sifatnya terlihat atau memiliki fisik atau berwujud sehingga dapat di berikan pada si pembeli, dapat di pindah tangankan antara si penjual dengan pembeli. Sedangkan ciri-ciri dari barang sendiri ialah berwujud, bermanfaat dan bernilai. Sehingga…[Read more]

  • Perbedaan dan Persamaan Sektor Publik dan Sektor Swasta
    Beberapa tugas dan fungsi sektor publik sebenarnya dapat juga dilakukan oleh sektor swasta, misalnya tugas untuk menghasilkan beberapa jenis pelayanan publik, seperti layanan komunikasi, penarikan pajak, pendidikan, transportasi publik, dan sebagainya. Namun, untuk tugas tertentu keberadaan…[Read more]

  • KUMPULAN UU DALAM PELAYANAN PUBLIK :
    1. NOMOR 59 TAHUN 2016 TENTANG PELAYANAN PUBLIK DI KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
    2. PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG PEDOMAN PENGELOLAAN PELAYANAN INFORMASI DAN DOKMENTASI KEMENETERIAN DALAM NEGERI DAN PEMERINTAHAN DAERAH
    3. UNDANG-UNDANG…[Read more]

  • Mytha Okti Maulia (175030107111015)
    Kumpulan Peraturan Perundangan Mengenai Pelayanan Publik Yang Berlaku Saat Ini
    Berikut adalah dasar-dasar hukum yang melandasi pelaksanaan pelayanan publik di Indonesia.
    i. Undang-Undang Dasar Tahun 1945
    • UUD 1945 Pasal 18A
    (2) Hubungan keuangan, pelayanan umum, pemanfatan sumber daya alam dan sumber daya l…[Read more]

  • Mytha Okti Maulia (175030107111015)
    PELAYANAN PUBLIK DAN PENERAPAN E-GOVERNMENT
    Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara…[Read more]

  • Mytha Okti Maulia (175030107111015)
    Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
    Pelayanan publik merupakan suatu aktivitas pokok yang keberadaannya sangat berperan penting dalam kelangsungan hidup individu maupun kelompok masyarakat. Kinerja penyelenggaraan pelayanan publik oleh pemerintah harus berkesinambungan dalam melayani kebutuhan…[Read more]

  • Nama: Yuliviana Andika L
    Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan Pelayanan Publik
    1. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Presiden Republik Indonesia…[Read more]

  • Umi Farah Az-Zahra 175030101111015

    STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

    Konsep kualitas pelayanan dapat dipahami melalui perilaku konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi suatu produk maupun pelayanan yang diharapkan dapat memuaskan kebutuhan mereka. Kualitas pelayanan public merupakan suatu kondisi dinamis yang…[Read more]

  • Umi Farah Az-Zahra 175030101111015

    INOVASI PELAYANAN PUBLIK: E-GOVERNMENT (E-LAMPID)

    Bank Dunia (World Bank) mendefinisikan e-Government yaitu “E-Government refers to the use by government agencies of information technologies (such as Wide Area Network, the Internet, and mobile computing) that have the ability to transform relations with c…[Read more]

  • Nama: Yuliviana Andika Lestari
    Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
    Pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah bahkan Badan Usaha Milik Negara. mempunyai tanggungjawab atau tugas kepada masyarakat yaitu berupa pelayanan publik. Tugas dari pemerintah sendiri yakni mampu menyelenggarakan dan melaksanakan tugas-tugas pemerintahannya.…[Read more]

  • PELAYANAN PUBLIK DAN KNOWLEDGE MANAGEMENT
    Menurut Sinambela (2006:5) pengertian pelayanan publik adalah, pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan.
    Menurut Kepmen PAN Nomor 25 Tahun 2004 pelayanan publik adalah segala…[Read more]

  • Annisa Mufidah Sari 165030100111070
    INOVASI PADA PELAYANAN PUBLIK (Pelayanan Satu Atap, Pelayanan Satu Pintu, One Stop Service, dan Drive Thru)

    Evert M. Rogers (Suwarno, 2008:9) mengemukakan bahwa Inovasi adalah suatu ide, gagasan,praktek atau objek / benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal baru oleh seseorang atau kelompok untuk…[Read more]

  • Kumpulan Peraturan Perundang-Undangan mengenai Pelayanan Publik
    Annisa Mufidah Sari 165030100111070

    1. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 18A, pasal 27, pasal 28A-D, pasal 28H, pasal 28I ayat (2), dan pasal 34 ayat (3)
    2. Undang-Undang No. 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
    3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor…[Read more]

  • Kualitas Pelayanan Publik
    Secara umum, penyediaan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat merupakan salah
    satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap penyelenggara Negara. Akan tetapi sebagaimana
    diketahui bahwa citra pelayanan pemerintah saat ini dinilai masih jauh dari harapan masyarakat.
    Berbagai keluhan dan pengaduan terhadap…[Read more]

  • Sistem Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

    Kualitas Pelayanan Publik Menurut Deddy Mulyadi, dkk (2016) untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, perlu diperhatikan komponen-komponen pelayanan, yang meliputi yakni, “
    1) prosedur pelayanan,
    2) waktu penyelesaian,
    3) biaya pelayanan,
    4) produk pelayanan,
    5) sarana dan prasarana,
    6…[Read more]

  • INOVASI PELAYANAN : BEBERAPA PENGALAMAN PRAKTIS
    PELAYANAN PUBLIK DAN PENERAPAN ELEKTRONIK GOVERNMENT
    A. Definisi Pelayanan Publik
    Segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha…[Read more]

  • PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK

    KM adalah proses sistematis untuk menemukan, memilih, mengorganisasikan, menyarikan dan menyajikan informasi dengan cara tertentu yang dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan dalam suatu bidang kajian yang spesifik. Menurut Davenport manajemen pengetahuan adalah proses menterjemahkan…[Read more]

  • Nama: Yuliviana Andika L
    Menurut Van de Ven, Andrew H
    Inovasi ialah usaha dalam mengembangkan dan menerapkan pemikiran-pemikiran yang baru dengan berbagai macam bentuk aktivitas serta dala sebuah organisasi atau kelompok tertentu.
    Everett M. Rogers
    Inovasi adalah ide, gagasan, objek dan praktik yang dalam pelaksanaannya dapat diterima oleh…[Read more]

  • Tia Satria W.K Wardani became a registered member 1 month, 3 weeks ago

  • Load More