May

06

Jika Terasa Gejala Asam Urat, Mulailah Ubah Pola Makan Anda

Posted by : hans | On : May 6, 2019

Nyeri yang terjadi di daerah persendian bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Namun kebanyakan memang terjadi ketika seseorang menderita penyakit asam urat. Patut untuk diketahui bahwa pada dasarnya asam urat ini sendiri tidak hanya bisa menyerang orang tua atau dewasa saja, melainkan semua usia. Apalagi jika seandainya sejak kecil seseorang sudah dibiasakan mengkonsumsi banyak makanan yang tinggi kandungan zat purinnya. Zat inilah yang memicu penumpukan asam urat di dalam tubuh.

Asam urat yang jumlahnya tinggi di dalam darah nantinya akan mengalami pengendapan dan mengkristal di bagian sendi-sendi tubuh, seperti diantaranya adalah pergelangan kaki, siku ataupun lutut. Semakin lama dibiarkan nantinya hal ini juga akan mempengaruhi kerusakan jaringan atau tulang rawan, sehingga menyebabkan rasa sakit bahkan kesulitan untuk bergerak bagi penderitanya. Gejala-gejala yang dialami oleh penderitanya sendiri dapat dideteksi secara mudah, seperti rasa sakit yang sangat pada persendian, hingga peradangan bahkan terkadang muncul benjolan yang sulit untuk dihilangkan.

Jika sudah mengalami hal semacam ini, maka satu hal yang patut dilakukan adalah memperhatikan pola makan, mengingat faktanya apa yang Anda konsumsi itulah yang menjadi pemicu terbesar penyakit asam urat. Berikut ini diantara pola makan yang baik bagi mereka yang menderita asam urat, diantaranya adalah:

  1. Konsumsi sumber makanan dari karbohidrat kompleks dan batasi konsumsi makanan dari karbohidrat sederhana, diantaranya adalah nasi, makanan manis layaknya permen hingga cake. Karbohidrat kompleks ini sendiri bisa ditemukan dari beras merah, beras hitam, kemudian juga gandum dan jagung, sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
  2. Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak tidak sehat, biasanya ada pada produk makan hewani layaknya daging ayam dan juga daging merah dengan proses pengolahan yang salah. Untuk itu sebaiknya cara memasak makanan juga harus diperhatikan, agar tidak berubah membahayakan tubuh.
  3. Membatasi asupan protein, khususnya yang berasal dari seafood, daging hingga produk susu sapi. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut dikenal kaya akan kandungan zat purin di dalamnya, faktor yang dapat memperparah penyakit asam urat.
  4. Perbanyak konsumsi air putih, sepele namun memberikan banyak sekali manfaat, apalagi sebagian besar dari tubuh manusia memang berasal dari cairan. Dengan banyak mengkonsumsi air putih nantinya akan membantu tubuh untuk detoks atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh, termasuk diantaranya adalah kelebihan asam urat.

Pola makan yang sehat tersebut tentunya harus tetap diimbangi dengan olahraga secara rutin, sehingga nantinya berat badan lebih terjaga, faktanya kelebihan berat badan juga dapat memperparah kondisi asam urat ini. konsumsi juga obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat dari dalam tubuh.

Referensi web kesehatan klikdokter