Jan

22

Jenis Software Akuntansi Yang Paling Sering Digunakan

Posted by : hans | On : January 22, 2017

Beragam kebutuhan sebuah perusahaan saat ini semakin tinggi mengingat kegiatan produksi juga mengalami peningkatan. Arus uang yang masuk dan keluar harus didata secara akurat oleh seorang akuntan, sehingga membutuhkan sebuah sistem untuk bisa mendapatkan perhitungan terbaik. Sebagai pelaku usaha UKM ataupun di level lebih besar membutuhkan sebuah inovasi baru terutama dalam menghitung semua pengeluaran dan pemasukan sehingga tidak menyulitkan seorang akuntan.

Dalam beberapa tahun belakangan sudah banyak pengusaha beralih dari sistem manual ke sistem modern dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi, baik itu aplikasi payroll gratis, berbayar maupun aplikasi akuntansi yang berbasis cloud. Semua itu digunakan untuk menghitung semua  alur uang dan juga manajemen HRD. Kedua software tersebut memang dibutuhkan untuk setiap perusahaan, akan tetapi jika salah dalam memilih, yang ada malah tidak selalu mendapatkan produk terbaik yang salama ini dibutuhkan.

Bagi Anda yang merasa butuh sistem dari software akuntansi terbaik lihat dahulu apa saja jenis software yang ditawarkan. Ada 3 jenis software akuntansi yang dibedakan berdasar cara membuat diantaranya software paket, customize, dan dapt kustomisasi. Masing-masing dari aplikasi tersebut bisa memberikan kemudahan kepada penggunanya sehingga banyak digunakan untuk memberi satu sistem yang lebih akurat.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis software akuntansi yang bisa Anda gunakan dalam mengelola pengeluaran dan pemasukan uang di perusahaan.

Cloud Accounting Software

Software Paket

Software akuntansi yang memiliki paket merupakan satu paket aplikasi dimana tidak dapat di otak-atik atau sudah menjadi satu settingan pabrik yang tidak bisa diubah. Biasanya dari software paket tersebut memiliki keunggulan terutama dari segi harga yang dirasa lebih murah. Faktor dari software paket bisa lebih murah dikarenakan tidak adanya modifikasi software sehingga bisa langsung dipakai.

Namun, ada alasan lainnya bagi pengusaha yang memakainya yakni lebih stabil dijalankan bahkan bisa lebih baik dibandingkan paket software lainnya. Akan tetapi masih ada kelemahan dari software paket yakni pemakai harus bisa menyesuaikan kebutuhan dari software tersebut sehingga tidak heran bila banyak komplain dari pengguna karena tidak sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Misalnya saja fitur pajak untuk karyawan yang belum memadai, fitur penghitungan waktu lembur atau over time karyawan yang mesti disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dan sebagainya.

Software Customize

Banyak orang cukup memahami bagaimana sistem kerja dari software customize yang mana mampu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dari modifikasi sebuah aplikasi bisa dilakukan setelah membeli aplikasinya. Beberapa aplikasi dikembangkan sebuah perusahaan bahkan tidak jarang oleh perorangan maka dari itu keuntungan yang bisa dirasakan adalah mampu disesuaikan kebutuhan sehingga tidak ada bagian yang tidak digunakan.

Tak hanya berbasis online saja via desktop saja, beberapa produk tersebut juga kini tersedia dalam bentuk aplikasi google yang bisa di download via Google Play. Beberapa pengguna juga merasakan sensasi aplikasi lebih nyaman dan lebih fleksibel, tetapi kelemahan dari software ini adalah dari segi harga dimana mampu dibanderol lebih mahal dibandingkan software lainnya.

Software Paket Custom

Jenis software paket custom memang cukup banyak dipilih karena menjadi software paket bersama modul standar sehingga mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan. Beberapa keuntungan bisa dirasakan dari aplikasi paket custom tersebut mulai dari harga relatif terjangkau, dari jenis software bisa di modifikasi berdasarkan kebutuhan, masa stabilitas paket lebih baik serta implementasi software bisa di maksimalkan sesuai kebutuhan.

Kelemahan dari paket custom ini adalah memerlukan waktu cukup lama untuk customisasi sehingga pengguna harus memberikan jangka waktu cukup lama sebelum menggunakannya. Tidak hanya itu, dari layanan purna jualnya lebih sulit karena adanya perbedaan modifikasi dari setiap user.

Dari beberapa paket aplikasi akuntansi di atas bisa diandalkan untuk kebutuhan Anda, meski dari segi harga sangat bervariasi. Mulai dari software akuntansi gratis atau yang tidak berbayar, yang harganya ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah juga ada. Meskipun ada yang gratis, tetapi dari manfaatnya sudah sangat lebih baik dibandingkan cara manual. Jadi segera gunakan aplikasi akuntansi terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply