Jul

29

Posted by : hans | On : July 29, 2017

RPTRA AkasiaMasa kanak-kanak merupakan masa yang sangat penting dalam sejarah pertumbuhan seseorang. Di masa kanak-kanak inilah manusia mengalami berbagai pertumbuhan yang kelak akan mendukungnya ketika dewasa. Apabila pertumbuhan sewaktu kecil terhambat atau mengalami gangguan, tentu seseorang akan mengalami kesulitan-kesulitan tertentu saat dewasa nanti karena pertumbuhannya tidak berjalan normal sebagaimana mestinya. Sebaliknya, pertumbuhan yang normal dan baik tentu akan sangat bermanfaat bagi kondisi fisik seseorang di masa yang akan datang.

Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan agar pertumbuhan anak-anak berlangsung secara normal, wajar, dan baik sebagaimana seharusnya. Mulai dari asupan makanan hingga kondisi lingkungan. Asupan makanan yang sehat dan baik dengan porsi yang seimbang akan menghindarkan anak dari kondisi malnutrisi atau kurang gizi yang dapat mengganggu pertumbuhannya. Makanan sehat juga membantu dalam menjaga kondisi tubuh dan menjaga imunitas sehingga anak tidak gampang sakit. Apabila orangtua memberikan anaknya asupan gizi yang seimbang, biasanya disebut sebagai 4 sehat 5 sempurna, maka hal ini dapat membantu anak tumbuh dan berkembang lebih pesat dibanding mereka yang asupan gizinya kurang.

Selain makanan, faktor lain yang tak kalah pentingnya dalam memengaruhi pertumbuhan anak adalah kondisi lingkungan, baik secara fisik maupun sosial. Lingkungan yang baik akan mendukung proses tumbuh kembang anak secara optimal, sebaliknya lingkungan yang kurang baik tentu dapat berpotensi mengganggu proses tumbuh kembang bagi sang anak tersayang. Hal ini rupanya juga menjadi perhatian khusus bagi Tanoto Foundation besutan entrepreneur ternama Sukanto Tanoto. Sebagai lembaga filantropi, Tanoto Foundation amat sangat memperhatikan pentingnya lingkungan bagi pertumbuhan anak di Indonesia. Untuk itu, dengan dukungan sang founder yakni Sukanto Tanoto beserta sang istri Tinah Bingei Tanoto, lembaga ini mendirikan sebuah ruang publik terbuka ramah anak atau yang biasa disebut sebagai RPTRA di bilangan Tebet Barat, Jakarta Selatan.

RPTRA yang diberi nama Akasia ini memiliki luas sekitar 2.400 meter persegi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung mulai dari ruang serbaguna, perpustakaan, taman bermain anak, lapangan futsal, taman dan kolam nutrisi, bahkan amphiteater. Adanya RPTRA Akasia tentu menyediakan sebuah lingkungan yang nyaman bagi anak-anak sekitar di tengah sesaknya himpitan bangunan ibukota. Ini sesuai dengan salah satu poin dari Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yakni tepatnya pada poin ke 11, membuat kota dan pemukiman yang inklusif, aman, dan berkelanjutan.

Di RPTRA Akasia ini, setiap orang khususnya anak-anak bebas menggunakan segala fasilitas yang tersedia tanpa dipungut biaya sepeserpun. Langkah Tanoto Foundation dalam mewujudkan kepeduliannya terhadap pertumbuhan anak ini tentu patut diapresiasi dan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga maupun organisasi lainnya.

Fanspage resmi facebook Sukanto Tanoto

Jan

22

Posted by : hans | On : January 22, 2017

Beragam kebutuhan sebuah perusahaan saat ini semakin tinggi mengingat kegiatan produksi juga mengalami peningkatan. Arus uang yang masuk dan keluar harus didata secara akurat oleh seorang akuntan, sehingga membutuhkan sebuah sistem untuk bisa mendapatkan perhitungan terbaik. Sebagai pelaku usaha UKM ataupun di level lebih besar membutuhkan sebuah inovasi baru terutama dalam menghitung semua pengeluaran dan pemasukan sehingga tidak menyulitkan seorang akuntan.

Dalam beberapa tahun belakangan sudah banyak pengusaha beralih dari sistem manual ke sistem modern dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi, baik itu aplikasi payroll gratis, berbayar maupun aplikasi akuntansi yang berbasis cloud. Semua itu digunakan untuk menghitung semua  alur uang dan juga manajemen HRD. Kedua software tersebut memang dibutuhkan untuk setiap perusahaan, akan tetapi jika salah dalam memilih, yang ada malah tidak selalu mendapatkan produk terbaik yang salama ini dibutuhkan.

Bagi Anda yang merasa butuh sistem dari software akuntansi terbaik lihat dahulu apa saja jenis software yang ditawarkan. Ada 3 jenis software akuntansi yang dibedakan berdasar cara membuat diantaranya software paket, customize, dan dapt kustomisasi. Masing-masing dari aplikasi tersebut bisa memberikan kemudahan kepada penggunanya sehingga banyak digunakan untuk memberi satu sistem yang lebih akurat.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa jenis software akuntansi yang bisa Anda gunakan dalam mengelola pengeluaran dan pemasukan uang di perusahaan.

Cloud Accounting Software

Software Paket

Software akuntansi yang memiliki paket merupakan satu paket aplikasi dimana tidak dapat di otak-atik atau sudah menjadi satu settingan pabrik yang tidak bisa diubah. Biasanya dari software paket tersebut memiliki keunggulan terutama dari segi harga yang dirasa lebih murah. Faktor dari software paket bisa lebih murah dikarenakan tidak adanya modifikasi software sehingga bisa langsung dipakai.

Namun, ada alasan lainnya bagi pengusaha yang memakainya yakni lebih stabil dijalankan bahkan bisa lebih baik dibandingkan paket software lainnya. Akan tetapi masih ada kelemahan dari software paket yakni pemakai harus bisa menyesuaikan kebutuhan dari software tersebut sehingga tidak heran bila banyak komplain dari pengguna karena tidak sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Misalnya saja fitur pajak untuk karyawan yang belum memadai, fitur penghitungan waktu lembur atau over time karyawan yang mesti disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dan sebagainya.

Software Customize

Banyak orang cukup memahami bagaimana sistem kerja dari software customize yang mana mampu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Dari modifikasi sebuah aplikasi bisa dilakukan setelah membeli aplikasinya. Beberapa aplikasi dikembangkan sebuah perusahaan bahkan tidak jarang oleh perorangan maka dari itu keuntungan yang bisa dirasakan adalah mampu disesuaikan kebutuhan sehingga tidak ada bagian yang tidak digunakan.

Tak hanya berbasis online saja via desktop saja, beberapa produk tersebut juga kini tersedia dalam bentuk aplikasi google yang bisa di download via Google Play. Beberapa pengguna juga merasakan sensasi aplikasi lebih nyaman dan lebih fleksibel, tetapi kelemahan dari software ini adalah dari segi harga dimana mampu dibanderol lebih mahal dibandingkan software lainnya.

Software Paket Custom

Jenis software paket custom memang cukup banyak dipilih karena menjadi software paket bersama modul standar sehingga mudah untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan. Beberapa keuntungan bisa dirasakan dari aplikasi paket custom tersebut mulai dari harga relatif terjangkau, dari jenis software bisa di modifikasi berdasarkan kebutuhan, masa stabilitas paket lebih baik serta implementasi software bisa di maksimalkan sesuai kebutuhan.

Kelemahan dari paket custom ini adalah memerlukan waktu cukup lama untuk customisasi sehingga pengguna harus memberikan jangka waktu cukup lama sebelum menggunakannya. Tidak hanya itu, dari layanan purna jualnya lebih sulit karena adanya perbedaan modifikasi dari setiap user.

Dari beberapa paket aplikasi akuntansi di atas bisa diandalkan untuk kebutuhan Anda, meski dari segi harga sangat bervariasi. Mulai dari software akuntansi gratis atau yang tidak berbayar, yang harganya ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah juga ada. Meskipun ada yang gratis, tetapi dari manfaatnya sudah sangat lebih baik dibandingkan cara manual. Jadi segera gunakan aplikasi akuntansi terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jan

19

Posted by : hans | On : January 19, 2017

Busana Muslim Pria

Fashion untuk busana kaum pria pun tak kalah saling dalam pembaharuan yang dimiliki. Dalam artian bahwa fashion atas baju-baju untuk para pria juga mengalami up date. Hingga model-model yang ada senantiasa baru dan opsi semakin banyak. Pembaharuan fashion demikian ini terjadi pula pada busana muslim pria sebagai pakaian khas ala umat muslim. Seringkali baju tersebut diterapkan saat mengikuti acara ibadah seperti shalat di hari raya, shalat jumat, pengajian dan acara-acara penting lainnya. Pada balutan yang lebih khas ini membuat penampilan pria bersangkutan terkesan berbeda.

Memang, beda busana dapat berpengaruh terhadap penampilan yang ada. Tetapi perbedaan yang terjadi pada penggunaan pakaian muslim ini tampak lebih kas pula. Adapun nantinya agar pemilihan baju muslim lebih pas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

– Ukuran yang pas yakni tidak terlalu besar maupun longgar.
– Pilihan warna yang cocok untuk kulit.
– Pemilihan model baju berlengan pendek maupun panjang sesuai selera.
– Desain baju yang simple ataukah bermotif tertentu seperti pada kreasi desain.
– Pilihan atas busana yang polos ataukah yang bercorak tertentu.
– Ukuran baju yang hanya untuk atasan atau pakaian pendek ataukah yang panjang seperti jubah.

Masing-masing kualifikasi tersebut dapat dipersempit dengan pilihan personal bersangkutan. Tak perlu khawatir karena model baju muslim itu dapat Anda temui dengan mudah. Hingga nantinya pakaian muslim yang diinginkan terpenuhi dengan baik. Adapun begitu, Anda bisa memilih dengan selektif dan pastinya tak hanya sekedar mengikuti model yang sedang update saja. Memang, ada banyak sekali model pakaian muslim bagi kaum pria yang menarik perhatian. Akan tetapi, opsi tersebut dapat disaring lagi agar nantinya lebih pas dan fashionable, sehingga tak memperlihatkan adanya balutan pakaian pinjaman.

Pada busana muslim pria tersebut, telah tersebar luas dan nantinya dapat dipilih terlebih dahulu. Ada baiknya dalam membeli bisa minta izin terlebih dahulu untuk mencoba pakaian tersebut. Jadinya dapat mengkondisikan secara lebih real atas pilihan baju itu. Kemudian nantinya perlu dipasangkan pula dengan pakaian bawahan yang berupa celana maupun sarung. Adapun celana tersebut ada yang sudah menjadi pasangan dari baju tersebut dan ada pula yang tidak. Nantinya Anda bisa memilih celana jeans, celana kain biasa maupun sarung.

Terdapat beberapa unsur menarik yang tercover oleh setiap model pakaian muslim terbaru dari sebelumnya hingga yang sedang trend di saat ini. Seperti contohnya ialah hal-hal sebagai berikut ini:

– Desain baju dengan sebagian polos dan sisi lainnya bercorak tertentu.
– Kombinasi warna yang saling berpaduan dan lebih menampilkan pilihan kreasi warna.
– Model pakaian yang lebih bervariasi dari yang simple dan yang lainnya. Contohnya dengan baju berkerah besar dan yang tidak, kancing depan yang lengkap dan ada yang sebagian yakni pada titik atas saja, serta lainnya.
– Pilihan bahan yang beragam, ada yang kualitas biasa dan komposisi terbaik lainnya. Seperti baju dari kain katun, kain batik dan lainnya.

Dari satu model dan lainnya memang menciptakan pilihan yang tepat untuk dikoleksi. Terlebih memang untuk Anda yang belum mempunyainya karena ukuran sebelumnya terlalu sempit. Secara pastinya model terbaru dari busana muslim pria menjadi pilihan yang terbaik. Hingga nantinya pakaian muslim tersebut adalah balutan busana yang nyaman dan fashionable. Pastinya perfect dan tepat untuk acara keagamaan maupun pada moment tertentu lainnya.

Dec

12

Posted by : hans | On : December 12, 2016

Tidak terasa kita sudah di penghujung bulan tahun 2018 dan banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran serta resolusi untuk tahun 2018 pastinya agar lebih baik dari tahun sekarang. Momen tahun baruan sudah pasti banyak ditunggu-tunggu oleh kaum muda mudi yang ingin mengadakan acara special dengan orang-orang terdekat mereka. Tidak hanya anak muda saja, kalangan dewasa dan keluarga pasti sudah menyiapkan acara khusus untuk menyambut tahun baru 2018 dan tentunya akan menjadikannya sebagai momen yang tidak terlupakan.

Banyak hotel dan tempat wisata, tempat hiburan ataupun mall dan balai kota di Indonesia sudah menyiapkan acara khusus bagi tamu mereka, sebagian besar menyuguhkan hiburan dengan mendatangkan artis ibukota ataupun artis lokal dan tentu ini menjadi daya tarik bagi wisatawan khususnya yang ingin merayakan malam tahun baru 2018 di lokasi tersebut. Malam pergantian tahun baru 2017-2018 ini makin spesial karena jatuh pada malam minggu dimana malam minggu dikenal sebagai malam yang panjang 🙂

Ada beberapa tips sebenarnya yang ingin saya share agar malam tahun baru kalian lancar jaya, yaitu:

1. Persiapan

Sebuah acara akan sangat-sangat sukses jika selalu dipersiapkan secara matang, bila perlu menyiapkan catatan-catatan apa saja yang akan dibawa dan juga peralatan pendukungnya. Selain itu tentu saja budget harus siap, perhitungkan dengan matang pengeluaran untuk acara malam tahun baru kalian dan juga dana cadangannya untuk hal-hal yang tak terduga.

2. Jadwal Berangkat serta akses yang Dilalui

Menentukan jadwal keberangkatan ke lokasi acara malam tahun baruan kudu pas serta akses jalan yang akan dilalui, mengingat setiap malam tahun baruan pasti jalan-jalan akan macet.

3. Bekal

Jangan lupa selalu menyiapkan bekal makanan atau cemilandan air minum yang cukup selama perjalanan, jangan sampai kamu kelaparan nantinya di perjalanan.

4. Selalu Waspada

Selalu waspada baik dalam perjalan ataupun rumah yang ditinggalkan harus benar-benar di cek, bila perlu sewa orang untuk menjaganya atau minta tolong sama salah satu keluarga kalian yang memang tidak ikut untuk merayakan malam tahun baru misalnya. Pun begitu juga dengan kewaspadaan Anda selama dalam perjalanan menuju lokasi acara tahun baruan karena selain rawan kecelakaan lalu lintas, juga saat-saat malam tahun baru pasti akan memancing para kriminal untuk keluar dan beraksi, suasana seperti ini sangat disenangi oleh mereka, Anda jangan sampai lalai.

5. Instirahat cukup

Sebelum malam acara tahun baru 2018, sebaiknya kamu cukup istirahat karena sudah bisa di pastikan saat acara malam tahun baru, kalian pasti akan begadang ( yaiyalah, masa tidur pas malam tahun baru) dan menguras stamina.

Saya rasa cukup itu saja tips agar acara malam tahun baru 2018 kalian lancar jaya, semoga menikmati acara yang kalian lakukan saat malam tahun baru nanti, tks

Oct

29

Posted by : hans | On : October 29, 2016

Timbangan Digital

Timbangan Digital

Sering menemukan atau justru Anda bertanya lebih akurat timbangan digital atau manual?. Di pasaran, aneka timbangan mudah ditemui dimana saja mulai dari pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan. Atau, mulai dari agen resmi hingga toko ecer pun tak mau ketinggalan menawarkannya kepada konsumen. Memang, di segala usaha maupun kebutuhan pribadi yang namanya timbangan sangatlah diperlukan.Bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan maka timbangan badan harus dimiliki. Bagi penjual buah atau sayur atau ikan, maka timbangan yang mampu mengukur bobot bahan tersebut juga harus dimiliki. Pertanyaannya adalah apakah menggunakan timbangan digital atau timbangan manual?.

Diakui, ada dua jenis timbangan yang dijual di toko timbangan digital maupun timbangan manual. Dimana keduanya memiliki perbedaan baik dari segi desain, kemudahan pakai hingga sistem yang ada pada timbangan tersebut. Secara umum, timbangan manual lebih menggunakan jarum sebagai penunjuk bobot dari satu barang. Adapun jarum ini akan berhenti sesuai dengan berat benda pada angka tertentu.

Terlihat sederhana namun sayangnya, tidak sedikit yang mengeluhkan kurang akuratnya hasil yang ada. Entah karena faktor pengguna atau justru timbangan itu sendiri. Ya, tidak jarang loh jarum yang digunakan tidak ada dalam posisi yang tepat dimana kerap terjadi kala timbangan ini tidak dipakai dalam waktu lama. Bayangkan, jika Anda sedang menimbang mentega untuk membuat kue namun karena posisi jarum salah akibatnya kue menjadi terlalu lembek. Sementara, timbangan digital yang menggunakan sistem load cell mampu memberi hasil akurat berupa angka yang muncul pada layar. Cukup tekan tombol on maka penghitungan bobot pun bisa dilakukan. Lupa atau tak sempat mencatat angkanya? Jangan khawatir, ada sistem yang mengunci posisi tersebut dan menyimpannya pada memori. Jadi, jika ada waktu bisa dilihat hasil timbangan tadi.

Dari sisi modis, timbangan digital hadir dengan model menarik dan unik bahkan cenderung minimalis. Penggunaan bahan yang terbilang ‘tipis’ seperti kaca namun mampu menahan beban hingga ratusan kilo adalah salah satunya. Sangat cocok dijadikan sebagai penambah kecantikan satu ruangan. Atau, sering terjadi kesalahan saat pembacaan? Tak perlu terburu buru untuk membeli yang baru karena layanan service timbangan digital cukup banyak ditawarkan. Ada yang cukup hanya dengan mengganti suku cadang atau malah menyambung kabel yang putus. Atau, bisa juga dengan kalibrasi yang umumnya memang wajib dilakukan oleh setiap timbangan di waktu yang dijadwalkan.

Dari segi keawetan, baik timbangan duduk jenis digital, gantung atau lantai ini bisa diacungi jempol karena terbuat dari bahan yang memang mudah dibersihkan. Seperti membersihkan sisa sisa bahan kue setelah digunakan dengan kain atau lap. Atau, bisa juga dengan mencuci wadah atau piring dan mengeringkannya dengan cepat. Dan jangan lupa, untuk melepas wadah atau media saat penyimpanan agar timbangan tidak menahan beban cukup lama. Nah, dari beberapa kelebihan diatas tentu saja jika dihadapkan dengan pertanyaan seperti pada awal artikel rasanya jawaban yang diberikan pastinya timbangan digital. Belum lagi harganya yang cukup terjangkau dengan fitur canggih dan mampu memberi hasil cukup akurat.

Oh ya, sebelum membeli timbangan digital ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis mana yang terbaik dan sesuai dengan usaha. Hal ini penting karena dipasaran cukup banyak model timbangan untuk satu manfaat seperti timbangan duduk misalnya. Dengan demikian, Anda tak salah pilih dan lebih bermanfaat.