Kartu Hasil Study dan Kartu Rencana Study

Kartu Hasil Study dan Kartu Rencana Study

 

Alhamdulillah, dalam kesempatan post kali ini saya sedikit meresume mengenai sosialisasi kartu hasil study dan kartu rencana study hari ini (8 Januari 2013). Sebelumnya, pasti kawan-kawan tahu kan, KHS dan KRS itu? ^_^

 

Yup, Kartu Hasil Study (KHS) merupakan kartu yang menerangkan mengenai hasil study anda selama satu semester yang telah anda tempuh. Kalo di SMA bisa dibilang raport. Sedangkan Kartu Rencana Study (KRS) merupakan sebuah catatan mengenai mata kuliah yang akan anda ambil di suatu semester. Anda dapat merencanakan sendiri mata kuliah yang akan anda ambil di semester tersebut atau dengan berkonsultasi dengan dosen penasihat akademik (dosen wali).

 

Di Fakultas Ilmu Administrasi, mengenai kartu hasil study dan kartu rencana study akan diberikan atau diumumkan pada tanggal 21 Januari 2013 [ catatan: namun jadwal bisa berubah, maka selalu kunjungi fia.ub.ac.id ] secara online. Cara untuk melihat KHS dan KRSnya dapat mengunjungi siam.ub.ac.id dengan ketentuan login:

Username           : (NIM anda)

Password             :  (Password anda)

Contoh

Username           : 125030400111007

Password             : MOTIVATOR FACEBOOK

 

Setelah login berhasil, maka klik link akademik. Kemudian klik “Kartu Hasil Study”. Print KHS anda dengan cara mengklik gambar print, maka akan dapat lihat hasil study anda dan siapa dosen pembimbing/wali/penasihat anda. Selanjutnya, menghadaplah ke dosen penasihat mengenai IP yang telah anda dapatkan dan hasilnya, tentu dengan membawa hasil print berjumlah dua buah (satu untuk peganganmu, satu lagi untuk dosen penasihat akademikmu).  Dan jika ternyata IP mu sudah bagus dan nilainya A atau B+ semua, maka cukup berkonsultasi dengan dosen penasihat via sms. Nomor HP dosen penasihat ada pada buku pedoman pendidikan FIA.

 

Pasca mendapat nasihat dan anjuran dari dosen pembimbing, hal yang harus anda lakukan ialah melakukan perencanaan kartu study (membuat KRS). Untuk membuat KRS, langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Login SIAM

2. Klik Akademik

3. Klik Kartu Rencana Study

4. Klik tambah mata kuliah [+}

5. setelah itu akan muncul 3 opsi:

a. Jenis Jadwal

Jenis Jadwal dibagi menjadi dua opsi lagi. Yaitu opsi jadwal lintas dan jadwal non lintas. Jadwal lintas memfasilitasi anda untuk dapat mengambil mata kuliah yang berada di luar fakultas, sedangkan jadwal non lintas adalah sebaliknya. Maka saran saya, ambil saja opsi “jadwal non lintas”

b. Hari

Pada opsi ini terdapat opsi mata kuliah berdasarkan harinya. Disini anda difasilitasi untuk mengambil mata kuliah pada hari yang anda inginkan. Saya sarankan untuk memilih “semua hari”, agar anda dapat melihat jadwal secara keseluruhan

c. Kode Mata Kuliah

Kode mata kuliah, merupakan kode yang memuat mata kuliah yang akan di ambil. Kode mata kuliah dapat anda lihat pada buku pedoman pendidikan FIA.

6. Untuk menambah mata kuliah lagi, klik tambah mata kuliah [+]

Setelah semuanya, berhasil. Maka dapat anda lihat jadwalnya. Print jadwal perencanaan study anda, dengan mengklik gambar printer. dan tahap yang terkahir, validasikan print KHS 2 copy dan KRS 2 copy. masing – masing 1 copy dari KRS dan KHS,  anda  berikan  kepada dosen penasihat akademik, dan copyannya lagi untuk anda simpan

 

Catatan: anda di perbolehkan untuk membatalkan jadwal mata kuliah yang telah anda buat, dan menggantinya. Namun itu cukup sulit, jika nanti kursi untuk mata kuliah yang sama habis. Maka anda tidak mendapat kursi. System ini dapat berlangsung sesuai jadwal kira-kira 21 Januari – 1 Februari. Dan bila tidak membuat KRS, maka anda dianggap tidak kuliah selama satu semester.