Telekomunikasi dan Jaringan

Telekomunikasi dan Jaringan

Awal era teknologi terjadi karena teknologi-teknologi berkembang sendiri-sendiri yang saling terkait. Perbedaannya ada dalam hal pengumpulan, pengiriman, penyimpanan, dan pengolahan informasi dapat diatasi, sehingga memunculkan industry computer karena computer memiliki peran dalam perkembangannya dalam emunculkan teknologi-teknologi lain seperti telekomunikasi. Basis dari telekomunikasi adalah dari mulut disalurkan pada udara pada telingag sehingga apabila jarak semakin jauh, maka suara akan kehilangan daya untuk sampai ke tujuan.

Telekomunikasi

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu dengan symbol bersama, sedangkan telekomunikasi merupakan proses komunikasi yang dilakukan melalui jarak jauh. Keterkaitan dari komunikasi elektronika, telekomunikasi, teknologi dengan prosedur penyebaran informasi berupa sinyal listrik melalui media transmisi jarak jauh. Pertukaran informasi dapat dalam bentuk suara, data, teks, gambar, audio, dan video. Bentuk telekomunikasi sebagai berikut :

  1. Komunikasi satu arah, dimana pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yayng berkesimnambungan melalui media yang sama.
  2. Komunikasii dua arah, dimana pengirim dan peneria informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambngan melalui media ynag sama.
  3. Komunikasi semi dua arah, dimana pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan.

Jaringan Komputer

Jaringan computer adalah suatu sistem yang menghubungkan bebrapa computer, printer, dan peralatan komputasi lain yang terhubung melalui media fisik atau software yang memfasilitasi kmunikasi antara komputerdalam satu kesatuan. Jaringan penting dibentuk karena berfungsi dalam sharing resources, sebagai komunikasi, integrase data pada aplikasi, akses informasi, membantu mempertahankan informasi yang up to date, sebagai penyimpanan data terpusat. Sedangkan kerugian dari jaingan computer adalah adanay ancaman keamanan data, ancaman virus, dll. Kebutuhan jaringan computer sebagai berikut :

  • Hardware : sebagai Network Interface Card, sebagai concentrator dan repeator, router, dll.
  • Software : protocol sebagai aturan dalam proses transmisi data.

Evolusi Jaringan Komputer

  1. Mainframe era 1960-1970 an

Pada tahaun 1940 komputer adalah alat dengan ukuran besar yang rentan terhadap kesalahan. Pada tahun 1947 mulai ditemukan transitor semikonduktor membuka banyak kemungkinan untuk membuat computer dengan ukuran lebih kecil, dan lebih handal. Pada tahun 1950 institusi besar mulai menggunakan computer mainframe yang dijalankan dengan program punched card. Pada tahun 1960 lainframe dengan terminal dan IC lebih banyak digunakan.

  1. LAN (Local Area Network) era 1970-1980 an

Pada akhir tahun 1960 dan 1970 komputer yang lebih kecil disebut minicomputer telah diciptakan walaupun dengan ukuran yang besar. Pada tahun 1977 Apple Computer Company memperkenalkan mini computer yang disebut MAC. Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan PC pertama, dimana IMB PC ini yang terus berkembang  hingga saat ini.

  1. WAN (Wide Area Network) era 1980-1990 an

Pada pertengahan 1980 pengguna PC mulai menggunakan modem dalam berbagi file dengan computer lain yang disebut dengan komunikasi dial-up. Konsep disebar oleh pengguna computer yang merupakan pusat dari komunikasi dalamkoneksi dial-up, yang koomputernya disebut bulletin boards. Kekurangan tipe ini adalah sangat sedikitn komunikasi langsung dan hanya orang tertentu yang tahu mengenai bulletin board, dan pembatasan satu modem satu koneksi.

  1. Internet era 1990 an

Pada tahun 1960 ke tahun 1990 Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengembangkan WANs yang jauh lebih besar, teknologi ini berbeda dengan komunikasi dalam bulletin boards. Kelebihannya satu koneksi dapat dignakan oleh beberapa computer dan bisa memindahkan data dari satu computer ke computer lainnya. Jaringan yang diterapkan ini menjadi jaringan yang mendunia yang disebut internet.

Terdapat tiga macam jaringan, yaitu :

  1. LAN, jaringan dengan area local
  2. MAN, jaringan dengan area metropolitan
  3. WAN, jaringan dengan skala area yang luas
  4. LAN adlah kumpulan perangkat computer yang saling berhubungan dan dapat saling berkomunikasi .

Karakteristik dari LAN yaitu adanya keterbatasan area, transfer data dengan kecepatan tinggi, koneksi secara terus-menerus ke servis local, dan umumnya digunakan media kabel.

Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antar unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan adalah tenik untuk menghubungkan computer satu dengan komputer lainnya menjadi sebuah jaringan yang didasarkan pada biaya, kecepatan akses, ukuran, dan tingkat konektivitas. Macam topologi jaringan sebagai berikut:

  1. Jaringan bus

Karakteristik dari jaringan bus, yaitu lebih sederhana, apabila satu segment putusu akan mengganggu seluruh jaringan, kmeungkinan collision lebih besar, dan kabel coaxial lebih sulit dibentuk.

  1. Jaringan ring

Karakteristik dari jaringan ring, yaitu lingkaran tertutup terisi oleh node-node, apabila salah satu segment putus akan mengganggu seluruh jaringan, aliran satu arah dan kemungkinan collision kecil, implementasi dengan concentrator. Jaringan ring merupakan topologi yang berbentuk rangkaian titik yang masing-masing saling terhubung sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.

  1. Topologi star

Karakteristik dari jaringan star, yaitu setiap node berkomunikasi langsung dengan central node, apabila salah satu segment putus tidak mengganggu seluruh jaringan, biasanya digunakan kabel UTP. Topologi star merupakan topologi yang bentuknya berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna  dengan biaya menengah.

  1. Topologi pohon

 

Protocol jaringan

Protocol jaringan adalah standar yang mengatur terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antar dua atau lebih computer yang diterapkan pada perangkat keras, perangkat luak, atau keduanya. Macam-macam protocol jaringan, yaitu:

  1. TCP/IP, standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tuker-menukar data dari satu computer ke computer lainnya dalam jaringan computer.
  2. Domain Name System (DNS)
  3. Internet Control Message Protokol (ICMP)
  4. IPX/SPX
  5. Appletalk
  6. SNA

 

Copyright © 2019 — Administrasi Pendidikan | Site design by Trevor Fitzgerald