Perangkat Lunak

Perangkat Lunak

Menurut Loudon dan Loudon, 2007 menyatakan dalam Ekosistem Infrastruktur IT terdapat 7 komponen utama yang harus dikoordinasikan dalam menyediakan IT untuk saling menunjang, berikut perusahaan dan teknologinya:

  • Internet Platforms : Apache, Microsoft IIS,. NET, Unix, Cisco, dan Java
  • Computer Hardware Platforms : Dell, IBM, Sun, HP, Apple, dan Linux machines
  • Operating System Platforms : Microsoft Windows, Unix, Linux, Mac OS X, dan Google Chrome
  • Enterprise Software Applications (including middleware) : SAP, Oracle, Microsoft, dan BEA
  • Networking/Telecommunications : Microsoft Windows Server, Linux, Novell, Cisco, Alcatel-Lucent, Nortel, dan AT&T, Verizon
  • Consultants and System Integrators : IBM, EDS, dan Accenture
  • Data Management and Storage : IBM DB2, Oracle, SQL Server, Sybase, MySQL, dan EMC Systems

Software adalah program computer (memberikan perintah/instruksi) yang memberikan fungsi dan petunjuk kerja yang diinginkan. Karakteristik software adalah salah satu bagian sistem dalam computer yang tidak berwujud benda karena tidak dapat dilihat secara fisik, teta[I dapat dioperasikan. Fungsi perangkat lunak untuk membantu para pengguna dalam memanfaatkan sumberdaya dari perangkat keras. Orang yang membuat software biasa disebut programmer. Secarar garis besar pengoperasian sistem terdapat beberapa langka, yaitu:

  • Langkah pertama, setelah pemberian perintah dalam suatu program dengan mentransfer file dalam memori.
  • Langkah kedua, setelah proses transfer selesai maka eksekusi program telahs elesai
  • Langkah ketiga, setelah eksekusi program sudah mencapai file data yyang dibutuhkan maka program memberi perintah kepada sistem operasi untuk mentransfer fle data dari disk ke memori
  • Langkah empat, OS menjalankan tugas dan mengembalikan eksekusi ke program aplikasi dan melanjutkan komputasi yang diminta
  • Langkah lima, komputasi telh selesai dan hasilnya siap dioutputkan.

Pentingnya mempelajari software

Software dibutuhkan oleh setiap sistem computer dimana untuk melakukan input, perhitungan, dan output pada seluruh sistem informasi. Aplkiasi dari perangkat lunak membantu produktivitas secara umum. Tugas dari penggunaan software sendiri yaitu :

  • Tugas administrasi harian
  • Melayani orang, dan memasukkan data ke database
  • Menjaga anggaran
  • Riset internet
  • Menyebarkan informasi
  • Game

Abstraksi komponen sistem computer personal dimana para pengguna dalam sistem computer secara personal terdapat 3 bagian, yaitu perangkat keras sebagai komponen inti, sistem operasi, dan program aplikasi sebagai komponen terluar. Penempatan sistem dalam mengoperasikan dengan alur  seperti para pengguna menggunakan aplikasi perangkat lunak (MS Word, Antivirus, dll) kemudian dioperasikan dalam sistem perangkat lunak hingga dieksekusi dalam computer. Klasifikasi perangkat lunak dibagi menjadi dua macam, yaitu”

  1. Sistem Perangkat Lunak

Perangkat lunak computer yang digunakan untuk menjalankan computer seperti sistem operasi dan program utilasi.

  1. Aplikasi Perangkat Lunak

Perangkat lunak computer yang digunakan untuk memproses data dan perintah pengguna seperti perangkat lunak program aplikasi dan perangkat lunak program paket

Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan sebuah program yang mengoperasikan perangkat keras (computer) dengan penyediaan aplikasi diatasnya sebagai penghubung antara para pengguna dan perangkat keras. Sistem ini bertugas untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan penggunaan perangkat kerasuntuk macam-macam pengguna. Macam-macam sistem operasi lain seperi Haiku dan Unix, sedangkan untuk computer konvensional :

  • MS DOS dan MS Windows (95, 98, ME, 2000, XP, Vista, 7, dan 8)
  • Linux (Ubuntu, sabily, SuSE, Fedora, Mandriva, Knoppox, dll)
  • Mac OS X, khusus Macintosh keluaran Apple

Macam-macam sistem operasi untuk computer kecil, embedded computers, dan special-purpose devices seperti Palm OS, Windows Embendded, Windows Mobile, Android, Symbian, IOS, Haiku (OpenBeOS).

Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagan, yaitu :

  1. Mekanisme boot, meletakkan kernel dalam memori dimana sebagai inti sebuah sistem operasi
  2. Shell atau Command Interpeter, bertugas membaca input perintah dan menyediakan fungsi standard an fungsi dasar.. Contoh : COMMAND.COM dalam MS –DOS, Command Promt/cmd.exe, dll yang berhubungan dengan sistem operasi UNIX.
  3. Resouce Allocator, sistem operasi yang bertugas mengatur dan menempatkan sumberdaya dari perangkat.
  4. Driver, bertinteraksi dan mengontrol kinerja computer,
  5. Handler, mengendalikan sistem dapat terhindar dari terror dan penggunaan sumberdaya yang tiak perlu.

Microsot DOS dan Microsoft Windows

Awal perkembangan dari sistem operasi sehingga dapat memasuki dunia computer setelah adanya Microsoft DOS dari perusahaan software Microsoft. Sistem ini memiliki kelemahan yaitu masih belum dapat menerima banyak tugas dan masih baru memasuki dunia multitasking setelah Microsoft Windows. Sedangkan Microsoft Windows terus berkembang peast hingga merajai pasar perangkat lunak di dunia, dengan mulai Windows 95, Microsoft 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Macintosh dari Apple

Perusahaan perangkat lunak lain selain Microsoft yaitu Apple dengan produknya bernama Macintosh Operating Sistem (acOS). MacOS diluncurkan pertama kali pada tahun 1984 untuk menjalankan computer apple dimana sistem ini tidak kompatibel dengan computer buatan seperti IBM. MacOS adalah sistem pertama yang menggunakan antarmuka pengguna berbasis grafis (bukan teks) bias disebut GUI (Graphical User Interface). Generasi MacOS yaitu Sistem 6, Sistem 7, MacOS 9, dan terbaru MacOS X.

Linux dan Opensource

Sistem operasi sebelum-sebelumnya adalah sistem operasi berbayar dimana kita harus membeli untuk dapat menempatkan di computer pribadi. Beberapa kasus ditemukan pembajakan yang berarti mengkopi sistem operasi windows tanpa harus membeli sebelumnya. Pada tahun 1991 muncul gagasan dari mahaiswa Inggris yang bernama Linus Thorvalds yang membuat sistem operasi dari kode Unx dang kemudian hasil istem operasinya disebut Linux. Linux mengalami perkembangan hingga mendunia karena sifat dari sistem operasi yang gratis dank ode program yang terbuka sehingga menimbulkan banyak peminat.

Program Utilitas

Program ini merupakan program khusus yang berfungsi memelihara perangkat hardware (computer). Contoh : driver perangkat keras (SoundCard, VGA Card, dan LAN Card), anti virus (AVG, Avira, Komodo, McAfree, dll), manajemen hardisk (Disc Genius, Partrition Magic, dll).

Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat ini merupakan perangkat yang memanfaatkan kemampuan computer untuk melakukan tugas yang diinginkan penggna. Karakteristik dari perangkat ini, yaitu :

  • Dapat diinstal pada sistem operasi
  • Tidak bias berjalan sendiri
  • Dibuat dan digunakan untuk tugas spesifik.

Perangkat ni dibagi menjadi dua macam, yaitu :

  1. Software program aplikasi, dimana program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan secar spesifik. Contoh : Aplikasi Akuntansi, Aplikasi Perbankan, dll
  2. Software program paket, dimana program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : pengolahan kata, pengolah angka, presentasi, web browser, desain grafis, multimedia, dan SIG (Sistem Informasi Geografis).

Menurut McLeod, perangkat lunak aplikasi dibagi menjadi sebagi berikut :

  1. Perangkat lunak aplikasi siap pakai, software siap pakai telah langsung tersediadengan biaya yang lebih murah
  2. Perangkat lunak aplikasi khusus, software yang dibuat oleh programmer dan konsultansecara khusus untuk memenuhii kebutuhan organisasi tertentu.
  3. Perangkat lunak yang ditulis oleh pengguna, software aplikasi yang dibuat oleh pengguna akhir digunakan dalam tugas pekerjaan

Software User-Friendly

Menurut McLeod, 2011 menyatakan bahwa perangkat lunak yang sederhana dang penggunaan yang intuitif dengan para pengguna yang aplikasi dibuat berbagai bakat, dan keahlian pengguna. Karakteristik dari software sebagai berikut :

  • Terdapat dialog box yang berfungsi memandu mengarahkan pengguna
  • Tersedia menu dan daftar perintah dalam menu dop down box serta ikon
  • Penyediaan pola formulir isian dalam memberikan perintah
  • Membantu yang sensitive pada bagian tertentu yang membingungkan pngguna
  • Menyediakan antarmuka berbentuk grafis dengan symbol/ikon yang terstandarisasi

Penggunaan perangkat lunak dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

  1. Software, penggunaan software menjadi sistem perangkat lunak dan aplikasi perangkat lunak
  2. Personal, penggunaan software menjadi komputer pribadi dan sistem operasi workstation; dan pengolah kata, spreadsheet, basis data, grafik
  3. Workgroup, penggunaan software menjadi sistem operasi jaringan; dan surat elektronik, penjadwalan grup, kata yang dibagikan
  4. Enterprise, penggunaan software menjadi komputer midrange dan sistem operasi mainframe; dan buku besar umum, penawaran masuk, penggajian, sumber daya manusia

Sedangkan penggolongan menurut area penggunaanya berdasarkan jenis hardware, yaitu :

  1. Computer kecil seperti windows mobile
  2. Computer personal sepertiwindows 7 Ultimate
  3. Computer server jaringan seperti windows Server 2012
  4. Computer enterprise seperti mainframe OS

Personal Application Software dibagi dalam beberapa bagian sebagai berikut :

Personal productivity function, terdapat word processing; spreadsheet; presentation graphics; dan database

Microsft office, terdapat word; excel, powerpoint; dan access

Lotus smartSuite Millennium Edition, terdaat WrdPro; Lotus 1-2-3; Freelance Graphics; dan Lotus Approach

Corel WordPerfect Offive, terdapat WordPerfect; Quattro Pro; Presentations; dan Paradox

Sun Microsystems, terdapat Writer; Calc; dan Impress

Copyright © 2019 — Administrasi Pendidikan | Site design by Trevor Fitzgerald