Perangkat Keras

Perangkat Keras

Menurut Loudon dan Loudon, 2007 menyatakan dalam Ekosistem Infrastruktur TI terdapat 7 komponen utama yang harus dikoordinasikan dalam menyediakan IT untuk saling menunjang, berikut perusahaan dan teknologinya:

  • Internet Platforms : Apache, Microsoft IIS,. NET, Unix, Cisco, dan Java
  • Computer Hardware Platforms : Dell, IBM, Sun, HP, Apple, dan Linux machines
  • Operating System Platforms : Microsoft Windows, Unix, Linux, Mac OS X, dan Google Chrome
  • Enterprise Software Applications (including middleware) : SAP, Oracle, Microsoft, dan BEA
  • Networking/Telecommunications : Microsoft Windows Server, Linux, Novell, Cisco, Alcatel-Lucent, Nortel, dan AT&T, Verizon
  • Consultants and System Integrators : IBM, EDS, dan Accenture
  • Data Management and Storage : IBM DB2, Oracle, SQL Server, Sybase, MySQL, dan EMC Systems

Sistem Informasi Domain terdapat tiga bagian, yaitu sistem informasi, teknologi informasi, dan computer. Berdasarkan didalam ketiga sub terdapat subbag lain. Ada tiga domain, yaitu IS, IT, dan IM. Strategi IS adalah bentuk aplikasi yang berisi pembagian sesuai porsi, lebih berorientasi terhadapĀ  permintaam, dan hanya focus pada bisnis. Strategi TI berbentuk permintann seperti berbasis aktivitas, lebih berorientasi pasokan, dan lebih focus pada teknologi. Strategi IM adalah yang mengatur berupa organisasi, lebih berorientasi pada hubungan, dan lebih focus pada manajemen. Bentuk dari teknologi informasi untuk menangani informasi yang diinginkan, contohnya perangkat keras, perangka lunak, dan consumer devvices. Sedangkan sistem informasi lebih pada integrase komponen seperti pemprosesan, penyimpanan dan diseminasi informasi dalam organisasi; melakukan studi interdisiplin untuk menyediakan informasi organisasi; dan salah satu unsur teknologi informasi. Contohnya file system, database, e-mail servers, e-commerce, dan SAP.

Komputer adalah serangkaian peralatan elektronik yang terpadu dan bekerjasama dengan koordinasi oleh suatu sistem operasi. Computer terdiri dari dua bagian yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Struktur dari computer sendiri adalah input unit kemudian masuk dalam proses dan masuk dalam penyimpanan, kemudian hasil akhirnya adalah output unit.

  1. Input unit, adalah perangkat keras computer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data dalam computer. Ada dua maccam alat input yaitu melalui signal input berupa data yang diketikkan masuk dalam alat masukan secara langsung dan melalui maintenance input berupa program yang diklik masuk dalam alat masukan secara tidka langsung.
  2. Processing unit, terdiri dari komponen elektronik yang dikoordinasi secara sistematis mengolah perintah dari input menjadi output berupa processor, mainboard, memori, vide graphic accelerator, power supply dll. Processing merupakan otak sistem computer dalam memberikan instruksi yang memiliki bagian yaitu
  • ALU sebagai pengolah data yang tugas utamanya melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai intruksi program dan
  • CU sebagai pengontrol kerja yang tugasnya mengatur dan mengendalikan alat input dan output; mengambil instrksi dari memori utama; mengambil data untuk id proses; mengirim data ke ALU dan mengawasi ALU; dan menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Register sebagai alat penyimpanan dalam ukuran kecil dengan kecepatan akses tinggi untuk menyimpan dat adan instruksi yang diproses dalam memori utama. Ada tiga macam memori yang digunakan, yaitu: register untuk menyimpan instruksi dan data sedang diproses; main memori untk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan; secondary storage untuk menyimpan program dan data secara permanen.
  • Motherboard adalah bagian utama computer yang berisi sistem BIOS yang mengatur sistem input output pada computer. Contohnya yaitu Asus, Abatron, dll.
  • Memori yang terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal (RAM dan ROM)
  • Soundcard adalah bagian yang mengkode data digital berupa signal suara berupa Creative, Ess, Cmediq, dll.
  • Storage unit atau memori eksternal untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data diluar memori utama berupa harddisk, dvd, flash disk, dll.
  1. Output unit, adalah perangkat keras computer yang berfungsi ntuk menampilkan keluaran sebagai hasil olahan data berupa kertas, soft-copy, USB, disket, atau suara.

Fungsi computer

Secara umum fungsi dari computerĀ  secara umum adalah sebagai media TIK seperti informasi, komunikasi, transaksi, dan hiburan. Sedangkan fungsinya sebagai informasi adalah infrastruktur utama sistem informasi, sarana untuk mengolah data menjadi informasi, untuk memberikan informasi, memperoleh informasi dengan cepat, memberikan pengaruh besar secara efektif dan efisien waktu.

Copyright © 2019 — Administrasi Pendidikan | Site design by Trevor Fitzgerald