Pengelolaan SIM

Pengelolaan Sistem Informasi pada SD BSS

Sistem informasi merupakan perangkat lunak yang membantu mengatur dan menganalisa data. Tujuan sistem informasi memiliki tujuan untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang bermanfaat sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Pentingnya pengelolaan sistem informasi pada organisasi dalam mengatur kegiatan yang berlangsung dan sebagai alat dalam pengambilan keputusan.

Sekolah merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dimana pengelolaan sistem informasi menggunakan kebijakan sesuai dengan  sekolah. SD Brawijaya Smart School merupakan sekolah dasar dibawah naungun UPT BSS UB yang terletak di Jalan Cipayung No. 8, Ketawang Gede, Lowokwaru, Malang. SD BBS adalah sekolah swasta yang telah terakreditasi A dalam satu naungan dengan Universitas Brawijaya. Kegiatan yang ada pada sekolah SD BSS seperti ekstrakurikuler dimana sebagai penunjang pembelajaran di sekolah tersebut. Pengelolaan data atau sistem informasi pada SD BSS masih dilakukan secara manual dengan data yang ada diproses atau diolah meggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word secara berkala dan hanya orang tertentu. Data yang  sudah diolah, selanjutnya diberikan pada UPT BSS UB dan berakhir di rektorat UB.penggunaan Microsoft Excel dan Microsoft Word secara manual disebabkan karena sudah familiar dengan aplikasi tersebut dan kurangnya sumberdaya manusia yang belum ahli di bidang TIK dalam pembuatan aplikasi tertentu. Pengelolaan aplikasi pada SD BBS sendiri masih belum memakai aplikasi tertentu. Pengelolaan dilakukan oleh SD BSS sendiri dengan empat orang yaitu guru TIK 2 orang dan guru Tata Usaha 2 orang. Guru-guru tersebut merangkap dalam mengontrol sistem informasi di SD BSS.

Keunggulan dari SD BSS salah satunya adalah adanya pembelajaran dengan media teknologi yang telah bekerjasama dengan pihak Samsung. Pihak Samsung sebagai media partner dalam bidang teknologi yang berada dalam satu ruang khusus bagi siswa atau guru yang dinamakan Samsung Class. Pengelolaan Samsung Class dilakukan oleh guru gabungan dari SD, SMP, dan SMA BSS sebagai penunjang berjalannya program Samsung Class. Penyampaian informasi kepada public dimana SD BSS masih menggunakan website, Instagram, dan facebook. Pemilihan media informasi tersebut dikarenakan seiring perkembangan medi atersebut yang sering dikunjungi oleh masyarakat sehingga lebih dikenal.

Copyright © 2019 — Administrasi Pendidikan | Site design by Trevor Fitzgerald