PENGGUNA DAN PENGEMBANG SISTEM

March 20th, 2019

 

Organisasi Bisnis

Sektor bisnis di era informasi dapat dibagi menjadi dua :

a. Sektor Bisnis Informasi Primer

Terdiri atas perusahaan yang terutama bergerak dalam bidang produksi dan penggunaan informasi. Seperti; perusahan computer, kantor, pengacara, akuntan, universitas, dan penerbit.

b. Sektor Bisnis Informasi Sekunder

Sektor bisnis yang diisi oleh salah satu bagian dari perusahaan yang sebenarnya tidak bergerak dalam bisnis informasi, namun menghasilkan atau menggunakan informasi, misalnya bagian pemasaran, promosi, publikasi, promosi, keuangan, produksi, SDM.

Dukungan Sistem Informasi Bagi Organisasi

Sistem informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organisasi, eksekutif, dan area bisnis. SIM dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum para manager perusahaan. Sistem informasi eksekutif dirancang untuk digunakan oleh manager tingkat strategis perusahaan, dan lima sistem informasi ditingkat lebih rendah dalam figure tersebut mencakup kebutuhan-kebutuhan informasi unik dari area-area bisnis tersebut.

Organisasi Layanan Informasi

a. Sumber Daya Informasi

Sebagian besar sumber daya ini berlokasi dilayanani informasi dan merupakan tanggung jawab dari chief information officer (CIO). Sumber daya informasi yang terdapat di area- area pengguna adalah tanggung jawab dari para manager area pengguna.

b. Spesialis Informasi

Spesialis informasi (information specialist) untuk menggambarkan karyawan yang tanggung jawab utamanya adalah memberikan kontribusi atas tersedianya sumber daya informasi dalam perusahaan. Spesialis informasi pada awalnya meliputi:

  1. Analis sistem

Analis sistem adalah orang yang ahli dalam mendefinisikan masalah dan dalam membuat dokumentasi tertulis mengenai bagaimana komputer akan membantu menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

  1. Administrator basis data

Seorang spesialis informasi yang bertanggung jawab atas basis data. Tugas DBA terbagi dalam empat area utama; perencanaan, implementasi, operasi, dan keamanan.

  1. Webmaster

Bertanggung jawab atas insiden penyajian situs web perusahaan. Webmaster bekerja sama dengan spesialis jaringan untuk memastikan bahwa jaringan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan atau sekutu bisnisnya selalu terbuka. Webmaster memiliki keahlian dalam memanipulasi atau rancangan grafik. Bawahan webmaster bertanggung jawab dalam membuat gambar-gambar tersedia tetap konsisten dan saling mendukungdalam seluruh halaman situs web. Tugas penting dari seorang webmaster adalah melacak orang-orang yang mengunjungi halaman web perusahaan. Relasi dengan pelanggan dapat sangat ditingklatkan dengan situs web yang beropersai setiap hari.

  1. Spesialis jaringan

Spesialis jaringan bekerja  dengan analis sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi data yang menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlian dari bidang-bidang komputasi maupun telekomunikasi. hal yang sangat sulit dilakukan adalah memelihara jaringan yang memenuhi persyaratan untuk aplikasi-aplikasi berbasis web, karena sebagian besar komunikasi terjadi diluar batasan perusahaan.

  1. Programmer

Programmer menggunakan dokumentasi yang dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program komputer yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Beberapa perusahaan menggabungkan fungsi sistem analis dan programmer menciptakan suatu analis programmer.

  1. Operator

Operator manjalankan peralatan komputasi berskala besar, seperti komputer mainframe dan server. Operator akan memonitor konsol, mengganti kertas printer, mengelola perpustakaan pita dan disk penyimpanan data, serta ,melakukan tugas lain yang serupa. Spesialis informasi umumnya digabungkan dengan perwakilan-perwakilan dari organisasi pengguna untuk membentuk tim proyek yang mengembangkan sistem.

 

Otomatisasi Kantor

  • Otomaisasi Kantor  adalah penerapan otomatisasi, seperti teknologi komputer, pada pekerjaan kantor.
  • Otomatisasi Kantor (OA) meliputi seluruh sistem elektronik formal maupun informal yang terutama berhubungan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang – orang di dalam maupun di luar perusahaan
  • Keunggulan dari (OA) adalah adanya fakta bahwa ia memberikan suatu sambungankomunikasi  satu  sama lain.

Organisasi Maya

  • Organisasi maya muncul pada saat kantor maya berhasil memicu para visioner untuk melihat perluasan dari kantor maya tersebut.
  • Dampak dari organisasi maya adalah hanya industri-industri tertentu saja yang tertarik pada kantor maya, hal ini menjadikan masyarakat harus pintar-pintar untuk bersaing dalam proses mengembangkan potensi yang dimilikinya sebab perusahaan hanya membutuhkan seseorang yang memiliki ide, informasi dan kecerdasan lebih. Oleh karenanya, SMA, Universitas memasukkan pengetahuan informasi dan program-program.

Hello world!

March 20th, 2019

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!