Rangkuman BAB 12 sampai dengan BAB 18

*Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Pengantar Manajemen untuk kelas Akuntansi CE 2012

Rangkuman

RANGKUMAN BAB 12

Kiasan lautan menyiratkan bahwa pada dasarnya perubahan itu adalah gangguan sesekali datang di masa-masa normal dan bisa direncanakan serta ditangani ketika terjadi. Dalam kiasan jeram liar, perubahan itu selalu ada, dan menanganinya menjadi suatu proses yang berkesinambungan.

Model tiga langkah dari Lewin menyatakan bahwa perubahan bisa ditangani dengan mencairkan status quo (perilaku lama), mengubahnya ke dalam kondisi baru dan membekukan kembali perilaku baru tersebut.

Perubahan organisasi merupakan pergantian orang, struktur, atau teknologi. Membuat perubahan seringkali menuntut seorang agen perubahan yang bertindak sebagai katalis dan menuntun proses prubahan ini.

Perubahan struktur melibatkan perubahan apapun dalam komponen struktural atau desain struktural. Perubahan teknologi melibatkan pengenalan, perlengkapan, peralatan, atau metode baru, otomatisasi, atau komputerisasi. Perubahan orang-orang melibatkan perubahan sikap, ekspektasi, persepsi, dan perilaku.

Orang-orang menentang perubahan akibat adanya ketidakpastian, kebiasaan, cemas akan kerugian pribadi, dan kerugian bahwa perubahan itu tidak sejalan dengan kepentingan terbaik organisasi.

Teknik-teknik dalam mengurangi tantangan ini meliputi edukasi dan komunikasi (mengedukasi karyawan dan berkomunikasi kepada mereka tentang perlunya berubah), partisipasi (memungkinkan karyawan untuk ikut serta dalam proses perubahan), negosiasi (bertukar sesuatu yang bernilai untuk mengurangi penentangan), manipulasi dan kooptasi (menggunakan tindakan negatif agar memberikan pengaruh), dan koersi (menggunakan ancaman langsung atau paksaan).

Membuat perubahan yang berhasil melibatkan fokus terhadap perubahan, memastikan agar manajer memahami peran memahami peran mereka dalam proses tersebut, dan memberikan karyawan individu suatu peran dalam proses perubahan.

Kreativitas adalah kemampuan memadukan ide-ide secara unik atau membuat keterkaitan yang tidak biasa terhadap ide-ide. Inovasi adalah mengubah hasil dari proses kreatif menjadi produk atau metode kerja yang berguna.

 

Jawaban Soal

  1. Dalam situasi global seperti ini, manajer mampu melakukan perubahan, SDM mampu menuangkan ide-ide atau kreativitas yang mampu mendorong organisasi untuk berubah, dan manajer dituntut untuk berinovasi yang mengubah hasil dari proses kreatif menjadi produk atau metode kerja yang berguna.
  2. Semua itu sebeneranya tergantung dari individu karena sebuah inovasi merupakan hasil kreatifitas dari sebuah individu dimana sebuah kreatifitas tidak dapat merusak karir karena dalam sebuah karir anda akan selalu mendapatkan sesuatu yang baru
    sehingga walaupun selama ini anda mendapatkan hasil yang jelek dari kreatifitas yang anda punya tetao akan ada satu turning point dimana anda akan menemukan sebuah jawaban dari kesalahan anda dan ingatlah kesalahan tidak membuat sesuatu menjadi lebih buruk, kesalahan akan membuat sesuatu lebih baik karena dari kesalahan kita dapat belajar akan tetapi yang membuat menjadi
    lebih buruk adalah sikap kita dalam menanggapi kesalahan tersebut.
  3. sebuah peluang terkadanga menjadi sebuah motivasi untuk tidak stress dalam melakukan sesuatu karena jika sebuah individu menemukan sebuah peluang dimana dia bisa sukse dalam suatu hal dia akan berusaha semaksimal mungkin agar peluang yang dia dapat dapat terlakasana dengan baik, contoh : pada suatu hari andi menjalani sebuah ulangan matematika, pada saat ulangan andi sangat percaya diri bahwa dia dapat mendapatkan nilai yang bagus namun beberapa hari setelah dia ulangan ternyata hasil yang keluar tidak sesuai dengan keinginan andi. Akhirnya pak guru pun memberi kesempatan andi untuk memperbaiki nilainya, dengan semangat andi mengambil oeluang tersebut untuk merubah nilainya menjadi lebih baik agar rapornya tidak terdapat nilai merah. Lalu dengan hambatan sebuah individu akan mungkin menjadi stress karena pada titik itu dia akan merasa mendapatkan sebuah masalah yang sangat sulit sehingga terkadang jika sebuah individu tidak memiliki motivasi yang kuat dalam melakukan sesuatu dia akan mencapat titik jenuh atau selain itu bisa mencapai titik dimana dia stress dan akan menyerah. Contoh : sebuah malam pak narto sedang mengaudit sebuah laporang keuangan PT.XYZ pada saat itu pak narto sangat kesulitan mencari sebuah kesalahan yang janggal karena dari laporan tersebut ada yang tertinggal, hal ini membuat pak narto jadi kualahan untuk menyelesaikannya sampai akhirnya dia menyerah dan meminta tlng temennya untuk melanjutkan sisanya. Berbeda dengan tuntutan, tuntutan akan memberikan motivasi tersendiri bagi sebuah individu karena sebuah tuntutan akan menghasilkan sesuatu yang dimana hasil yang di dapatkan akan menjadikan sebuah individu tersebut semakin semangat untuk mencapainya. Contoh ; rendi adalah seoang murid SMA.ABC di sekolah itu terdapat sebuah program yang menuntut nilai muridnya harus di atas 80 karena apabila mendapat nilai di atas 80 akan mendapat beasiswa sampai dia selesai di kelas 12, atas dasar itu rendi begitu semangat agar mendapatkan beasiswa sehingga dapat meringankan beban orang tuanya.
  4. Tidak. Karena dengan adanya perencanaan untuk perubahan akan menjadi lebih efektif dalam proses perubahan organisasi. Sebaliknya, tidak akan efektif bila perubahan tidak dimulai dari perubahan.
  5. Hal ini dapat di lihat dari sikap para karyawan karena apabila ada sebuah perubahan dan seluruh komponen perusahan tidak bisa menerimanya dengan baik maka akan timbul sebuah tindakan yang aneh dimana para karyawan tidak maksimal dalam mengerjakan tugasnya atau banyak karyawan yang kebingungan dengan tugasnya sehingga hal – hal seperti itu membuah perusahaan mendapatkan untung yang sedikit atau membuat perusahaan menjadi lebih buruk dan memiliki nama baik di masyarakat.

 

RANGKUMAN BAB 13

Perilaku organisasi (PO) berfokus pada tiga bidang: perilaku individu, perilaku kelompok, dan aspek organisasi. Tujuan PO adalah menjelaskan, memprediksi, dan mempengaruhi perilaku.

Komponen kognitif dari sikap mengacu pada keyakinan, opini, wawasan, atau informasi yang dimiliki seseorang. Komponen afektif merupakan bagian emosional atau perasaan dari suatu sikap. Komponen perilaku mengacu pada niat untuk berperilaku dengan cara tertentu terhadap seseorang atau sesuatu.

MBTI mengukur empat dimensi: interaksi sosial, preferensi dalam menghimpun data, preferensi dalam mengambil keputusan, gaya dalam mengambil keputusan. Model big five terdiri dari lima sifat kepribadian: ekstraversi, keramahan, kecermatan, stabilitas emosi, dan keterbukaan terhadap pengalaman.

Bagaimana seseorang berespons secara emosional dan bagaimana seseorang menghadapi emosinya menjadi fungsi kepribadian. Seseorang yang cerdas secara emosional memiliki kemampuan untuk mengenali dan mengelola isyarat emosi dan informasi.

Persepsi adalah bagaimana kita mengartikan lingkungan sekitar dengan menyusun dan menafsirkan kesan sensoris. Manajer perlu memahami persepsi karena orang-oranag berperilaku atas persepsi mereka.

Tiga jalan pintas dalam menilai orang lain yaitu kesamaan, stereotip, dan efek halo.

 

Jawaban Soal

  1. Ya. Karena semakin tinggi tingkat level seorang manajer maka akan semakin kompleks dan penting ilmu perilaku organisasi tersebut. Contohnya seorang manajer lini pertama hanya akan menerapkan ilmu pengantar organisasi dalam bidang perilaku individu dan perilaku kelompok. Sedangkan top manajer akan menerapkan seluruh bidang ilmu perilaku organisasi.
  2. Setuju, karena sebuah lingkungan kerja akan berpengaruh besar pada hasil kinerja yang di dapat sehingga apabila seseorang mendapatkan lingkurangan kerja yang baik imbas atau efeknya bukan hanya kepada dirinya melainkan juga kepada orang lain yang ada di sekitarnya, selain itu dengan memiliki lingkungan kerja yang baik orang akan dapat mendapatkan hal lain selai upah yang mereka harapkan pada awalnya
    mereka akan mendapatkan banyak relasi, pengalaman, dan banyak hal lainnya yang membuat individu tersebut menjadi lebih baik.
  3. Sebagian besar perusahaan kini menggunakan tes kepribadian untuk merekrut dan memperkerjakan seseorang. Mungkin disinilah nilai utama dalam memahami perbedaan kepribadian. Perusahaan tentu akan memilih seseorang yang dapat mengenali dan mengelola emosi mereka dengan baik. Manajer pun akan memiliki karyawan yang berkinerja lebih baik dan lebih puas apabila bisa menyesuaikan antara kepribadian karyawan dan pekerjaannya.
  4. Hal yang akan saya lakukan terhadap karyawan yang seperti itu dengan menegurnya, kemudian mengadakan pelatihan. Apabila tidak ada perubahan bisa diberhentikan dari perusahaan.
  5. Tidak. Manajer harus tetap menggunakan disiplin dengan manajer yang bermasalah karena mengimplementasikan sistem disiplin yang adil dan konsisten merupakan metode manajemen terbaik dalam mendorong filosofi perusahaan dan mengarahkan perusahaan.
  6. menurut saya menurunnya tingkat kepuasan itu di sebabkan karena selama 5 tahun dia bekerja apa yang di dapatkan tidak berubah atau dalam kata lain konstan sehingga motivasi dia dalam melakukan kerja tersebut akan turun, selain itu ada juga faktor eksternal misalnya karena hambatan umur
    atau karena hambatan lingkungan kerja dimana dia tidak di sukai dengan teen sekantornya. hal – hal seperti itu dapat menyebabkan orang tidak betah dalam bekerja sehingga karir yang dia bangun selalu mengulang dari nol lagi karena dia selalu berpindha – pindah tempat kerja.
  7. Tingkat kepuasan karyawan pada perusahaan dapat menurun karena kebosanan yang mereka rasakan. Kebosanan timbul karena kegiatan operasi yang stagnan. Hal ini dapat diselesaikan dengan melaksanakan pelatihan dan motivasi pada karyawan. Dan pemberian hak kepada karyawan dapat lebih ditingkatkan dalam bentuk pelayanan fasilitas.

 

Rangkuman BAB 14

 

Sifat dan Fungsi komunikasi

Komunikasi adalah pemindahan dari pemahaman makna. Komunikasi antar pribadi adalah komunikasi antara dua orang atau lebih. Komunikasi organisasi adalah semua system, pola, jaringn dari komunikasi dalam sebuah organisasi.

Fungsi komunikasi adalah untuk memberi pengendalian perilaku karyawan, memotivasi karyawan dan meberikan pelepasan ekspresi.

Metode- metode Komunikasi Antarpribadi

Terdapat tujuh elemen dalam proses komunikasi. Pertama terdapat pengirim yang mempunyai pesan. Pesan adalah suatu tujuan yang ingin di sampaikan. Encoding adalah mengubah pesan menjadisimbol- symbol. Saluran adalah media yng di gunakan dalam penyampaian pesan. Decoding adalah ketika penerima menerjemahakan kembali pesan dan pengirim.

Komunikasi Antarpribadi yang Efektif

Hambatan untuk melakukan komunikasi yang efektif meliputi penyaringan, emosi, informasi yang berlebih, bahsa dan budaya nasional.

Para manajer dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan umpan balik, mendengarkan secara aktif.

 

Komunikasi dan Teknologi Informasi

 

Teknologi secara radikal mengubah cara berkomunikasi para anggota organisasi. Teknologi meningkatkan kemampuan seorang manajer untuk memonitor kinerja, memberikan informasi secara lengkap kepada karyawan untuk membuat keputusan yang lebih cepat.

 

Jawaban Soal

 

  1. Karena kesepakatan beranggapan bahwa orang itu hanya tidak sepenuhnya memahami posisi kita. Dengan kata lain, banyak dari kita mendefinisikan komunikasi yang baik seperti mempunyai seseorang yang menerima pandangan kita.
  2. Menurut saya yang lebih penting adalah menyimak dengan aktif, dengan menyimak kita mengetahui makna secara aktif dan menyimak lebih melelahkan dari berbicara. Rata-rata orang2 berbicara sekitar 123-200 kata per menit sedangkan menyimak dapat memahami sampai dengan 400 kata permenit,oleh hal itu maka menyimak lebih efisien.

 

Rangkuman BAB 15

 

Motivasi adalah proses dimana usaha seseorang diberi energi, diarahkan, dan berkelanjutan menuju tercapainya suatu tujuan.

Individu menaiki hierarki lima kebutuhan (fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri) sebagai kebutuhan yang penting untuk dipenuhi. Sebuah kebutuhaan penting yang sudah terpenuhi tidak lagi termotivasi.

Teori penetapan tujuan menyatakan bahwa tujuan yang spesifik akan meningkatkan kinerja, dan tujuan yang sulit, ketika diterima, menghasilkan kinerja yang lebih tinggi daripada tujuan yang lebih mudah. Teori penetapan tujuan mengatakan bahwa niat untuk bekerja mencapai tujuan adalah sumber utama motivasi kerja, tujuan sulit yang spesifik menghasilkan tingkat hasil yang lebih tinggi daripada tujuan umum, partisipasi dalam menetapkan tujuan mungkin lebih disukai untuk menetapkan tujuan, tetapi tidak selalu. Panduan umpan balik dan perilaku memotivasi, terutama umpan balik yang dihasilkan sendiri, dan kemungkinan mempengaruhi penetapan tujuan mencakup komitmen tujuan, efektivitas diri, dan budaya nasional.

Para manajer menghadapi tantangan dalam memotivasi kelompok pekerja yang unik. Beragam tenaga kerja mencari fleksibilitas. Pekerja profesional menginginkan dukungan dan tantangan pekerjaan, dan mereka termotivasi oleh pekerjaan itu sendiri. Karyawan tidak tetap menginginkan kesempatan untuk menjadi permanen atau mendapat pelatihan keterampilan. Program pengakuan dan penghargaan yang tulus untuk pekerjaan yang dilakukan dapat digunakan untuk memotivasi pekerja dengan keterampilan rendah dan berupah minimum.

 

Jawaban Soal

  1. Manajemen memang harus sangat bisa mengendalikan dan memperhatikan bagaimana motivasi karyawan dalam pekerjaannya. Karena dengan begitu manajer bisa lebih mengerti karyawan dan selanjutnya dapat meningkatkan produktivitas karyawan dengan efisien.
  2. Saya mencoba melakukan yang terbaik dalam menyelesaikan tugas Akuntansi. Cara yang saya lakukan adalah dengan lebih memahami bab yang dibahas di dalamnya. Karena yang terpenting dalam penyelesaian tugas ialah tentang pemahaman materi dan masalah di dalamnya.
  3. Elemen energi, arah, ketekunan dengan menggunakan teori penetapan tujuan, karena yang menyatakan bahwa tujuan yang spesifik meningkatkan kinerja dan ketika menerima tujuan yang sulit, kinerjanya lebih tinggi daripada tujuan yang mudah.
  4. Pendekatan untuk mendesain pekerjaan adalah pelunasan vertikal suatu pekerjaan dengan menambahkan tanggung jawab perencanaan dan evakuasi atau pengayaan pekerjaan.
  5. Jika sebagai manajer, saya akan memberitahu mereka esensi dari sebuah pekerjaan, karena dalam sebuah pekerjaan apabila dilakukan hanya berorientasi pada uang maka hanya uang yang akan mereka dapatkan. Berbeda dengan mereka yang melakukan pekerjaan karena ikhlas, mereka yang seperti itu akan mendapatkan banyak hal selain uang.
  6. Setuju. Karena sebuah pekerjaan akan terasa lebih enjoyable apabila dilakukan dengan ikhlas. Hal itu tak lain adalah karena yang didapatkan bukan hanya upah melainkan skilldan hal-hal menarik lain yang juga akan bertambah.
  7. Dapat. Dalam kondisi tertentu seorang individu terdapat kebutuhan-kebutuhan dalam hidupnya, seperti kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri yang menekan individu sehingga seorang individu termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya.
  8. “Memotivasi secara sederhana berarti memelihara orang-orang Anda” adalah suatu cara/metode motivasi yang bagus dan efektif karena dalam konsep ini seorang motivator memotivasi orang-orangnya berdasarkan latar belakang, ketika orang-orang sedikit atau bahkan sangat menyimpang dari tujuan semula maka motivator memberitahu orang-orang tersebut berdasarkan latar belakang dari orang-orang tersebut.

 

Rangkuman BAB 16

 

Pemimpin adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain dan yang memiliki otoritas manajerial. Kepemimpinan adalah proses memimpin dan mempengaruhi suatu kelompok untuk mencapai tujuan. Manajer harus menjadi pemimpin karena memipin adalah salah satu dari fungsi manajemen. Perilaku memimpin memiliki dua sifat: fokus terhadap pekerjaan dan fokus terhadap karyawan.

Model Fiedler mencoba mendefinisikan gaya terbaik yang dapat digunakan dalam situasi tertentu. Teori kepemimpinan situasional (SLT) dari Hershey and Blanchard fokus pada kesiapan karyawan. Model jalur tujuan yang dikembangkan oleh Robert House mengidentifikasi empat perilaku kepemimpinan: bersifat pengarah, pendukung, partisipatif, dan berorientasi prestasi.

Pemimpin tim memiliki dua prioritas: mengatur batas eksternal dan memfasilitasi proses tim. Empat peran pemimpin meliputi: bekerja sama dengan konstitusi eksternal, memecahkan masalah, manajer konflik, dan pelatih.

Pemimpin saat ini menghadapi isu dalam mengelola kekuasaan, mengembangkan kepercayaan, memberdayakan karyawan, memimpin di berbagai budaya, memahami perbedaan gender di kepemimpinan, dan menjadi pemimpin yang efektif.

 

Jawaban Soal

  1. Jenis kekuasaan yang demokratis, karena gaya demokratis menggambarkan pemimpin yang melibatkan rekan-rekan untuk berpartisipasi dalam membuat keputusan, mendelegasikan wewenang, dan menggunakan umpan balik sebagai kesempatan untuk melatih karyawan.
  2. Ya, karena dalam pendekatan ini dinyatakan bahwa tugas pemimpin adalah membaantu pengikutnya untuk mencapai tujuan dan mengarahkan, memberikan dukungan sesuai kebutuhan untuk memastikan bahwa tujuan mereka sejalan dengan tujuan kelompok/ organisasi, seperti yang banyak diterapkan sebagian manajer.
  3. Ya benar karena setiap pemimpin harus memiliki sifat yang kompeten, konsisten terhadap keputusan, percaya diri dalam mengambil keputusan, kemudian mnginspirasi visi bersama dan antusias dalam bekerja.
  4. Yang dapat dilakukan untuk meningkatkan karismatik adalah dengan sifat antusias dan  percaya diri yang kepribadian dan tindakannya mempengaruhiorang untuk berperilaku dalam cara-cara tertentu. Pemimpin yang visioner mampu menciptakan dan mengartikulasi visi misi depan yang realistis, dapat dipercaya, dan menarik.
  5. Kepercayaan berkembang dari karakteristik pribadi seorang. Karena kepercayaan harus dibangun dari awal bukan karena situasi tertentu.
  6. Dalam menajerial diperlukan keseimbangan atas kekerasan dan kelembutan. Kekerasan diperlukan untuk kedisiplinan dan kelembutan diperlukan untuk mendekatkan atas menajer dengan karyawannya.
  7. Pemimpin adalah orang yang bisa memengaruhi setiap orang dan mampu menjadi panutan bagi seluruh bawahannya. Namun, karyawan juga bisa memengaruhi seorang pemimpin dalam bentuk pola pikir dan pelaksanaan tugas. Pola pikir seorang pemimpin akan berubah tatkala menghadapi suatu permasalahan baru yang terjadi pada karyawannya. Pemimpin yang efektif pasti akan mempelajari lebih jauh tentang bagaimana kehidupan dan permasalahan karyawan. Oleh sebab itu, karyawan akan bepengaruh pada aktivitas pemimpin.
  8. Sebuah organisasi dapat mengembangkan atau melahirkan pemimpin yang efektif melalui banyak cara. Pemimpin efektif dapat terlahir melalui kondisi organisasi tersebut, melalui pelatihan dan implementasi.

 

Rangkuman BAB 17

 

Pengendalian adalah proses pengawasan, perbandingan, dan perbaikan kinerja. Pengendalian penting karena (1) pengendalian membantu manajer mengetahui apakah tujuan telah tercapai dan jika tidak, mengapa; (2) memberikan informasi dan umpan balik sehingga manajer merasa yakin dalam pemberdayaan karyawan; dan (3) membantu melindungi perusahaan dan asetnya.

Tiga langkah di proses pengendalian adalah pengukuran, perbandingan, dan pengambilan tindakan. Pengukuran adalah penentuan bagaimana mengukur kinerja aktual dan apa yang diukur. Perbandingan adalah melihat selisih antara kinerja aktual dengan standarnya. Pengambilan tindakan adalah tidak berbuat apa-apa, memperbaiki kinerja, atau ,merevisi standar.

Kinerja perusahaan adalah akumulasi hasil aktivitas perusahaan. Tiga pengukuran kinerja perusahaan yang lazim digunakan adalah produktivitas, efektivitas, dan peringkat industri dan perusahaan yang disusun dari berbagai publikasi bisnis.

Pengendalian feedforward dilakukan sebelum aktivitas kerja dilakukan.Pengendalian concurrent dilakukan selama aktivitas kerja dilakukan, sedangkan pengendalian feedback dilakukan setelah aktivitas kerja dilakukan. Pengendalian keuangan yang dapat digunakan oleh manajer meliputi rasio keuangan dan anggaran. Pengendalian informasi yang dapat digunakan oleh manajer adalah sistem informasi manajemen. Tolok ukur melakukan pengendalian dengan menemukan praktik terbaik di antara pesaing atau nonpesaing dan dari dalam organisasi itu sendiri.

Menyesuaikan pengendalian untuk perbedaan lintas budaya penting dilakukan, terutama pada area pengukuran dan pengambilan langkah-langkah perbaikan. Masalh di tempat kerja meliputi privasi di tempat kerja, pencurian oleh karyawan, dan kekerasan di tempat kerja. Di masing-masing masalah, manajer harus memiliki kebijakan untuk mengendalikan langkah yang tepat dan memastikan pekerjaan dilakukan secara efisien dan efektif.

Pengendalian terhadap interaksi pelanggan penting dilakukan karena produktivitas pelayanan karyawan dan kualitas pelayanan mempengaruhi persepsi pelanggan tentang nilai pelayanan.

Tata kelola perusahaan adalah sistem yang digunakan untuk mengelola perusahaan untuk melindungi kepentingan pemilik perusahaan.

 

Jawaban Soal

  1. Perusahaan akan tetap bias mempertahankan suatu standar yang telah dittentukan dalam keadaan (buih air). Perusahaan dapat mempertahankan standarnya melalui perombakan dan pembetulan permasalahn yang terjadi dalam suatu perusahaan. Dan pembenahan ini tidak mengharuskan perusahaan untuk mengubah standarnya. Namun, apabila permasalah yang terjadi sudah terlalu akaut dan sangat menyangkut kualitas standar yang telah ditentukan, maka pembaruan standar sangat penting dilakukan.
  2. Dalam kehidupan sehari-hari pasti ada sesi pengukuran, perbandingan, dan pengambilan keputusan, jika diasumsikan dengan kehidupan sehari-hari seseorang pasti ada sesi pengukuran tentang suatu hal, lalu setelah selesai, orang tersebut akan membandingkan dengan suatu hal yang mirip dengan hal yang telah diukur tadi. Setelah itu, keluarlah sebuah kesimpulan dan dari kesimpulan tersebut akan dapat diambil sebuah keputusan.
  3. Peralatan pengawasan seperti komputer, kamera video, dan alat monitor telepon melampaui batas menjadi pelanggaran hak karyawan adalah saat dimana perusahaan merasa curiga bahwa karyawan melakukan pelanggaran/penyelewengan atas pekerjaannya, sehingga perusahaan meningkatkan keamanan yang ketat sampai privasi seorang karyawan terganggu.
  4. Karyawan pasti berperan dalam mengendalikan aktivitas kerja. Dalam artian, mereka berhak dan bertanggung jawab atas tugas mereka masing-masing.
  5. Aktivitas kerja yang dapat diterima dalam lebihnya rata-rata adalah aktivitas karyawan dalam kedisiplinan. Aktivitas kerja yang tidak dapat diterima dalam lebihnya rata-rata adalah aktivitas yang dapat merugikan proses produksi perusahaan. Contohnya adalah terlalu sering menggunakan listrik untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

 

 

 

Rangkuman BAB 18

Manajemen operasi adalah proses transformasi yang mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa. Organisasi harus mengetahui peran penting manajemen operasi sebagai bagian dari seluruh strategi mereka dalam mencapai kesuksesan kinerja.

Manajemen rantai nilai adalah proses mengelola urutan aktivitas dan informasi di sepanjang rantai produk. Manajemen rantai nilai memiliki empat manfaat: meningkatkan pengadaan, logistik, pengembangan produk, dan manajemen pesanan pelanggan.

Enam persyaratan utama bagi kesuksesan manajemen rantai nilai adalah koordinasi atau kolaborasi, investasi pada teknologi, proses organisasi, kepemimpinan, karyawan atau sumber daya manusia, dan perilaku budaya organisasi.

Perusahaan mencari cara memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan manajemen operasi mereka melalui kolaborasi yang ekstensif dan pengendalian biaya. Penyesuaian massal memberikan produk kepada pelanggan kapan, dimana, dan bagaimana mereka menginginkannya. Hal ini membutuhkan teknik manufaktur yang fleksibel dan dialog terus menerus kepada pelanggan.

 

Jawaban Soal

  1. Ya. Karena manajemen operasi mengacu pada proses transformasi yang mengubah sumber daya menjadi barang dan jasa, sedangkan perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang memproduksi benda-benda berwujud yang membutuhkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitas.
  2. Karena setiap unit organisasi memproduksi sesuatu, manajer harus memahami konsep manajemen operasi agar dapat mencapai tujuan dengan efisien dan efektif. Manajemen operasi penting bagi organisasi dan manajer karena tiga alasan meliputi jasa manufaktur, penting dalam kesuksesan bersaing organisasi.
  3. Konsep manajemen ini dipraktikkan dalam bentuk pembelajaran di kampus, selain itu konsep manajemen tidak bisa didapat dari satu orang karena konsep tersebut akan selalu berubah akan tetapi secara praktik tetap sama.
  4. Menurut saya, keberhasilan organisasi terjadi jika sebuah organisasi melakukan pengendalian kualitas lebih baik daripada melakukan perbaikan terus menerus. Karena kualitas akan berubah seiring perubahan zaman, mengikuti kualitas pada masa tersebut. Contohnya ISO:9000 adalah salah satu serangkaian standard manajemen internasional yang menyusun pedoman proses yang seragam untuk menjamin kesesuaian produk dan permintaan pelanggan.
  5. Industri mobil di AS. Kesuksesan yang dialami manufaktur AS selama Perang Dunia II membuat para eksekutif manufaktur yakin masalah-masalah yang mengganggu produksi telah berhasil diatasi. Para eksekutif ini bahkan berfokus pada peningkatan area fungsional lainnya.