Berfikir Mengenai Isu – Isu Manajemen hal. 109, 122, 154

Berpikir dan Berdiskusi Tentang Isu-Isu menejemen

 

Berpikir mengenai isu-isu manajemen

Hal:109

 

  1. Tipe organisasi transnasional/tanpa batas memakai pengaturan yang mengeliminasi atau menghapus halangan geografis artitisial.Para manajer memilih pendekatan ini dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas di pasar global yang kompetitif.Implikasi yang dirasakan oleh para pihak manajer adalah bagaimana mereka bisa mengembangkan produk yang diproduksi di negara lain,dengan baik dengan cara memanfaatkan sumber daya alam dan manusia yang ada pada negara ttersebut.Jadi struktur organisasi manajerial tidak akan berpusat pada satu organisasi manajerial namun harus mencakup seluruh struktur organisasi manajerial di seluruh negara dimana perusahaan iitu berada.
  2. Kerangka kerja globe dapat diterapkan di lembaga pemerintah Venezuela dan Thailand.Hal ini dikarenakan negara Venezuela dan negara Thailand memiliki rating yang tinggi.
  3. Pendekatan perusahaan global:

-keuntungan    :Keputusan dan kebijakan bisa disentralisasi oleh satu struktur.

-Kerugian        :Kesuksesan produksi perusahaan di negara lain tidak bisa dijamin                   kualitasnya.

Pendekatan perusahaan multidomestik:

-keuntungan    : Dapat menjalankan desentralisasi manajer dan keputusan-keputusan lainnya dinegara lokal.

-kerugian         :Manajeme perusahaan  yang dikelola oleh orang lokal tidak bisa dikontrol secara baik oleh manajer pusat.

Pendekatan perusahaan transnasional:

-Keuntungan    : Struktur manajerial tidak memandang negar asal,jadi bisa memanfaatkan orang asing untuk mengembangkan perusahaan.

-kerugian         : Adanya diferensiasi sosial yang tinggi antara pengururs manajer.

  1. Tantangan seorang manajer transfer dari meksiko ke Amerika Serikat yaitu seorang manajer harus memahami lingkungan yang baru dan mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan bisa menguasai bahasa asing.seorang manajer wajib mewaspadai isu-isu ekonomi antara lain: nilai tukar mata uang,tingkat inflasi dan kebijakan fiskal,mengetahui keadaan budaya tersebut antara lain, jarak kekuasaan, penghindaran ketidak pastian,orientasi masa depan,orientasi kerja.Tantangan manajer AS yang ditransfer ke Guadalajara juga sama seperti tantangan manajer yang ditransfer dari Meksiko ke AS.
  2. Dalam hal organisasi para manajer mengawali dengan global sorching yaitu mengumpulkan bahan mentah atau enaga kerja dari seluruh dunia berdasarkan biaya termurah.Tujuannya adalah memanfaatkan keuntungan biaya yang lebih murah.dalam rangka menjadi lebih kompetitif.Pengaruh dari internet yaitu tentang perdagangan internasional yaitu mengekspor dan mengimpor barang dari luar negeri.
  3. Perusahaan banyak yang dirugikan para terorisme fdengan banyaknya pemberontakan yang merugikan masyarakat sehingga masyarakat tidak selera dengan produk-produk yang dikeluarkan perusahaan.Hal ini merupakan tangtangan terberat seorang manajer.
  4. A. sejauh apa masyarakat mendorong dan menghargai para anggota kelompok agar meningkatkan dan memaksimalkan kinerja mereka .

B. tidak terlalu menghindari ketidakpastian.Terbiasa debgab resiko,toleran terhadap perbedaan perilaku dab berbagai opini untuk menyusun tujuan tertentu.

C. Menerima perbedaan yang lebar dalam kekuasan ,respek yang besar bagi mereka yang berwenang.

D. Masyarakat mendorong dan menghargai individu agar berlaku adil,tidak egois,tidak pelit,peduli,dan mengasihi sesama.

 

Pertanyaan Diskusi

Hal:122

 

  1. Sikap globallisasi SAP sebelum tahun 2002 adalah sikap globalisasi individual, jadi hanya beberapa manajer yang mampu memimpin secara global dan internasional.Alasannya terdapat pada karakter dari manajer SAP Leo Apotheker yang dapat berkomunikasi dengan berbagai macam bahasa seprti Jerman,Perancis, dan Inggris,namun di bagian lain dari perusahaan SAP tidak terdapat karakter manajer global lainnya. Karakter manajer SAP saat ini adalah mereka mampu berkomunikasi dengan bahasa Internasional dengan baik sehingga bawahan mereka (pekerja asing) dapat bekerja baik dan maksimal.
  2. Kebudayaan Jerman
  • Memiliki karakatristik yang kuat
  • Merupakan Negara seni dan pemikir
  • Cukup beragam dan mememiliki ciri khas tersendiri
  • Berkembang pesat pada seni, terutama sastra,teater,seni rupa,perfilman dan music
  • Disiplin dan tepat waktu

Namun terdapat GAP (pemisah) antara golongan tua dan golongan muda. Ini terlihat dari perilaku dan pola pikir mereka. Golongan tua yang hidup di masa militer hitler dan golongan muda yang hidup di masa demokrasi di junjung tinggi.Ini memberikan dampak positif dan negative dalam perkembangan budaya mereka.

Kebudayaan Amerika

  • Merupakan perpaduan dari kebudayaan banyak Negara karena penduduknya berasal dari berbagaimacam Negara (Multikultular)
  • Negara adidaya,
  • Beragam namun tidak memiliki cirri khas yang kental
  • Lebih menonjol pada kebudaayaan yang moderenisasi
  • Banyak kebudayaan yang terpengaruh dengan budaya Eropa

Persamaan kebudayaan Jerman dan Amerika

  • Tingkat kedisiplinan
  • Profesionalisme dalam bekerja
  • Menggunakan motto “ waktu adalah uang”
  • Masih ada kesamaan asal kebudayaan, dimana kiblat awal kebudayaan Amerika adalah Negara-negara di Eropa
  • Tingkat kesejahteraan masyarakatnya

Perbedaan kebudayaan Jerman dan Amerika

  • Pola pikir masyarakatnya, serta tata karma yang terlihat dari perilaku mereka. Jerman termasuk Negara yang masih menjunjung tinggi tentang mengatur hingga ke cara berpakain,pemakaian tata bahasa (hoch deutsch atau umgangsprache),hingga cara berinteraksi dengan warga negara lain. Ini di tunjukkan oleh para golongan tua.

Kebudayaan India

  • Memiliki pengaruh besar dalam persebaran agama Hindu dan Buddha
  • Kebudayaan beragam dan sangat kental
  • Berorientasi pada kebudayaan kuno
  • Merupakan Negara sekuler
  • Dapat bertoleransi terhadap perbedaan
  • Masyarakatnya sangan teguh dalam mempertahkan kebudayaan

Persamaan kebudayaan Jerman dan India

ü    Cara masyarakat dalam mempertahankan ciri khas budayanya yang sangat kuat

Perbedaan kebudayaan Jerman dan India

  • Taraf kesejahteraan masyarakatnya
  • Tingkat pendidikan dan pola pikir masyarakatnya
  • Dasar kebudayaan yang sangat kontras

Perbedaan karakteristik dari ketiga Negara yang telah di jelaskan di atas memiliki sisi posotif dan negative yang akan menjadi tantangan seorang manajer yang nantinya harus bersikap global untuk membaurkan kebudayaan tiap Negara tersebut menjadi kebudayaan global yang akan menguntungkan SAP. Pada awalnya adalah mencari kelebihan dan kekurangan tiap Negara, dengan cara itu kita akan tahu bagaimana menutupi kelemahan kebudayaan suatu Negara dengan adanya kelebihan dari Negara lain.Selain itu, seorang manajer tidak boleh bersikap diskriptif terhadap suatu kebudayaan Negara, semua pegawai dari berbagai macam kebudayaan harus diperlakukan secara adil dan bijaksana, agar tidak terjadi kecemburuan social yang mengakibatkan kerugian besar pada perusahaan.

  1. Setiap organisasi memiliki budaya tersendiri untuk melestarikan kewaspadaan budaya,bahasa inggris telah dijadikan bahasa resmi dalam rapat-rapat korporat,bahkan di kantor pusat yang berlokasi di jerman dan juga para manajer dan eksekutif SAP memutuskan untuk mengubah perusahaannyamenjadi lebih global dengan cara merekrut ribuan programmer dari berbagai lokasi luar negeri seperti di AS,Cina,dan India.Budaya nasional ternyata lebih berpengaruh terhadap para karyawan ketimbang budaya organisasi.Pada kenyataannya para karyawan warga negara Amerika di SAP yang berlokasi di Jepang mungkin akan lebih mencerminkan budaya amerika daripada budaya SAP.Artinya, seberapapun berpengaruhnya budaya organisasi dalam praktik manajerial,budaya nasional akan lebih berpengaruh.
  2. Yang harus dilakukan oleh para manajer sebelum merubah perusahaannya menjadi global yaitu mensosilaisasikan kepada para karyawan SAP bahwa perusahaan tersebut akan dirubah menjadi perusahaan yang lebih global.Setelah para eksekitif SAP mensosilaisasikan ,langkah selanjutnya adalah menjalankan beberapa hal untuk mewujudkan perusahaan yang global namun dengan cara perlahan.Sehingga para karyawan dapat mengikuti perubahan yang terjadi.Dan setelah Perusahaan tersebut telah menjadi perusahaan yang global,langkah selanjutnya adalah para manajer tidak boleh melupakan karyawan-karyawan dalam perusahaan yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut dan membuang tanggapan bahwa perusahaan sudah tidak membutuhkan mereka lagi.

 

Isu-Isu manajemen

Hal 154

 

  1. Ya, karena bertanggung jawab sosila itu sangat berpengaruh bagi suatu organisasi yang pada nantinya akn berpengaruh pada karyawan yang berperilaku etis.
  2. Tidak juga, karena menurut saya Perusahaan yang manajemen berbasis nilai itu memang memikirkan konsumen.Menurut saya,disini memang dilakukan perusahaan agar tidak kehilangan pelanggannya.
  3. Tanggung jawab universitas adalah untuk mengatur penggunaan pengaksesan jaringan. Tanggung jawab universitas ditujukan kepada masyarakat, karena mahasiswa yang ada di universitas diasumsikan banyak mengunduh file yang ada di internet dan berdampak pada akses jaringan masyarakat di luar universitas. Universitas seharusnya bisa bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan untuk membatasi jumlah pengunduhan yang ada di wilayah universitas untuk meningkatkan kemampuan mengakses dan menggunakan jaringan lokal bagi masyarakat. Universitas juga bisa mengambil kebijakan pembatasan penggunaan layanan. Misalnya, jika berada di lingkungan universitas hanya bisa mengakses web yang berbasis pendidikan.
  4. Masalah yang dapat diasosiasikan merupakan masalah target perusahaan atau organisasi serta strategi pencapaian target tersebut. Semua pihak tentu harus mengetahui target dan strategi pencapaian karena semua pihak tentu ikut andil dalam kesuksesan suatu perusahaan. Selain itu, masalah intensif atau bonus karyawan pun harus diasosiasikan. Hal ini dapat mendorong produktivitas karyawan
  5. Seseorang yang beretika adalah seseorang yang bertindak terbuka dan jujur.Seseorang memiliki moral yang baik pasti lebih sedikit melakukan pelanggaran .Selain itu bila seseorang itu memiliki ego yang tinggi maka akan sering menolak rangsangan untuk bertindak secara tidak etis dan tidak mengikuti keyakinan mereka.Maka, orang dengan kekuatan ego yang tinggi akan sering melakukan hal yang mereka anggap benar dan lebiih konsisten dalam penilaian dan tindakan moral mereka.Keputusan yang diambil akan rasional dan tegas dan berani mengambil resiko dalam pekerjaannya.
  6. Menurut saya kapitaslime itu bisa menjadi penyebab kehancuran.Dipandang dari sisi politikya ada kecurangan di dalam politik negara tersebut,karena yang bisa memimpin hanya orang orang satu dinasti atau satu keturunan. Dalam sisi ekonomi kapitalisme, bisa menyebabkan kehancuran karena mereka itu hanya memikirkan jangka pendek saja.

 

Pertanyaan untuk diskusi

Hal 156

 

  1. Tidak, karena walaupun oerusahaan ini banyak melakukan kegiatan amal,dalam prosesnya tidak ada pengawasan sehingga walaupun ada dana yang disumbangkan belum tentu dana tersebut digunkakan sesuai tujuan aslinya.
  2. Tidak karena dalam melakukan kegiatan ttersebut Nau mempunyai banyak target sehingga mereka tidak akan kehabisan ide atau kehabisan target.Sedangkan kelemahannya perusahaan ini adalah dalam pelaksanaan kegiatan amal mereka tdak ada perwakilan yang melakukan pengawasan terhadap mereka.
  3. Membuat pelanggan “menghubungkan titik-titik” dan menentukan pilihan dalam masalah sosial merupakan tanggung jawab bisnis karena selain menguntungkan perusahaan juga menguntungkan bagi planet karena disini pelanggan diminta mengalokasikan sumbangannya kepada organisasi amal yang bergerak dalam menyelesaikan masalah lingkungan dan kemanusiaan.
  4. Dalam bisnis ini mau menerapkan pendekatan keuangan yang disebut autruisme agresit.Perusahaan mengalokasikan 5% penjualannya untuk organisasi amal yang bergerak dalam penyelesaian masalah lingkungan dan kemanusiaan sehingga bermanfaat bagi perusahaan bisnis maupun lingkungan sosial.hal ini dapat diterapkan untuk kegiatan bisnis lain.

Nama Anggota Kelompok:

  1. Much. Asyari M N
  2. Mita Nindiasari Putri
  3. Gita Febrila Cahyaningtiyas Putri
  4. Rizky Dharana Meidina
  5. Firda Maisarasita A.
  6. Veny Claudia D.
  7. Dickxie Audiyanto
  8. Faisal Yoga Restukumala
  9. Yusuf Denhas
  10. Agung