browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Dari Praktisi Hijrah Menjadi Akademisi

Posted by on 23 April 2019

Kilas balik dari 5 tahun silam sebagai seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan Multinational saya memang tidak pernah memimpikan sebuah jabatan. Saya merasa titik itu hanyalah sebuah pulau bersandar bagi kapal yang akan berlayar mengarungi samudra. Tidak pernah terbersit untuk meniti karir dan menghabiskan sis hidup dengan mengabdi di sebuah perusahaan.

Menjadi pribadi yang bebas dan dapat menentukan keputusan tentang masa depan adalah mimpi sempurna bagi saya, sehingga dengan segala konsekuensi saya putuskan untuk mundur menjadi karyawan dan memulai petualangan baru sebagai enterpreanur. Sebuah petualang baru yang sangat menantang dan mengharuskan pengerahan segenap tenaga dan fikiran. Perubahan gaya hidup, pola pikir dan time management sangat terasa drastis ketika itu.

Seiring berjalannya waktu setelah menekuni online shop selama 3 tahun saya kembali merasa gusar. Perubahan kondisi ekonomi yang begitu fluktuatif ditambah dengan pelemahan nilai rupiah terhadap dollar membuat bisnis yang saya bangun mengalami penurunan performa, begitu juga semangat saya yang menipis. Saya berpikir tentang petualangan selanjutnya….

Kapal ini tidak akan melaju tanpa bahan bakar yang cukup, sementara sudah tidak sendiri lagi mengarungi samudra ini, ada malaikat kecil yang harus kuhantarkan menuju pulau-pulau sandaran yang terbaik. Ketika itu saya menjadi sumringah ketika bertemu dengan kawan lama, beliau tengah menjalani pendidikan Doktoral di sebuah Universitas ternama di Jawa Timur. Beliau memotivasiku untuk melanjutkan kuliah S3 mumpung masih muda, kuat dan tidak terlalu banyak tanggungan.