Mengunjungi DILO !!!

 

Sebelum saya membahas lebih jauh lagi mengenai pengalaman saya mengunjungi coworking space di Kota Malang, akan lebih baik jika kita tahu definisi dari Coworking Space. Definisi Coworking Space (ruang bersama) adalah sebuah tempat dimana para individu – individu yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis bekerja dalam sebuah tempat. Asal dari definisi coworking space itu sendiri adalah berasal dari kata ‘Coworking’ yang bisa diartikan kerja sama atau berkolaborasi. Desainnya mengususng open space dan transparency yang mana individu yang ada di dalam coworking tersebut bebas dan bisa berinteraksi.

Saya mengunjungi coworking space untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirauasahaan untuk mengobservasi dan menilai coworking space yang ada di Kota Malang. Coworking Space yang ada di Kota Malang ada banyak salah satunya yaitu DILO (Digital Innovation Lounge). Tidak hanya di Kota Malang DILO hadir di beberapa kota di Indonesia, diantaranya; Banda Aceh, Padang, Jakarta, Bogor, Bandung, dan di kota lainnya. Perlu kita ketahui juga bahwa DILO Kota Malang salah satu coworking space terbaik di Malang. Hal tersebut saya buktikan ketika mengunjungi DILO Malang.

Saat saya berkunjung saya melihat desain DILO sangat cocok dan nyaman untuk bekerja, berdiskusi, sharing materi dan hal lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan, bisnis maupun tugas kuliah. Selain itu pelayanan yang saya dapatkan juga sangat baik. Petugas atau karyawan di sana sangat ramah dan baik. Selain itu karyawan di sana juga mengarahkan dan menjelaskan kepada saya mengenai pengisian buku tamu dan pengunjung dengan ramah dan jelas.

   

Dalam kesempatan ini saya akan menyimpulkan hal apa saja yang menarik yang dapat saya adaptasi dalam mata kuliah Kewirausahaan, yaitu bahwa coworking space ini muncul untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam hal mencari tempat yang nyaman dan cocok untuk berdiskusi dan meperesentasikan bisnis maupun tugas. Dengan adanya coworking ini sangat membantu untuk wirausaha muda atau startup untuk mengadakan rapat ataupun diskusi tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Tentu hal tersebut sangat berpengaruh terhadap usaha yang baru dijalankan dalam menekan biaya operasional.

Seperti kesimpulan di atas, deskripsi atau arti kewirausahaan yang ideal bagi saya adalah suatu proses untuk menciptakan solusi dari sebuah masalah dan memenuhi kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat dengan ide dan cara yang kreatif serta inovatif.