LEMPENG TEKTONIK

February 21st, 2018

LEMPENG TEKTONIK
Teori tektonik lempeng pada dasarnya adalah suatu teori yang menjelaskan mengenai sifat-sifat bumi yang mobil/dinamis yang disebabkan oleh gaya yang berasal dari dalam bumi. Konsepdari tektonik lempeng adalah bahwasanya lapisan kerak Bumi (litosfir) terpecah-pecah dalam 13 lempeng besar dan beberapa lempeng kecil. Adapun lempeng-lempeng tersebut terlihat pada gambar sebagai berikut:
1). Lempeng Pasifik (Pasific plate)
2). Lempeng Eurasia (Eurasian plate)
3). Lempeng India-Australia (Indian-Australian plate)
4). Lempeng Afrika (African plate)
5). Lempeng Amerika Utara (North American plate)
6). Lempeng Amerika Selatan (South American plate
7). Lempeng Antartika (Antartic plate
Dan beberapa lempeng kecil seperti :
1). Lempeng Nasca (Nasca plate
2). Lempeng Arab(Arabian plate
3). Lempeng Karibia (Caribian plate
4). Lempeng Philippines (Phillippines plate),
5). Lempeng Scotia (Scotia plate),
6). Lempeng Cocos (Cocos plat)

Gambar. Lempeng-lempeng utama litosfir

Batas-batas dari ke 13 lempeng tersebut diatas dapat dibedakan berdasarkan interaksi antaralempengnya sebagai berikut

(1) Batas Konvergen:

Batas konvergen adalah batas antar lempeng yang saling bertumbukan.Batas lempeng konvergen dapat berupa batas Subduksi Batas subduksi adalah batas lempeng yang berupa tumbukan lempeng dimana salah satu lempeng menyusup ke dalam perut bumi dan lempeng lainnya terangkatke permukaan. Contoh batas lempeng konvergen dengan tipe subduksi adalah Kepulauan Indonesia sebagai bagian dari lempeng benua Asia Tenggara dengan lempeng samudra Hindia Australia di sebelah selatan Sumatra-Jawa-NTB dan NTT.

(2) Batas Divergen:

Batas divergen adalah batas antar lempeng yang saling menjauh satu danlainnya. Pemisahan ini disebabkan karena adanya gaya tarik (tensional force) yangmengakibatkan naiknya magma kepermukaan dan membentuk material baru yang kemudian berdampak pada lempeng yang saling menjauh. Contoh yang paling terkenal dari batas lempeng jenis divergen adalah Punggung Tengah Samudra yang berada di dasar samudra Atlantik, disamping itu contoh lainnya adalah riftingyang terjadi antara benua Afrika dengan Jazirah Arab yang membentuk laut merah.

(3) Batas Transform:

Batas transform adalah batas antar lempeng yang saling berpapasan dansaling bergeser satu dan lainnya menghasilkan suatu sesar mendatar jenis Contoh batas lempeng jenis transforms adalah patahan San Andreas di Amerika Serikatyang merupakan pergeseran lempeng samudra Pasifik dengan lempeng benua AmerikaUtara.Berdasarkan teori tektonik lempeng, lempeng-lempeng yang ada saling bergerak danberinteraksi satu dengan lainnya. Pergerakan lempeng lempeng tersebut juga secara tidaklangsung dipengaruhi oleh rotasi bumi pada sumbunya. Sebagaimana diketahui bahwakecepatan rotasi yang terjadi bola bumi akan akan semakin cepat ke arah tekuat

Gambar  Batas-batas lempeng: Konvergen, Divergen dan Transforms.

Gambar Batas-batas lempeng: Konvergen, Divergen dan Transforms.

TATANAN TEKTONIK

Tatanan tektonik yang ada disuatu wilayah sangat dipengaruhi oleh posisi tektonik yangbekerja di wilayah tersebut. Sebagaimana sudah dijelaskan pada sub bab sebelumnya, interaksiantar lempeng yang terjadi pada batas-batas lempeng konvergen, divergen dan transform akanmenghasilkan tatanan tektonik tertentu.

Tatanan tektonik yang terjadi pada batas lempeng konvergen, dimana lempeng samudradan lempeng samudra saling bertemu akan menghasilkan suatu rangkaian busur gunungapi(volcanic arc) yang arahnya sejajar / simetri dengan arah palung (trench). Cekungan Busur Belakang(Back Arc Basin) berkembang dibagian belakang busur gunungapi (gambar 5-4). Contoh kasus darimodel ini adalah rangkaian gunungapi di kepulauan Philipina yang merupakan hasil tumbukanlempeng laut Philipina dengan lempeng samudra Pasif.

Tatanan tektonik pada batas lempeng Divergen, dimana lempeng benua mengalamipemekaran (continental rifting) dengan terbentuknya laut baru dapat kita lihat terutama diPematang Tengah Samudra (Pemisahan Benua Amerika dan Afrika), Laut Merah (Benua Afrika danSemenanjung Sinai / Jazirah Arab) serta Rifting yang terjadi di Afrika Timur Bagian Utara.

Tugas Analisis Landskap

February 14th, 2018

Analisis Lanskap. kls B

Tugas Anland

February 14th, 2018

Analisis Lanskap. kls B

Hello world!

February 14th, 2018

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!