SISTEM INFORMASI MIN 3 MALANG

Image

Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) pada Madrasah Ibtidaiyah Negri (MIN) MALANG

  1. Pengertian SIM

Menurut Murdick, (1997) menyatakan Sistem Informasi Manajemen  adalah suatu kelompok orang, seperangkat pedoman, dan petunjuk peralatan pengolahan data, memilih, menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data mengoperasikan data dan barang untuk mengurangi ketidakpastian pada pengambilan keputusan mencari tujuan bersama, dengan menghasilkan informasi untuk manajer pada waktu mereka dapat menggunakannya dengan paling efisien. Continue reading

DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM

Related image

DATA BASE MANAGEMENT SYSTEM (Sistem Manajemen Basis Data)

Data

Data adalah fakta – fakta mentah atau deskripsi – deskripsi dasar darihal, event, aktivitas, dan transaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu. Contoh data antara lain terdiri dari saldo bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran.

Informasi

Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima. Sebagai contoh, bila kita memasukkan nama – nama murid dengan nilai rata – rata, nama-nama konsumen dengan saldo bank, jumlah gaji dengan jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses. Continue reading

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

PERANGKAT KERAS KOMPUTER & PERKEMBANGANNYA

 

Teknologi Informasi adalah bentuk teknologi untuk menangani informasi yang diinginkan. Sedangkan Sistem Informasi adalah integrasi komponen pemrosesan, penyimpanan dan di seminasi informasi dalam suatu organisasi. Studi inter disiplin suatu sistem untuk menyediakan informasi pada suatu organisasi.

Salah satu unsur diantaranya adalah TI (Teknologi Informasi) yaitu :

  • Perangkat Keras (PC, UnixServer, Router)
  • Perangkat Lunak (e-mail, Windows, Internet, Word Processing)
  • Consumerdevices(mobilephone, token)

 SI (Sistem Informasi)

  • Filesystems, databases, e-mailservers/clients
  • E-commerce
  • SAP (ERP)

Pengertian Komputer merupakan serangkaian peralatan elektronika yang terpadu dan bekerja sama dengan koordinasi oleh suatu sistem operasi. Dengan demikian, komputer terdiri dari dua kelompok perangkat yaitu perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat keras (Hardware) adalah seperangkat alat-alat elektronika yang berupa mesin atau komponen yang secara lahiriah ada dan dapat dilihat. Satu unit hardware terdiri dari empat kelompok komponen dasar yaitu input, prosesor, penyimpan data, dan output. Continue reading

TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

Image result for telekomunikasi dan jaringan

Pendahuluan

Awal era teknologi yaitu teknologi-teknologi berkembang sendiri-sendiri sehinga akibat perkembangan teknologi, teknologi-teknologi tersebut menjadi saling terkait. Perbedaan – perbedaan di dalam hal pengumpulan, pengiriman, penyimpanan, dan pengolahan informasi mulai dapat diatasi. Industri komputer berkembang sangat pesat hingga memicu perkembangan teknologi lain. Komputer juga berperan dalam perkembangan teknologi telekomunikasi.

Basic Communication

Bila jarak semakin jauh, suara kehilangan daya untuk sampai ke tujuan. Telekomunikasi dimungkinkan dengan adanya telepon.

Pengertian Telekomunikasi

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi antar individu melalui sistem simbol bersama.

Telekomunikasi adalah proses komunikasi yang dilakukan melalui jarak jauh. Dalam kaitannya dengan komunikasi elektronika, telekomunikasi adalah sebagai ilmu, teknologi, dan cara-cara atau prosedur pemindahan atau penyebaran informasi berupa: sinyal listrik melalui suatu media transmisi dalam jarak jauh. Pertukaran informasi dalam bentuk apapun (suara, data, teks, gambar, audio, video). Teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Continue reading

1

PERANGKAT LUNAK KOMPUTER

P e r a n g k a t   L u n a k   K o m p u t e r

 Software(Perangkat Lunak)

Komputer(hardware) bisa bekerja hanya atas dasar instruksi. Software adalah perintah (program komputer) yang dieksekusi memberikan fungsi dan petunjuk kerja seperti yang diinginkan. Karakteristik software yaitu  bagian sistem komputer yang tidak berwujud benda, tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, tapi bisa dioperasikan. Fungsinya adalah membantu para pengguna untuk memanfaatkan sumber daya komputasi yang disediakan perangkat keras. Orang atau ahli pembuat software(program komputer) ini disebut sebagai programmer.

Cara Kerja Software

Garis besar sistem operasi dasar software:

  1. Langkah pertama setelah kita memberikan perintah untuk mengeksekusi suatu program adalah mentransfer file tersebut ke dalam memori.
  2. Setelah transfer selesai, eksekusi program dimulai.
  3. Pada saat eksekusi program mencapai titik dimana file data diperlukan, maka program meminta sistem operasi untuk mentransfer file data dari disk ke memori.
  4. OS menjalankan tugas ini dan mengembalikan kontrol eksekusi ke program aplikasi, yang kemudian melanjutkan melakukan komputasi yang diminta.
  5. Pada saat komputasi telah selesai dan hasilnya telah siap dioutputkan.

Continue reading