browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Badan Standarisasi di Dunia…

Posted by on March 21, 2012

Ya’ teman-teman sekalian, di dunia itu banyak sekali standard, mulai dari standar makanan sampai usaha. Nah, standar itu gak keluar dengan sendirinya, ada badan/organisasinya lho… Ini beberapa contohnya… ^^

 

IETF,

Internet Engineering Task Force adalah ebuah organisasi yang berwenang dan bertanggung jawab dalam mengatur jaringan dan menetapkan protocol-protocol standard yang digunakan di internet. Pekerjaan IETF menerapkan sistem Working Groups yang berkonsentrasi di satu bagian topik saja. IETF merupakan pihak yang mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP serta kebijakan protokol QoS (Quality of Service).

ISO,

International Organization for Standardization adalah badan penetap standar internasional untuk bidang industrial dan komersial yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standar nasional setiap negara. Dulunya disingkat IOS, bukan ISO. Didirikan pada 23 Februari 1947. Contoh , Standarisasi Protokol (ISO 7498)

IEEE,

Adalah organisasi nirlaba internasional, yang merupakan asosiasi profesional utama untuk peningkatan teknologi. Sebelumnya, IEEE merupakan kepanjangan dari Institute of Electrical and Electronics Engineers. Namun  sekarang hanya disebut IEEE,sebuah ejaan biasa. Ia juga memiliki badan standard IEEE-SA untuk bidang industri. Contoh standarnya adalah WiMAX, yang merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh.

ANSI,

American National Standards Institute adalah sebuah kelompok yang mendefinisikan standar Amerika Serikat untuk industri pemrosesan informasi. ANSI berpartisipasi dalam mendefinisikan standar protokol jaringan dan merepresentasikan Amerika Serikat dalam hubungannya dengan badan-badan penentu standar International lain, misalnya ISO. Contoh hasil standarisasi ANSI adalah ASCII code dan SQL.

ITU,

Standarisasi ITU ( International Telecommunication Union ) Merupakan bentuk standarisasi telekomunikasi internasional. Semua perangkat video conference harus memenuhi standarisasi ITU, ini di karenakan rekomendasi dari semua industri telekomunikasi. Didalam video conference menggunakan 2 standarisasi ITU, yaitu, H.320 (Standard ISDN) dan H.323 (Standard IP).

EIA/TIA,

TIA Asosiasi Industri Telekomunikasi (TIA) adalah suatu organisasi terpisah yang diakui oleh ANSI dan bekerjasama dengan Asosiasi Industri Elektronika (EIA). TIA dikenal terbaik untuk mengembangkan standard pemasangan kabel menggunakan disain dan instalasi sistem pemasangan kabel yang ter-koordinasi. Contohnya,Standard TIA 568A-B.

FCC

Federal Communications Commission (FCC)

FCC adalah organisasi yang bergerak di bidang pertelekomunkasian. FCC bertanggung jawab untuk mengatur komunikasi keluar masuk US serta segala jenis penggunaan perangkat telekomunikasi, baik yang menggunakan radio, televisi, wire, satellite, dan kabel. Wireless juga tak luput dari tanggung jawab FCC.

 

Leave a Reply