Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama manusia modern yang kehidupan sehari-harinya selalu bergantung pada peralatan-peralatan modern. Sebagai contoh adalah alat komunikasi handphone. Saat ini handphone merupakan benda ”must have” (yang harus dimiliki) semua orang, bahkan anak-anak sekalipun.

Salah satu manfaat teknologi informasi dan komunikasi adalah penggunaan internet. Internet tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi dan sumber informasi, namun juga sebagai sarana rekreasi (hiburan). Saat ini telah berkembang begitu banyak social network (situs jejaring sosial) seperti facebook,twitter dan lain sebagainya. Situs-situs tersebut banyak digemari orang-orang di seluruh dunia, terutama kalangan remaja. Umumnya situs-situs tersebut digunakan sebagai wadah untuk mencari teman baru dan sebagai tempat untuk menunjukkan jati diri. Adapula fungsi lain sebagai tempat mengeluarkan gagasan atau opini kita mengenai suatu hal. Selain itu ada pula e-mail yang berfungsi sebagai alat komunikasi pengganti surat. Selain hal-hal di atas, internet juga merupakan salah satu sumber informasi ilmu pengetahuan yang banyak dimanfaatkan oleh kalangan pelajar sebagai referensi untuk menunjang pengetahuan yang telah mereka peroleh dari sekolah.

Namun, selain manfaat-manfaat tersebut internet juga memiliki sisi negatif yang perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan kerugian bagi penggunanya. Salah satu kerugiannya adalah tersitanya waktu kita untuk melakukan kegiatan lain yang tidak kalah penting daripada menggunakan internet. Misalnya yang terjadi pada orang-orang penggemar berat internet yang rela berjam-jam menatap layar komputer atau handphone hanya untuk membuka facebook, twitter, atau situs-situs lain yang fungsinya hanya untuk bersenang-senang. Akibatnya, mereka lupa untuk melakukan hal-hal lain seperti belajar dan mengerjakan tugas penting lain. Selain itu, seperti yang telah kita ketahui situs jejaring sosial juga telah memunculkan banyak kasus penipuan, penculikan, bahkan tuduhan pencemaran nama baik karena terjadi kesalahpahaman antara pihak yang saling berkomunikasi dalam dunia maya, tanpa bertemu secara langsung. Hal-hal seperti inilah yang perlu diwaspadai oleh para pengguna internet.

Teknologi informasi dan komunikasi memang sangat penting manfaatnya dalam kehidupan manusia di zaman modern ini. Namun, hendaknya kita menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara bijak demi kenyamanan kita sendiri dan orang lain sesama pengguna teknologi informasi dan komunikasi.