RSS
 

Kelebihan Kamera DSLR dan Tipe Yang Cocok Untuk Kamu

27 Sep

Memiliki hobi fotografi? Atau baru mulai tertarik namun tidak tahu apa tipe kamera yang cocok untuk kamu? Ada banyak alasan kenapa orang membeli kamera mulai dari sebagai alat dokumentasi pribadi (misalnya untuk foto dan rekaman kenang-kenangan), keperluan dan penunjang pekerjaan (bila bekerja sebagai fotografer, video editor, videografer atau wartawan) atau bisa juga untuk hobi dan kesenangan dalam bidang fotografi. Biasanya pro atau yang ahli tidak akan terlalu repot masalah memilih kamera. Namun untuk pemula, biasanya masalah pemilihan kamera menjadi agak tricky dan membingungkan. Opsi yang paling sering muncul pertama kali adalah kamera DSLR. Tapi seperti apa kamera DSLR dan apa saja kelebihannya? Tentunya kamera jenis ini memiliki banyak pilihan tipe, lalu tipe seperti apa yang paling cocok untuk kamu? Berikut beberapa penjelasan di artikel ini!

Kamera DSLR atau lengkapnya adalah Digital Single Lens Reflex adalah salah satu jenis kamera yang dianggap terbaik di bidang fotografi, tidak jarang bila kita bertemu fotografer atau orang yang sedang membawa kamera, mereka akan membawa kamera model DSLR.

Kelebihan kamera jenis ini antara lain lebih efisien dan fleksibel baik untuk pemula atau ahli. Fitur-fiturnya mudah dipelajari dan ada berbagai lensa yang bisa digunakan untuk menentukan foto yang terbaik. Baik untuk dokumentasi pribadi atau ingin menangkap gambar dengan estetika yang indah, lensa-lensa dari kamera DSLR dapat dipilih, diganti dan dimanfaatkan. Untuk mengedit gambar atau rekaman juga dipermudah bagi pengguna kamera jenis ini. Kualitas gambarnya pun tidak perlu diragukan lagi.

Tidak hanya itu, kamera DSLR juga komersil jenisnya di pasaran sehingga untuk membeli atau misalnya ingin memperbaiki, akan ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Bagi pengguna kamera DSLR biasanya sering ingin mengganti lensa atau mencari aksesoris juga mudah karena aksesnya ada dimana-mana ketimbang jenis kamera lain. Terlepas dari betapa komersilnya DSLR, bisa dibilang juga kinerja dari kamera jenis ini terpercaya dan bisa awet bertahun-tahun selama dirawat dengan baik.

Kamera DSLR Untuk Pemula

Sekarang bicara tentang harganya dan tipe kamera DSLR apa yang paling cocok. Untuk pemula, biasanya mereka memiliki bujet dari mulai kecil sampai besar. Pemula juga biasanya kurang tahu-menahu tentang beberapa fungsi esensial dari kamera DSLR dan sering tergoda promosi dari satu produk atau iklan sebagai patokan mereka membeli kamera DSLR.

Nah, agar bisa menemukan kamera yang tepat sesuai kebutuhan, ada beberapa kualifikasi yang cocok bagi seorang pemula yaitu kemudahan dalam menggunakan dan mengakses fitur, kenyamanan, eksplorasi/kelengkapan yang didapat lewat kamera tersebut dan harga.

Tipe kamera DSLR yang mungkin cocok untuk pemula misalnya adalah Nikon D3100. Kamera ini memiliki sensor yang baik dengan filter yang lengkap seperti dalam meredam suara bising hinga ISO 3200. Kelebihan lainnya adalah pengoperasiannya sangat mudah untuk pemula dan bahkan ada mode guide atau bimbingan agar fotografer pemula bisa cepat mengerti. Yang paling penting, resolusinya tinggi sampai 1080 piksel dengan bandrolan harga mulai 4 jutaan.

Apa lagi? Kamu yang pemula juga bisa mencoba tipe kamera Canon 1200D. Harganya cukup terjangkau yaitu mulai 4 jutaan. Harga terjangkau tersebut sudah terdiri dari berbagai fitur dan fasilitas seperti resolusi yang sangat tinggi sampai 1080 x 1920, sensor 18 megapiksel dan LCD 3 inc. Untuk pemula, biasanya mereka masih ingin memahami cara kerja kamera sembari terus mengeksplorasi. Nah dengan kamera yang satu ini, sepertinya sudah sangat tepat untuk kamu gunakan pertama kali.

Kamera DSLR Untuk Ahli dan Pro

Lalu bagaimana dengan mereka yang ahli atau profesional? Biasanya mereka sudah tahu jelas kamera DSLR apa yang baik dan tepat untuk mereka, bahkan bisa menyebut secara spesifik tipe apa yang dapat memberikan kualitas gambar terbaik. Yang ahli dan pro juga biasanya lebih mencari kamera DSLR dengan fitur-fitur baru, inovatif atau canggih agar dapat mengimprovasi kegiatan fotografi mereka.

Untuk para ahli dan pro, kamera DSLR yang paling tepat misalnya adalah Nikon D750 yang dari segi desain dan fitur sudah bisa dibilang memang memuaskan. Jenis kamera ini memiliki fitur lengkap yaitu sensor sebesar 24 megapiksel, frame rate yang lebih cepat dan kualitas gambar diatas seri sebelumnya. Ini sangat cocok untuk pro, terutama bagi yang menginginkan kemudahan mengambil dan menyimpan gambar untuk kebutuhan fotografi yang rutin dan aktif. Harga kamera ini dibandrol mulai 30 jutaan.

Tipe kamera yang lain adalah Canon EOS 7D yang sempat menjadi camera darling di kalangan banyak fotografer pro. Baik untuk mengambil gambar-gambar berkualitas tinggi atau sebagai kamera shooting yang berkelas, merek yang satu ini pasti akan menyenangkan hati fotografer pro. Auto-focusnya mulus dengan daya tangkap gambar yang super cepat, belum lagi bicara desain bodi kamera yang terlihat elegan dan maskulin, cocok untuk pribadi fotografer profesional. Harganya sekitar 20 jutaan.

Salah satu hal yang harus dimengerti ketika memiliki kamera DSLR baik sebagai pro atau pemula adalah pada perawatannya. Banyak yang membeli kamera mahal-mahal namun kemudian jarang merawatnya sehingga mudah terbengkalai, rusak atau tidak bisa memaksimalkan kualitas yang ada dalam kamera tersebut. Maka dari itu, pengelolaan dan perawatan kamera DSLR adalah bagian penting baik untuk pemula dan profesional. Terlepas digunakan untuk hobi atau dokumentasi pribadi, kamera DSLR bisa pula menjadi investasi yang baik bila suatu hari nanti kita ingin menjualnya kembali. Jadi rawatlah dengan baik.

Sementara bagi yang masih bingung akan membeli jenis kamera DSLR seperti apa,  yang pasti sangat disarankan untuk sering-sering mengecek harga di sejumlah situs jual beli. Agar lebih mudah, cek saja lewat internet karena sangat mudah aksesnya dan variasi harganya langsung muncul begitu kita melakukan browsing. Jangan juga merasa khawatir bila harga yang dipatok di sejumlah situs terbilang mahal, kamu masih bisa mencoba opsi membeli kamera DSLR second dengan kualitasnya masih baik dan dapat digunakan. Belilah dari penjual yang terpercaya dengan cek validitas akunnya terlebih dahulu. Kalau masih belum merasa percaya dengan opsi membeli kamera second, bagaimana dengan mencicil kamera DSLR kualitas ori? Cicilan akan membantu meringankan biaya kamu apalagi sekarang sejumlah situs jual beli juga menawarkan fitur ini, biasanya dalam jangka waktu mulai dari 3-12 bulan.

Hal terakhir yang juga harus dilakukan adalah mengatur bujet sedari awal. Karena membeli kamera DSLR memerlukan bujet yang lumayan besar, kamu harus tahu berapa kisaran harga yang bisa dibeli sesuai dengan uang yang kamu miliki. Ini agar terhindar dari risiko membeli barang yang terlalu mahal atau lalai dalam menggunakan uang sendiri.

Jadi bagaimana menurut kamu? Sudah tahu kan apa saja kelebihan kamera DSLR? Semoga lewat artikel ini, kamu bisa menemukan tipe kamera DSLR apa yang paling cocok untuk kamu miliki!

Referensi: http://www.bhinneka.com/category/camera_slr.aspx

 
 

Tags: , ,

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*